Ilustrasi (sumber gambar : GoPay)

4 Keuntungan Pelaku Usaha Terima Pembayaran Dengan QRIS

01 December 2022   |   06:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype termasuk tipe yang senang berbelanja secara tunai atau nontunai nih? Ya, saat ini masyarakat memang makin dimudahkan untuk membeli berbagai kebutuhan secara nontunai. Apalagi makin banyak instrumen yang bisa digunakan, salah satunya adalah Quick Response Code Indonesian Standard alias QRIS. 

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2019 oleh Bank Indonesia (BI), QRIS sebagai standar kode QR Nasional mulai banyak dipakai publik. Apalagi makin banyak pelaku usaha yang menyediakan pembayaran nontunai. Bukan cuma di mal ataupun restoran saja, tak jarang QRIS bisa ditemui di pedagang kaki lima maupun warung pinggir jalan.

Dengan memanfaatkan pembayaran nontunai, para pelaku usaha bisa lebih banyak memperoleh keuntungan sehingga bisnis yang mereka jalankan makin berkembang. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya ketika pelaku usaha menyediakan pembayaran nontunai melalui QRIS termasuk dengan GoPay.

Berikut ini adalah beberapa keutungan yang bisa didapatkan para pelaku usaha yang beralih dari sistem pembayaran tunai ke nontunai, dengan memanfaatkan layanan QRIS. Berikut ini ulasannya. 

Baca juga: 4 Kelebihan Pakai QR Code untuk Pembayaran Nontunai
 

1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2022 mencapai 5,72 persen. Pertumbuhan ini didorong oleh pengeluaran konsumsi rumah tangga yang semakin meningkat. Hal tersebut mencerminkan daya beli masyarakat yang semakin membaik.

Selain itu, hasil riset Insight Asia menunjukkan GoPay sebagai platform dompet digital yang secara konsisten paling banyak digunakan oleh konsumen, sejak lebih dari 5 tahun terakhir sampai saat ini. Sebagian besar pengguna dompet digital pernah menggunakan GoPay, dengan persentase sekitar 71 persen. 

Dengan menambahkan QRIS dan menerima GoPay sebagai opsi pembayaran di gerai usaha, merchant mendapatkan akses berjualan ke jutaan masyarakat. Kemudahan pembayaran dapat mempengaruhi pengalaman konsumen dalam berbelanja, sehingga membuat usahanya menjadi pilihan pelanggan.
 

2. Transaksi Bisa Lebih Praktis

Dengan melakukan pembayaran menggunakan QRIS, pelanggan tidak perlu membawa banyak uang tunai dan penjual pun tidak repot menyediakan uang kembalian. Proses transaksi dapat dilakukan tanpa melibatkan kontak maupun perputaran uang secara fisik, sehingga penjual dan pelanggan bisa lebih merasa nyaman dan aman di masa pandemi.

Selain itu, proses pembayaran nontunai yang lebih praktis memungkinkan penjual untuk menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat dan menghindari antrian pelanggan. Jadi baik pembeli ataupun penjual bisa merasa lebih nyaman dalam melakukan transaksi pembayaran. 
 

3. Pengelolaan Usaha jadi Lebih Mudah & Terintegrasi

Tidak hanya memfasilitasi pembayaran dari konsumen, GoPay sebagai salah satu metode pembayaran nontunai juga membuat pengelolaan operasional usaha sehari-hari menjadi lebih mudah. Pelaku usaha dapat mengintegrasikan usahanya dengan aplikasi GoBiz untuk kebutuhan pengelolaan bisnis secara menyeluruh. 

Layanan itu menyediakan fitur seperti GoKasir untuk riwayat dan pembukuan transaksi seperti digital. Ada juga fitur GoModal untuk akses modal pengembangan usaha. Pelaku usaha juga dapat memiliki opsi mengintegrasikan usahanya dengan Midtrans, layanan payment gateway dari GoTo Financial, yang memungkinkan usaha untuk memroses pembayaran dari 25 metode pembayaran.
 

4. Keamanan Transaksi Terjamin

Transaksi dengan QRIS juga lebih aman karena penjual dan pembeli dapat terhindar dari kecurangan, penipuan, atau peredaran uang palsu. Setiap transaksi pasti menggunakan PIN ataupun kode yang membutuhkan persetujuan pengguna terlebih dahulu.

Riwayat transaksi yang otomatis tercatat secara digital juga memudahkan verifikasi pembayaran sehingga pelaku usaha tidak perlu khawatir terhadap keamanan transaksi. 

Baca jugaTrip ke Thailand Enggak Perlu Bawa Bath, Transaksi Bisa Langsung QRIS Loh!

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hati-Hati Penipuan! Begini Cara Menghindari Lowongan Pekerjaan Palsu

BERIKUTNYA

Pencinta Hewan Peliharaan Masuk, Begini Fasilitas & Harga Kamar Pet Hotel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: