Ilustrasi makeup untuk pekerja kantoran. (Sumber gambar: Unsplash)

5 Tips Makeup yang Simpel untuk Pekerja Kantor

19 June 2022   |   17:06 WIB

Buat kalian yang berkarier sebagai pekerja kantoran tentunya harus selalu menjaga penampilan agar selalu menarik cantik dan menarik. Selain sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri, riasan wajah atau makeup bermanfaat juga untuk meningkatkan kesan pertama yang baik.

Berbeda dengan riasan wajah untuk keperluan kasual maupun penampilan panggung (seperti penyanyi dan pemain teater), riasan untuk pekerja kantoran cenderung lebih menyesuaikan dengan industri tempat bekerja dengan riasan yang cenderung simpel.

Berikut beberapa kiat untuk menciptakan riasan wajah yang sesuai dengan pekerja kantoran.
 

1. Kenali orang-orang yang ditemui secara rutin.

Biasanya, riasan wajah untuk pekerja kantoran akan menyesuaikan dengan tempat kerja mereka. Hal inilah yang membuat kebutuhan riasan setiap orang akan berbeda-beda, tergantung dari orang yang akan ditemui. Meski kebutuhannya berbeda-beda, satu hal yang tetap konsisten adalah riasan wajah yang digunakan harus terkesan rapi dan tidak terlalu berlebihan layaknya riasan untuk acara formal.

Baca juga: Kenalan dengan Tren Fesyen Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi
 

2. Gunakan riasan natural.

Riasan untuk rutinitas pekerja dianjurkan menggunakan jenis yang natural, di mana jenis riasan ini cenderung lebih ringan dan simpel. Menurut penata rias profesional Bobbi Brown, rutinitas riasan pada pagi hari bertujuan agar wajah tetap terlihat segar dan tidak berantakan layaknya riasan wajah pada malam hari.

Contoh penggunaan riasan alami ada pada pemakaian moisturizer dengan warna kulit atau spot concealer untuk menyamarkan beberapa ketidaksempurnaan seperti bekas jerawat dan kantung mata, eyeshadow berwarna cokelat muda, blush berwarna krem, dan lipstik berwarna pucat seperti merah mudah dan krem.
 

3. Pastikan kulit terlihat baik.

Kunci dari riasan natural ada pada kulit yang terlihat baik dan seimbang. Untuk mewujudkan kulit ini, Genhype bisa menggunakan moisturizer atau foundation dengan warna kulit (tinted) yang sesuai dengan kulit. Penggunaan produk ini kemudian didukung dengan concealer secukupnya untuk menutupi kekurangan.

Tidak hanya terlihat baik, riasan pada wajah juga harus bisa bertahan lama dengan perawatan yang tidak banyak. Idealnya, riasan wajah ini bertujuan untuk membuat kulit tetap terlihat baik sepanjang bekerja dengan touch up selama 5-10 menit.
 

4. Gunakan riasan secukupnya.

Riasan natural tidak perlu menggunakan seluruh produk, di mana umumnya riasan ini cukup menekankan pada beberapa fitur wajah yang dilengkapi atau ditambahkan. Beberapa contohnya adalah penambahan volume alis dengan pensil alis dan riasan yang tidak tebal.

Selain itu, riasan yang bisa ditambahkan adalah eyeshadow berwarna netral yang sesuai dengan berbagai situasi dan wara lipstik yang diseimbangkan. Lebih rinci, lipstik yang bisa digunakan adalah jenis lip tint yang memiliki kilau yang cukup tanpa terkesan terlalu kuat atau tebal.


Baca juga: 5 Bahan Kandungan Makeup yang Wajib Dihindari untuk Kulit Kering
 

5. Pakai produk yang nyaman

Riasan natural memiliki karakteristik yang cenderung lebih cepat dan simpel, sehingga sebisa mungkin riasan yang digunakan tidak perlu adanya tambahan touch up selama beberapa kali. Tidak hanya itu, produk yang nyaman meliputi penggunaan produk multifungsi seperti kombinasi seperti cushion dengan fungsi beda dan tabir surya, krim lip cheek eye color, eyeshadow dengan fungsi concealer.

Selain produk multifungsi, produk yang nyaman juga berarti mudah dibawa dalam kemasan kecil dalam sebuah pouch atau tas kecil. Beberapa barang ini bosa berupa face mist, lipstik, bedak, hingga moisturizer.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Seberapa Bahayakah Penyakit Asam Lambung?

BERIKUTNYA

4 Cara Mencegah Heat Stroke saat Olahraga pada Siang Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: