Smartphone terbaru Xiaomi 12T 5G (Sumber gambar: Hypeabis.id/Laurensia Felise)

Spesifikasi & Harga Xiaomi 12T 5G, Flagship Killer dengan Kamera Pro-Grade

01 December 2022   |   12:23 WIB

Perusahaan elektronik asal China, Xiaomi, kembali meluncurkan ponsel (smartphone) terbaru menjelang akhir tahun 2022. Kali ini, ponsel yang dihadirkan adalah tidak lain adalah Xiaomi 12T 5G, yang mengunggulkan kemampuan kamera dan performa yang didesain untuk kebutuhan hiburan bagi kreator konten.

Ponsel ini membawa kamera pro-grade beresolusi 108MP yang diperkuat dengan sensor ISOCELL HM6, teknologi Optical Image Stabilization (OIS), dan Nanopixel Plus. Perangkat juga punya peningkatan dalam beberapa fitur pengambilan gambar seperti autofocus dan sudut bukaan sebesar 83,6 derajat untuk pengambilan gambar wide angle.

Lebih rinci, kameranya hadir dengan dua jenis kamera utama yang mendukung kamera pro-grade: kamera ultra-wide dengan resolusi 8MP untuk pengambilan gambar yang luas dan kamera macro dengan resolusi 2MP untuk pengambilan gambar yang lebih dekat. Tidak hanya kamera utama, ada juga kamera swafoto 20MP untuk gambar potret dan konten vlog. 

Pengambilan videonya mendukung hingga resolusi 4K dengan kecepatan frame 30fps dan mendukung mode Ultra Night Video. Alasan pihak Xiaomi tidak merilis kamera 4K dengan kecepatan 60fps adalah pertimbangan stabilisasi dan kualitas gambar.

"Jadi untuk hal ini memang kami berdiskusi dengan tim produk, alasannya adalah karena video 4K 60fps tidak mudah dioptimalisasi dibandingkan dengan 4K 30fps. Optimalisasi 60fps membutuhkan stabilisasi yang lebih kompleks," jelas Calvin Nobel, Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, dalam konferensi pers peluncuran produk di Jakarta, Kamis (1/12/2022). 

Baca jugaIntip Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad, Tablet Entry Level Penunjang Hobi


Spesifikasi Xiaomi 12T

Dari segi prosesor, Xiaomi 12T ini membawa chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra yang diklaim meningkatkan performa dan efisiensi hingga 30 persen dibandingkan seri Xiaomi terdahulu. Hal ini disebabkan karena chipset ini memiliki kemampuan peningkatan pada kecepatan storage hingga cache yang lebih stabil.

CH Chen sebagai Deputy General Manager of Wireless Communication Business Unit MediaTek mengatakan bahwa ponsel ini memakai kombinasi elemen ISP MediaTek Imagiq 179 dalam cip dan kamera utama perangkat. Dengan begitu, dia berharap gabungan teknologi ini bisa membantu proses noice reduction dan teknik anti buram untuk hasil gambar yang lebih jernih. 

Memori ponsel ini menawarkan RAM 8GB dengan ekspansi hingga 3GB dan ROM sebesar 256GB yang cukup cocok untuk penyimpanan konten foto dan video dengan ukuran yang cukup besar. Selain itu, penyimpanan ini diklaim memberikan performa dalam proses pengolahan foto dan video.

Untuk sistem operasinya, ponsel terakhir yang rilis pada tahun ini tersebut menggunakan MIUI 13 yang berbasis dari Android 12. Sistem operasi ini memiliki dukungan pada tiga kali pembaruan perangkat lunak dan security patch hingga empat tahun. 

Baca jugaSpesifikasi & Harga Xiaomi Redmi A1, Dikemas Boks Tema Indonesia

Dari segi konektivitas, Xiaomi 12T mendukung Wi-Fi 6E 2x2 dan New Bluetooth 5.3 yang merupakan teknologi koneksi terbaru. Sementara itu, baterai yang ditawarkan pada ponsel ini sebesar 5000 mAh dengan kemampuan pengisian daya sebesar 120W HyperCharge, di mana teknologi pengisian daya ini bisa mengisi penuh hingga 100 persen hanya dalam waktu 21 menit.

Smartphone ini dilengkapi dengan sistem pendinginan melalui teknologi Mega Cooling System dengan vapor chamber yang bisa membuang panas 27 persen lebih merats dibandingkan ponsel seri sebelumnya. Ada juga dukungan layar AMOLED CrystalRes dengan DotDisplay dan TrueColor Display hingga 68 miliar warna yang detail, jernih, dan tajam. 

Refresh rate yang dibawa dalam ponsel ini sebesar 120Hz dengan dukungan Adaptive Sync, touch sampling rate hingga 480Hz, dan Adaptive True Display untuk stabilitas pada warna dan kecerahan layar. Dari aspek audio, ponsel ini mendukung HDR 10+ dan dual stereo speakers berteknologi Dolby Atmos. 

Desain ponsel ini menggunakan lapisan anti-glare glass dan corning Gorilla Glass. Saat ini, Xiaomi 12T hanya hadir versi 5G dan tidak menyediakan versi Pro dengan alasan kecukupan kebutuhan dan demand pasar saat ini.

"Bergantung pada pasar dan kebutuhan serta melihat demand dan demografi untuk T Pro Series, Xiaomi 12T diharapkan bisa melengkapi kebutuhan pengguna karena ada seri Lite yang akan hadir juga," tambah Vanessa Tan selaku Marketing Director Xiaomi Indonesia.

Hadir dengan dimensi 16,3 cm x 7,59 cm x 0,86 cm serta berat 202 gram, Xiaomi 12T akan hadir dalam variasi warna Black dan Blue dengan harga Rp5,59 juta. Saat ini, ponsel tersebut akan membuka masa pra-pembelian mulai hari ini di seluruh toko resmi Xiaomi, toko rekanan, dan platform e-commerce resmi Xiaomi. 

Baca jugaBukan Xiaomi atau Samsung, Ini Penguasa Pasar Smartphone Indonesia Pertengahan 2022 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Indonesia Penyumbang Pendapatan Terbesar Ketiga Film Black Panther: Wakanda Forever di Asia Pasifik

BERIKUTNYA

FIFA Larang Penggunaan Stadion GBK, Di Mana Lokasi Konser Raisa & BLACKPINK?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: