Ilustrasi mengantuk (Sumber gambar: Unsplash/Sander Sammy)

Tips Mengatasi insomnia Tanpa Obat yang Perlu dicoba

30 November 2022   |   15:28 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Mata mengantuk tapi tak bisa tertidur? Hmm, tampaknya ini tanda-tanda kalian terkena insomnia. Tangani secepatnya atau bisa-bisa Anda akan kehilangan waktu berharga untuk melepas lelah. Lazimnya malam hari adalah waktu yang digunakan banyak orang untuk beristirahat setelah seharian melalukan sepaket aktivitas.


Tidup yang cukup merupakan hal yang penting bagi tubuh. Normalnya manusia membutuhkan tidur minimal delapan jam setiap malam. Dan ketika Anda yang tidur malamnya kurang dari lima jam, biasanya memiliki risiko 39 persen lebih besar penyakit kronis seperti jantung dari mereka yang memiliki jam tidur normal.

Biasanya penyakit susah tidur atau insomnia ini dapat diartikan sebagai suatu gangguan ketika Anda sulit memulai tidur atau saat kualitas tidur buruk. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya.

Terdapat beberapa faktor penyebab insomnia. Faktor-faktor itu yakni farmakologis yang berasal dari pemakaian obat-obatan secara berlebihan, faktor medis yang berasa dari sakit kepala atau sulit bernafas, dan faktor genetik saat Anda memiliki darah keturunan dari penderita insomnia yang parah.

Baca jugaAwas! Insomnia Bisa Sebabkan Gagal Jantung Hingga Stroke

Serta faktor lainnya seperti mengonsumsi tembakau, alkohol, dan kafein terlalu banyak, faktor psikiatris yang berasal dari stres, cemas, dan emosional, serta gangguan psikologis yang berawal dari sebuah pengalaman traumatis seperti ditinggal orang yang dicintai.

Namun jangan khawatir, tak berarti insomnia tidak dapat disembuhkan. Penyembuhan terhadap insomnia tergantung dari penyebab timbulnya insomnia itu sendiri. Berikut beberapa tip buat mengatasi insomnia.
 

1. Terapkan stress management

Insomnia dapat disebabkan dan menyebabkan stres. Kalaupun insomnia kalian bukan disebabkan stres, kamu akan menderita stres ketika kebiasaan tidur mulai tidak teratur. Karena itu segera sadari hal-hal yang mengganggu pikiran atau perasaan kemudian selesaikanlah sebelum terpendam, mengendap, dan terus membayangi Anda. Sempatkan untuk membagi masalah yang tengah kamu hadapi dengan teman, saudara, dan keluarga.
 

2. Berolahraga teratur

Beberapa penelitian menyebut berolah raga teratur dapat membantu mengatasi masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan Anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stres yang muncul dengan lebih baik.
 

3. Hindarilah tidur siang

Tidak peduli bagaimana godaannya, tidur siang dapat membuat kalian sulit untuk jatuh tertidur pada malam hari bahkan dengan usaha lebih keras. Tidur terlalu lama pada akhir pekan juga dapat merusak jadwal tidur dan memperburuk insomnia.
 

4. Perhatikan asupan makan

Minuman berkafein dan soda wajib dihindari menjelang tidur. Jika ingin tetap mengonsumsinya, lakukan di pagi atau sore hari, atau minimal 4 jam sebelum tidur. Ngemil sedikit makanan yang mengandung serotonin seperti susu, cokelat, pasta, dan keju beberapa sebelum tidur dapat mengundang rasa kantuk dan membuat cepat tidur. Namun, jangan terlalu banyak ya.

Makan terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum terlalu banyak akan menyebabkan kalian sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan mengganggu kenyenyakan tidur Anda.

Baca jugaIstirahat Berkualitas dengan Menghindari Makanan & Minuman yang Bikin Susah Tidur


5. Buat diri nyaman

Suasana tenang dan rileks merupakan kondisi ideal untuk mendapatkan tidur berkualitas. Pilihlah cara yang paling membuatmu nyaman, misalnya menghirup aroma terapi, mandi air hangat, yoga atau meditasi hingga olahraga ringan. Supaya kondisi tidur lebih nyaman, cobalah matikan lampu sambil mendengarkan musik lembut. Usahakan pula zona tidur Anda bebas gangguan televisi atau telepon.
 

6. Kasihanilah otak Anda

Jika Anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu atau mencari tahu jam berapa. Kedua hal ini dapat merangsang otak bekerja dam keluar dari kondisi tidur. Berbaringlah di ranjang dan tunggulah hingga kamu kembali jatuh tertidur. Namun, jika kamu masih tidak dapat tertidur, pergilah ke ruangan lain atau membacalah hingga kembali mengantuk.
 

7. Belajarlah teratur

Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang sama setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya.
 

8. Lakukan self-hypnosis

Tidur memiliki 4 tahap yang dihitung saat Anda mulai terbaring di tempat tidur hingga terlelap. Keempat tahap itu yakni thinking, fantasy, hypnoidal, dan unconscious sleep. Orang insomnia kesulitan bertransisi dari tahap thinking ke fantasy sebab mereka terlalu lama berada pada tahap thinking, seperti mengingat kembali kejadian-kejadian yang dialami sepanjang hari, merencanakan agenda esok hari, dan sebagainya.

Efek buruknya menyebabkan kecemasan karena pikiran menjadi liar dan tidak bisa dikontrol. Jika alasan ini yang membuat Anda tidak bisa tidur, lakukan cara berikut: segera rilekskan tubuh Anda, tarik nafas dalam-dalam, tahan, lalu hembuskan. Lakukan gerakan menelan, putar mata ke atas (kelopak mata tertutup, bola mata seolah melihat ke arah dahi).

Setelah itu, mulailah masuk ke tahap fantasy dengan membayangkan hal-hal yang indah, atur nafas anda hingga teratur sambil terus berkonsentrasi mengulang kata-kata positif, seperti rileks, damai, tenang, dan lainnya.

Baca jugaIni Manfaat Tidur 8 Jam Sehari, Bisa Naikkan Mood dan Berpikir Lebih Jernih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menengok Jejak Arkeolog Indonesia, Hariani Santiko

BERIKUTNYA

Jadwal Survival Stage PMGC 2022, Bigetron Red Aliens Siap Tampil Maksimal Demi Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: