Profesional MUA Upan Dupan yang sedang merias salah satu pengunjung di booth ULTIMA II. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Desyinta Nuraini)

Tren Makeup 2023, Kenali 4 Tipe Riasan Sesuai Kepribadian Kamu Yuk!

30 November 2022   |   15:14 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tata rias atau makeup dengan tema natural dan clean look menjadi tren yang populer di kalangan perempuan beberapa waktu terakhir. Tren riasan wajah itu juga diprediksi tetap jadi tren pada 2023. Tampilan yang menonjolkan kulit alami ini sangat cocok bagi perempuan Indonesia dengan ragam karakternya. 

Profesional makeup artist (MUA) Upan Duvan mengatakan dalam beberapa waktu terakhir, wanita Indonesia lebih senang tampil dengan wajah flawless, sehat, dan indah. “Tren makeup masih dikuasai flawless, real skin. Lagi berlomba untuk kulit sehat, glowing natural,” ujarnya saat peluncuran rangkaian ULTIMA II di Mal Kota Kasablanka, Rabu (30/11/2022). 

Selain itu, permainan mata dengan teknik winged liner menurutnya juga masih merajai makeup pada tahun depan. Dia menjelaskan penggunaan lipstik yang juicy dan glowsy telah kembali. Hanya saja, hal tersebut masih terhambat di dalam negeri karena pemakaian masker. 

Baca jugaTren Makeup 2023, Lebih Cerah dan Ekspresif dengan 5 Look Ini

Mengambil peluang tren ini, jenama kecantikan ULTIMA II merilis rangkaian produk terbaru, The Nakeds Series. Managing Director International Business Group & Licensed Cosmetics ULTIMA II Indonesia, Nina M. Yunianto, menjelaskan seri terbaru itu terinspirasi dari warna alami kulit, bibir, dan kelopak mata. 

Rangkaian produk anyar ini hadir dengan berbagai tipe produk mulai dari stick concealer, eyebrow perfector, face powder, hingga absolutely flawless face mist. The Nakeds Series adalah seri dekoratif yang diciptakan brand bersama profesional makeup artist Kevyn Aucoin pada 1990-an. Ketika itu, mereka menjadi salah satu pelopor tren tampilan riasan netral. 

“Pada tahun ini, ULTIMA II meluncurkan kembali The Nakeds Series untuk menghidupkan lagi tren riasan natural, sekaligus memberikan pilihan produk riasan premium dengan warna-warna alami bagi masyarakat Indonesia,” sebutnya. 
 

Peluncuran produk The Nakeds Series dari ULTIMA II. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)

Peluncuran produk The Nakeds Series dari ULTIMA II. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini)


General Manager Sales & Marketing ULTIMA II Indonesia, Sully Suharjo menyampaikan bahwa The Nakeds Series menawarkan keunggulan seperti hasil akhir yang alami serta menambahkan kebaikan bahan perawatan kulit.  “Produk ini mengandung skincare powder kami ada hyaluronic acid. Itu bagus untuk merawat kulit,” klaim Sully. 

Inovasi ini kata Sully mampu memberikan tampilan riasan yang cerah, tahan lama, dan dapat digabungkan dengan berbagai jenis produk riasan lainnya. Namun yang pasti, dapat mengedepankan warna alami kulit wajah perempuan Indonesia yang memiliki karakter dan keunikannya masing-masing. 

Buat kamu yang baru belajar melakukan makeup, kenalin dulu yuk dengan tipe-tipe riasan berdasarkan kepribadian perempuan Indonesia yang dibagikan ULTIMA II dan Upan Duvan berikut ini. 

Baca juga5 Tips Makeup yang Simpel untuk Pekerja Kantor
 

1. The Go Getter! 

Makeup look ini menggambarkan karakter seseorang yang memiliki keinginan kuat dan menjadikannya nyata. Dia selalu mendapatkan dukungan dari rekan-rekannya untuk dapat memimpin. Kepribadian ini biasanya menggambarkan seorang pekerja korporasi, working mom atau entrepreneur.

“Karakter ini ditemukan di dunia kerja dan menggambarkan seorang profesional,” sebut Sully.  

Untuk mendapatkan tampilan seperti ini, Upan menyebut bahwa kalian bisa memanfaatkan primer, concealer, bedak tabur light to medium, dan pelembab wajah cair (face mist). Selanjutnya pada bagian pipi dapat menambahkan sheer powder blushes berwarna rosy.

Area bibir bisa menggunakan warna natural pink dengan tampilan matte. Satu yang terpenting di bagian mata dengan menambahkan eyeliner yang bentuknya simpel dan klasik. “Jangan lupa untuk menata alis dengan model bushy dan strokes eyebrows menggunakan maskara alis dan pensil alis,” sebut Upan. 


2. The Adorkable Girl

Tampilan ini menggambarkan sosok gadis usia remaja yang mengikuti tren musik, mode, dan budaya sekaligus. Kepribadian ini biasanya menggambarkan seorang pelajar, mahasiswa ataupun young professionals. Untuk mendapatkan tampilan The Adorkable Girl, kamu dapat menggunakan primer, concealer, bedak tabur, pensil alis, dan fase mist sebagai base dari makeup.

Selanjutnya pada bagian pipi dapat menambahkan perona pipi berwarna coral dan ditambahkan juga lipstik berwarna natural coral. Khusus area mata, tambahkan eyeliner yang simpel dan tipis (waterline), serta gunakan maskara alis dan pensil alis untuk membuat alis lebih menarik. 


3. Fashion Guru 

Kepribadian yang tampak nyata pada seseorang yang memiliki keahlian dan ketertarikan di bidang fesyen. Karakteristik ini sangat cocok dengan seseorang yang menginginkan tampilan makeup perfect complexion. “Dia selalu mengikuti tren tetapi complexion harus tetap perfect,” sebut Sully. 

Untuk mengikuti tipe riasan ini, pertama-tama gunakan primer, foundation dengan daya coverage yang tinggi, bedak tabur, dan juga pelembab wajah cair. Pada bagian pipi dapat ditambahkan perona pipi dan contouring sebagai tambahan untuk menegaskan tulang pipi. 

Area mata dapat menambahkan eyeliner berbentuk classic wing, dan terakhir untuk di bagian alis jangan lupa gunakan maskara alis dan pensil alis. 


4. Artsy Lady 

Sully mengatakan, makeup look Artsy Lady erat dengan pekerja seni yang memiliki kegemaran pada warna-warna, dan biasanya berada di balik layar. “Biasanya yang berhubugan dengan seni cenderung detail, perfectionist. Setiap detail makeup diperhatikan,” jelasnya.

Bagi seseorang yang sangat suka dengan makeup yang minimalis sangat cocok untuk menerapkan tampilan makeup ini. Mula-mula dari base dapat menggunakan primer, foundation dengan daya coverage yang ringan dan bedak tabur. Lanjutkan dengan menggunakan concealer dan pelembab wajah cair. 

Tambahkan perona wajah berwarna natural pink. Buat tampilan bibir berwarna ombre antara pink dan merah. Gunakan eyeliner yang sederhana dan tipis serta tambahkan maskara dan pensil alis untuk lebih menegaskan area mata. 

Baca juga4 Inspirasi Makeup Nonton Konser K-pop Tetap Fresh & Glowing

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Harga & Cara Beli Tiket Konser Tunggal Raisa di Stadion GBK Jakarta 

BERIKUTNYA

Deteksi Dini Kanker Kolorektal Bisa Lewat Internet, Yuk Cek Sekarang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: