Intip 5 Tip Untung Jualan saat Bulan Puasa
08 March 2023 |
18:45 WIB
1
Like
Like
Like
Tak terasa ya Genhype sebentar lagi kita akan segera memasuki bulan suci Ramadan. Tampaknya Ramadan tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan 3 tahun terakhir, terutama karena sudah tidak ada lagi pembatasan sosial akibat pandemi.
Kondisi ini jelas akan memberi angin segar bagi para pelaku usaha karena animo masyarakat untuk berbelanja pada bulan Ramadan tahun ini sepertinya akan kembali normal seperti masa sebelum pandemi.
Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen dibandingkan Ramadan 2021.
Baca juga: Intip Peluang Usaha Khas Ramadan
Adanya peningkatan penjualan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi penjualan agar bisa mendapatkan untung yang maksimal. Nah, sebagai panduan bagi pelaku usaha online, berikut ada lima tips jualan di bulan puasa dari Tokopedia agar bisa meningkatkan penjualan online dengan optimal di bulan puasa.
Apa saja itu, yuk kita simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Tokopedia, Rabu (8/3/2023)
Nuraini mengatakan bahwa pelaku usaha perlu melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa. Nah menurutnya Tokopedia memiliki fitur khusus yaitu Wawasan Pasar yang memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori.
Berdasarkan data internal Tokopedia, produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadan 2022.
Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko untuk mempercantik tampilan tokonya sehingga dapat lebih menarik lebih banyak pembeli.
Menurut Nuraini, fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman.
Selain halaman toko, seller juga perlu memperhatikan halaman produk dengan memasang foto produk yang jelas serta menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.
Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Karenanya, Nuraini menyarankan penjual untuk dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir guna meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia, khususnya selama bulan puasa.
Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2x lipat. Pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.
Nuraini menyarankan pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. “Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut,” ucapnya.
Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.
Penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds yaitu fitur beriklan di Tokopedia agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian. Fitur ini terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia.
Diet Special Needs, misalnya, mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10x lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia (data Maret 2022).
Baca juga: 7 Cara Atur Duit Buat Mencukupi Kebutuhan Bulan Puasa & Lebaran
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Gita Carla
Kondisi ini jelas akan memberi angin segar bagi para pelaku usaha karena animo masyarakat untuk berbelanja pada bulan Ramadan tahun ini sepertinya akan kembali normal seperti masa sebelum pandemi.
Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen dibandingkan Ramadan 2021.
Baca juga: Intip Peluang Usaha Khas Ramadan
Adanya peningkatan penjualan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi penjualan agar bisa mendapatkan untung yang maksimal. Nah, sebagai panduan bagi pelaku usaha online, berikut ada lima tips jualan di bulan puasa dari Tokopedia agar bisa meningkatkan penjualan online dengan optimal di bulan puasa.
Apa saja itu, yuk kita simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Tokopedia, Rabu (8/3/2023)
1. Lakukan Riset
Nuraini mengatakan bahwa pelaku usaha perlu melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa. Nah menurutnya Tokopedia memiliki fitur khusus yaitu Wawasan Pasar yang memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori.Berdasarkan data internal Tokopedia, produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadan 2022.
2. Percantik Halaman Toko
Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko untuk mempercantik tampilan tokonya sehingga dapat lebih menarik lebih banyak pembeli.Menurut Nuraini, fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman.
Selain halaman toko, seller juga perlu memperhatikan halaman produk dengan memasang foto produk yang jelas serta menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.
3. Aktifkan Promo
Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir. Karenanya, Nuraini menyarankan penjual untuk dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir guna meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia, khususnya selama bulan puasa.
4. Menjual Produk Parsel
Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2x lipat. Pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.Nuraini menyarankan pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. “Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut,” ucapnya.
Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.
5. Manfaatkan Kanal Promosi
Penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds yaitu fitur beriklan di Tokopedia agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian. Fitur ini terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia.Diet Special Needs, misalnya, mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10x lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia (data Maret 2022).
Baca juga: 7 Cara Atur Duit Buat Mencukupi Kebutuhan Bulan Puasa & Lebaran
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Gita Carla
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.