Gambaran Stadion Utama GBK (Sumber gambar : Instagram/SUGBK)

FIFA Larang Penggunaan Stadion GBK, Di Mana Lokasi Konser Raisa & BLACKPINK?

01 December 2022   |   13:53 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Penyelenggara konser Raisa dan BLACKPINK tampaknya harus mencari lokasi baru nih. Pasalnya, FIFA baru saja mengeluarkan pernyataan yang melarang penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk kegiatan konser. 

Pernyataan tersebut tertuang dalam surat balasan FIFA kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait penggunaan 6 stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023, di luar kepentingan sepak bola. Salah satu dari enam stadion tersebut yakni GBK.

Dalam surat elektronik yang diunggah PSSI pada laman resminya, FIFA tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan, terutama setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan. 

Baca juga: Seru! Duet Jisoo BLACKPINK & Camila Cabello Bawakan Lagu Liar di Konser Born Pink

“Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” tegas Men’s Tournament Manager FIFA Christian Schmolzer dalam surat elektroniknya kepada PSSI, dikutip Hypeabis.id, Kamis (1/12/2022).

FIFA menyebut telah melakukan investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi. “Akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen,” sebut Federasi Sepak Bola Internasional itu.

 

Surat resmi dari FIFA. (Sumber gambar : PSSI)

Surat resmi dari FIFA. (Sumber gambar : PSSI)


Adanya surat resmi FIFA ini membuat para penggemar yang sudah membeli tiket Raisa Live in Concert kebingungan. Sebab konser tersebut dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama GBK dan baru saja pihak penyelenggara resmi menjual tiketnya. 

“Kakak, tolong kabarin jadi di GBK atau ngganya yaa? Habis beli tiket happy happy dapet berita PSSI bikin emosi,” ujar pemilik akun Instagram @yasminsabila. 

Hal serupa disampaikan pengguna Instagram, @anissapurwanto. “Ka ini gimana? Katanya gbk ga boleh dipake sama fifa? Udh terlanjur beli tiketnya,” tulisnya di salah satu postingan Instagram penyelenggara konser Raisa, Juni Concert. 


Begitu pula dengan fans BLACKPINK. Pemilik akun Instagram @semestafor28 bertanya di mana sebenarnya lokasi konser BLACKPINK diselenggarakan. "Min sumpah ya, kita butuh kejelasan ini konser di mana? PSSI ngomong gak boleh di GBK tapi dari pihak kalian diem aja! Kemarin2 masalah calo aja gercap," tuturnya

Sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari Juni Concert pascakeluarnya surat larangan penggunaan Stadion Utama GBK. Adapun postingan terakhir yang diunggah yakni tata cara pembelian tiket konser Raisa yang menyertakan venue di GBK.    

Adapun tiket konser Raisa dijual mulai Rabu (30/11/2022) pukul 10.00 WIB melalui laman situs resmi di raisa6690.com. Juni Concert selaku promotor juga merilis seating plan konser yang berlangsung pada 25 Februari 2023 di GBK. 

Kategori tiket menonton dibagi menjadi 11 zona di mana penonton bisa menyaksikan konser dengan posisi duduk (seating). Dari segi harga, kategori Platinum menjadi tiket paling mahal yakni sebesar Rp2 juta, lalu Gold dengan harga Rp1 juta, kemudian Pink yang dibanderol Rp720.000, serta Red, dan Silver dengan harga Rp525.000. 

Untuk tiket kategori Blue dan Bronze dijual dengan harga Rp425.000, Yellow Rp300.000, Orange Rp250.000, Green Rp200.000, dan terakhir Purple Rp175.000 yang berada di posisi tribun paling belakang. Maksimal pembelian tiket dalam satu kali transaksi adalah 4 tiket dengan zona atau kategori tiket yang sama. Penonton juga tidak dapat memilih seat atau tempat duduk karena akan secara otomatis dipilih oleh sistem.

Selain promotor konser Raisa, iME Indonesia selaku penyelenggara konser girlband asal Korea Selatan, BLACKPINK juga belum menyampaikan pernyataan resmi terkait larangan FIFA. 

Sebelumnya, iME Indonesia menyebut bahwa konser tersebut berlangsung pada 11-12 Maret 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno mulai pukul 18.30 WIB. “BLACKPINK WORLD TOUR [BORN PINK] JAKARTA on 11 -12 March 2023 at GELORA BUNG KARNO MAIN STADIUM, JKT,” tulis pihak promotor, Sabtu (12/11/2022). 

Sementara itu, pada 26 November 2022, Stadion Utama GBK diketahui dipakai relawan Presiden Joko Widodo yang mengatasnamakan diri sebagai Gerakan Nusantara. Padahal sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali telah melarang penggunaan SUGBK yang akan disterilkan untuk Piala Dunia U-23.

Acara yang memakai hampir seluruh bagian stadion dan digelar sangat meriah tersebut lantas mengundang kritik tajam dari sejumlah pihak.  Terlebih, acara tersebut menyisakan 31 ton sampah. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Spesifikasi & Harga Xiaomi 12T 5G, Flagship Killer dengan Kamera Pro-Grade

BERIKUTNYA

Profil Jerry Lawson, Pelopor Video Game yang Jadi Gogle Doodle Hari Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: