Smokey eyes memberikan kesan riasan yang lebih berani. (Sumber gambar: Unsplash)

7 Tip Membuat Smokey Eyes untuk Pemula, Bikin Riasan Makin Rock & Roll!

20 October 2022   |   14:39 WIB

Riasan mata merupakan salah satu jenis makeup yang bisa mempercantik dan mempertegas penampilan, di mana hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai produk dari eyeshadow hingga mascara. Salah satu riasan mata yang bisa dicoba adalah smokey eyes.

Riasan maya yang satu ini identik dengan warna yang lebih gelap dan tegas pada area sekitar mata, terutama kelopak mata dan bagian bawah mata. Hal ini membuat riasan yang satu ini cukup sulit karena tekniknya yang berpengaruh pada hasil akhir dan kesan yang tampak dari aplikasi smokey eyes.

Baca juga: 3 Tips Riasan di Masa Pandemi ala Makeup Artist Ryan Ogilvy

Yuk intip beberapa kiat untuk menciptakan smokey eyes yang baik bagi pemula:
 

1. Pakai primer

Primer merupakan salah satu produk riasan wajah yang menjadi dasar atau base makeup secara umum, di mana primer memiliki fungsi membuat riasan menjadi tahan lama dan mencegah produk riasan mata mudah berantakan pada area mata. Tidak hanya itu, penggunaan primer biasanya akan menciptakan riasan yang lebih rapi karena adanya lapisan pertama yang melindungi kulit.
 

2. Gunakan eyeshadow berwarna cokelat

Penata rias Troy Surratt menjelaskan kepada Allure bahwa penggunaan warna cokelat dilakukan untuk menciptakan kesan yang lebih ringan dan tidak membuat riasan menjadi terlalu intens. Biasanya, hal ini bisa dilakukan pada semua warna eyeshadow, baik warna terang maupun warna gelap, demi menciptakan dimensi warna yang dinamis.

Dia juga menyarankan agar percampuran atau blending riasan dengan pensil eyeliner diperlukan pada bagian bawah kelopak mata. Teknik ini bisa dilakukan dengan kuas kecil agar menciptakan riasan yang lebih kaya secara warna dan jenis produk, pada saat yang sama juga tetap menunjukkan ciri khas smokey eye yang lebih gelap pada garis kelopak mata.

Mengutip Glamour, blending merupakan salah satu kunci dari riasan smokey eyes dan kuas adalah alat yang penting dalam proses ini. Sebab, teknik kunci dari smokey eyes ada pada bagaimana seseorang mampu mencampurkan eyeshadow dengan eyeliner.
 

3. Berani bermain dengan ragam warna

Jika smokey eyes identik dengan warna gelap seperti hitam, maka Genhype bisa melakukan alternatif lain dengan bermain warna eyeshadow pada riasan tersebut. Permainan warna ini bisa disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan, baik itu warna yang serupa maupun warna yang kontras.

Warna lain yang bisa dicoba adalah warna yang kaya dan gelap seperti biru navy, abu-abu charcoal, hijau olive, dan merah plum. Dalam beberapa jenis riasan, warna terang seperti pink salmon, cokelat perunggu, emas tua, dan cokelat muda bida dipilih sebagai warna alternatif.
 

4. Aplikasikan dekat area bulu mata

Surratt mengimbau untuk berhati-hati saat melakukan riasan smokey eyes, di mana riasan ini harus memiliki warna yang tidak jauh dari kelopak mata bagian bawah. Idealnya, warna yang digunakan harus kaya dan padat saat mendekati garis bulu mata, lalu menyebar keluar dengan warna yang semakin halus.
 

5. Buat garis kabur

Saat mengaplikasikan smokey eyes secara bertahap, teknik penyebarannya disarankan untuk tampak berantakan dengan sengaja. Untuk melakukan ini, Genhype bisa menggunakan kuas khusus yang lebih lebar untuk disapukan di sepanjang kelopak mata agar percampuran bisa terjadi di bagian atas maupun bawah mata.
 

6. Pertimbangkan letak riasan

Letak riasan untuk smokey eyes disarankan untuk tetap berada dalam di bawah iris dan bagian luar pinggiran mata. Tak hanya itu, pemakaian riasan pada garis air mata justru harus dihindari karena bagian tersebut biasanya merupakan daerah tempat pengaplikasian concealer untuk menutup kantung mata yang gelap atau mata panda.
 

7. Rapikan hasil riasan

Setelah riasan jadi, Genhype bisa merapikan sedikit dengan cotton bud atau pembersih khusus riasan mata agar riasan tetap rapi. Pastikan pembersihan ini tetap menggunakan prinsip area riasan smokey eyes hingga dekat bulu mata, setelahnya penggunaan highlighter pada bagian dalam ujung mata bisa diberikan untuk mempercantik riasan.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Viral di TikTok, Ini 4 Hal yang Harus Kalian Ketahui tentang Masker Darah Menstruasi

BERIKUTNYA

Brand Ini Tawarkan Furnitur Outdoor Unik & Fungsional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: