Konser (Sumber foto: Freepik)

7 Tip Makeup Anti Luntur saat Nonton Konser

11 September 2024   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Riasan wajah yang luntur saat menonton konser, bisa bikin bad mood. Ada beberapa penyebab makeup jadi cepat luntur terutama saat sedang beraktivitas di luar dan di tengah cuaca panas, salah satunya karena keringat dan minyak berlebih pada wajah. 

Keringat akan membuat wajah jadi lembap, sehingga makeup seperti foundation atau concealer akan menyebar dan luntur. Selain itu, apabila Genhype pemilik tipe kulit berminyak, pemilihan makeup yang tidak sesuai kondisi kulit akan membuat hasilnya jelek dan tidak tahan lama. 

Oleh karenanya, pilihlah makeup sesuai jenis kondisi kulitmu lalu aplikasikan dengan teknik yang tepat supaya hasilnya awet sepanjang hari. Nah Genhype, berikut adalah tips menjaga makeup tetap awet dan anti luntur saat menonton konser. 

Baca juga: Tips Makeup Tampil Lebih Segar dengan Cara yang Simple
 

1. Gunakan primer yang tahan lama

Primer adalah produk penting yang wajib diaplikasikan dalam rutinitas makeup. Primer yang akan membantu menciptakan hasil akhir yang halus dan menyerap minyak berlebih pada wajah. 

Pilih produk yang tahan lama dan dapat mengontrol minyak serta mengunci makeup di tempatnya, sehingga tidak mudah bergeser dan luntur, terutama di lingkungan yang panas dan lembap seperti tempat konser. 
 

2. Pilih produk makeup tahan air

Untuk mengantisipasi kemungkinan wajah akan berkeringat atau terkena paparan air, pilihlah produk makeup yang waterproof atau tahan air. Foundation, maskara, eyeliner, dan eyeshadow yang diformulasikan tahan air akan lebih tahan terhadap kelembapan dan keringat.

Produk makeup waterproof juga cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik dan tidak mudah luntur setelah diaplikasikan dalam beberapa jam.
 

3. Aplikasikan setting powder & setting spray

Setting powder membantu mengontrol minyak dan mengunci foundation agar tidak bergeser. Sebaiknya gunakan setting powder setelah foundation untuk mengurangi kilap yang dihasilkan.

Setelah mengaplikasikan makeup, semprotkan setting spray untuk mengunci semua lapisan makeup. Setting spray tidak hanya membantu supaya riasan bertahan lebih lama tetapi juga memberikan efek akhir yang membuat wajah lebih segar.
 

4. Pilih makeup dengan formula matte

Formula makeup dengan hasil akhir matte cenderung lebih tahan lama dibandingkan yang dewy atau glowy, terutama dalam kondisi lembap atau berkeringat. Foundation dan bedak dengan hasil matte akan mengurangi kilap di wajah dan mencegah makeup luntur saat beraktivitas di lingkungan yang panas.
 

5. Gunakan produk multifungsi

Produk multifungsi seperti moisturizer atau BB cream yang juga memiliki SPF seperti yang terdapat pada sunscreen, adalah pilihan yang tepat. Fungsinya bisa memadukan perawatan kulit, perlindungan dari sinar matahari, dan coverage ringan dalam satu produk.

Menggunakan produk yang lebih sedikit juga akan membantu mengurangi risiko makeup luntur. Hindari mengaplikasikan berlapis-lapis produk karena akan membuat wajah jadi banyak berkeringat dan lembap. 
 

6. Pilih lipstik yang long lasting

Lipstik sering kali menjadi bagian makeup yang paling cepat luntur, terutama di acara konser yang mungkin membuatmu sering berbicara, menyanyi, atau makan dan minum. Pilih lip tint atau lip stain yang warnanya bisa menyerap ke dalam bibir dan tahan lama. Apabila menggunakan lipstik biasa, lapisi dengan sedikit bedak tabur di atasnya supaya lebih awet.
 

7. Siapkan perlengkapan retouch

Bawa pouch makeup kecil berisi produk-produk penting untuk retouch riasan wajahmu jika diperlukan. Siapkan lipstik atau lip gloss, dan compact powder untuk menjaga penampilan wajah tetap segar selama konser.

Pilihlah produk dalam ukuran kecil dan mudah dibawa untuk membantumu memperbaiki riasan. Tak ketinggalan, bawa blotting paper atau kertas minyak untuk menyerap minyak dan keringat berlenih tanpa menghapus makeup secara keseluruhan. 

Baca juga: 5 Produk Makeup Penting yang Sering Dilewatkan, Primer sampai Highlighter

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Elijah Woods Rilis Single Sunlight! dari EP Hey There Elijah

BERIKUTNYA

Gateways Study Visit Indonesia Digelar 1-3 Oktober 2024, Diikuti 20 Negara & Lembaga Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: