Make up (Sumber Foto: Freepik)

Kiat Memperbaiki Make Up Crack Tanpa Hapus Riasan Wajah

24 September 2024   |   14:46 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Apakah Genhype sering mengalami make up crack? Kondisi ini terjadi ketika foundation atau concealer, terlihat pecah-pecah atau retak pada kulit. Make up crack membuat permukaan kulit terlihat kasar dan hasil riasan tidak natural.

Make up crack biasanya terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kulit yang terlalu kering dan kurang terhidrasi. Penggunaan produk yang terlalu tebal atau aplikasinya yang kurang tepat. Selain itu, riasan yang retak juga bisa disebabkan oleh produk yang tidak cocok dengan jenis kulit tertentu, misanya penggunaan foundation matte pada kulit kering.

Saat make up crack, biasanya kita akan langsung menghapus total riasan di wajah lalu mulai mengaplikasikan semua produk dari awal. Kini Genhype, tidak perlu repot-repot karena ada trik mudah meperbaiki riasan wajah yang retak.

Baca juga: 7 Tip Makeup Anti Luntur saat Nonton Konser

Misalnya menggunakan setting spray atau face mist. Caranya semprotkan setting spray atau face mist pada wajah untuk melembapkan area yang retak. Setelah itu, gunakan jari atau spons make up yang bersih untuk menekan lembut area tersebut agar makeup menyatu kembali.

Apabila tidak ada setting spray atau face mist, ganti dengan pelembap atu serum yang memiliki konsistensi ringan. Ambil sedikit pelembap atau serum berbahan dasar air, lalu aplikasikan tipis-tipis pada area yang retak menggunakan jari atau spons. Cara ini akan membantu melembutkan kulit dan menyatukan kembali make up tanpa merusaknya.

Selain itu, tanpa bantuan produk make up pun kita tetap bisa memperbaiki crack dengan menggunakan spons basah. Basahi spons dengan air atau setting spray, kemudian tepuk-tepuk lembut pada area kulit yang retak. Ini akan membantu meratakan make up tanpa menghapus total riasan.

Namun, apabila retakan terjadi pada area tertentu seperti di bawah mata, sisi kanan kiri hidung, atau pinggir mulut, begini cara memperbaikinya.  Tambahkan sedikit concealer lalu blend perlahan sampai retakannya hilang. Pastikan tidak mengaplikasikan terlalu banyak karena bisa membuat make up semakin tebal.
 

Cara Mencegah Make Up Crack

Supaya make up tidak crack lagi, pastikan Genhype sudah mempersiapkan kulit wajah sebelum diaplikasikan banyak produk. Cobalah lakukan eksfoliasi secara rutin untuk mencegah kulit mati menumpuk, sehingga membuat permukaan kulit jadi kasar saat dioleskan produk.

Selanjutnya gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, lalu aplikasikan primer untuk mengunci kelembapan dan membantu menciptakan permukaan kulit yang halus.

Adapun untuk alasnya, pilihlah foundation, cushion, atau bb cream yang memiliki formula ringan dan melembapkan. Hindari penggunaan bedak berlebihan, sebaiknya pilih produk foundation dan bedak dengan finish dewy daripada matte yang terlalu kering.

Terakhir gunakan setting spray setelah selesai make up untuk menjaga riasan tetap menyatu dan tahan lama. Dengan demikian make up tetap flawless sepanjang hari dan mencegahnya retak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Linkin Park Bawakan Anthem League of Legends World Championship 2024

BERIKUTNYA

Band Oasis Bakal Rilis Film Dokumenter Persiapan Tur Konser Reuni 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: