Sejauh ini Brasil menjadi negara yang paling banyak tampil dan memenangkan gelar juara Piala Dunia. Ilustrasi Piala Dunia (sumber gambar Unsplash/ Rhett Lewis: https://historyofsoccer.info/)

Daftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

28 November 2022   |   10:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia yang diselenggarakn empat tahun sekali. Tahun ini, kompetisi yang diikuti berbagai tim nasional dari seluruh dunia itu berlangsung di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022 yang tengah bergulir putaran penyisihan grup.

Ajang Piala Dunia ini pertama kali digelar pada 1930 di Uruguay. Saat itu, Jules Rimet selaku Presiden Federasi Sepak Bola Internasional memutuskan menggelar turnamen berskala global pada 13-30 Juli 1930. Berbeda dengan ajang kali ini yang diikuti 32 timnas, debut peserta Piala Dunia waktu itu hanya diikuti 13 tim dari seluruh dunia.

Baca jugaTeknologi Pendingin di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar Sangat Canggih. Ini Cara Kerjanya

Dalam sejarahnya, selama 21 edisi perhelatan Piala Dunia, sejauh ini Brasil menjadi negara yang paling banyak tampil dan memenangkan gelar juara trofi emas tersebut. Tim Selecao juga tidak pernah absen dan hingga saat ini telah menjuarai turnamen tersebut sebanyak 5 kali.

Nah, bagi yang penasaran negara mana saja yang pernah meraih gelar pemenang Piala Dunia terbanyak dari masa ke masa, berikut Hypeabis.id merangkum dari berbagai sumber.
 

1. Brasil 

Selain menjadi negara yang paling banyak tampil dalam Piala Dunia yakni 21 kali, Brasil merupakan tim nasional yang juga sukses memboyong trofi bola emas paling banyak. Tim yang dikenal dengan nama Selecao itu berhasil mendapat gelar juara hingga lima kali, yakni pada 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Bahkan pada kemenangan mereka yang ketiga, trofi Jules Rimet berhasil menjadi milik Brasil karena telah memenangkan ajang tersebut sebanyak 3 kali. Kendati begitu, keberadaan piala tersebut hingga saat ini masih misterius sejak hilang untuk kedua kalinya pada 1983.


2. Jerman

Negara Jerman merupakan tim kedua yang paling banyak berpartispasi dalam ajang Piala Dunia dengan total penampilan mencapai 19 kali. Selain itu, Der Panzer juga berhasil menyabet gelar juara dunia sebanyak empat kali pada 1954, 1974, 1990, dan yang terakhir pada 2014.  


3. Italia

Meski menjadi salah satu negara yang saat ini tidak bisa ikut berpartisipasi di Piala Dunia 2022, tapi sejauh ini negeri sepatu bots itu telah mengkoleksi gelar empat trofi juara dunia. Tim yang dikenal dengan nama Gli Azzuri ini berhasil meraih gelar juara pada 1934, 1938, 1982, dan 2006. 


4. Uruguay 

Dalam sejarahnya, tim nasional yang dikenal dengan nama La Celeste ini adalah negara pertama yang berhasil meraih gelar Piala Dunia saat menjadi tuan rumah pada 1930. Namun, gelar keduanya baru berhasil diraih kembali setelah dua dekade, tepatnya pada 1950.

Pada ajang final Piala Dunia 1950 tersebut, Uruguay berhasil menggulung tuan rumah, Brasil dengan skor 2-1 di stadion Maracana, Rio de Janeiro yang dihadiri sebanyak 173.850 penonton. Nasib nahas kekalahan Brasil ini juga kelak dikenal dengan nama tragedi airmata Maracanazo.


5. Argentina

Tidak mau kalah dengan negara tetangganya, Argentina atau La Albiceleste juga berhasil mengoleksi dua gelar Piala Dunia. Trofi pertama berhasil direbut saat negara ini menjadi tuan rumah pada 1978. Sewindu berselang dengan hadirnya Diego Maradona, Argentina juga kembali membabat trofi tersebut pada 1986 dengan kemenangan telak mereka atas Jerman dengan skor 3-2.


6. Prancis

Jelang pergantian milenium kedua, timnas Les Blues akhirnya berhasil merengkuh gelar Piala Dunia pada 1998 setelah berhasil membekuk Brasil dengan skor 3-0 di stadion Stade de France, Saint-Denis. Sama seperti Uruguay, Prancis juga baru berhasil menggandakan trofi setelah dua dekade berlalu, yakni pada 2018 setelah menggulung Kroasia dengan skor 4-2 di Stadion Luzhniki, Moskwa.


7. Inggris

Meski rakyat Inggris mengklaim bahwa olahraga sepak bola berasal dari negara mereka, tapi The Three Lions baru sekali berhasil meraih gelar juara dunia pada 1966 saat mereka menjadi tuan rumah dan berhasil membekuk Jerman Barat dengan skor 4-2 di stadion Wembley, London.


8. Spanyol

Negeri Matador adalah daftar paling anyar timnas yang berhasil meraih gelar Piala Dunia pada 2010 di Afrika Selatan. La Furia Roja pada waktu itu berhasil menyabet gelar tersebut setelah menggulingkan Belanda dengan skor 1-0. Kesempatan itu diraih lewat  gol yang dilesatkan Andres Iniesta pada menit-menit terakhir laga yang berlangsung di Afrika Selatan tersebut.

Baca jugaIni Makna Hiu Paus bagi Qatar yang Muncul dalam MV Dreamers Jungkook

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Film Netflix yang Tayang Desember, Pas Buat Libur Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Selamat! Son Ye-Jin dan Hyun Bin Punya Bayi Laki-laki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: