Tidur berkualitas bermanfaat bagi kesehatan (sumber gambar: Unsplash/Bruce Mars

Istirahat Berkualitas dengan Menghindari Makanan & Minuman yang Bikin Susah Tidur

29 November 2022   |   20:36 WIB

Tidur merupakan waktu di mana tubuh beristirahat setelah beraktivitas seharian. Tidur yang nyenyak dan berkualitas akan membuat badan kembali segar. Durasi waktu untuk tidur umumnya 6-8 jam, setiap periode usia memiliki kebutuhan tidur masing-masing. Sebaiknya kalian memenuhi waktu tidurnya agar tubuh bugar dan bertenaga.

Istirahat yang cukup dan berkualitas akan menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang sulit tidur. Salah satunya adalah makanan yang kita asup sebelumnya. Kemenkes menyarankan beberapa jenis makanan yang perlu dihindari sebelum tidur agar istirahat kita berkualitas. 

Baca jugaIni Manfaat Tidur 8 Jam Sehari, Bisa Naikkan Mood dan Berpikir Lebih Jernih

Jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur antaranya adalah sebagai berikut:
  • Minuman bersoda atau yang mengandung kafein. Minuman jenis ini jika diminum sebelum tidur bisa menimbulkan sugar rush dan membuat tubuh tetap terjaga, padahal badan mungkin sudah kelelahan.
  • Protein hewani, seperti daging yang berwarna merah. Makanan ini membutuhkan waktu untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan kram pada perut.
  • Minuman beralkohol. Minum minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur akan membuat otak mengalami tekanan dan membuat sistem kerja saraf terhambat.
  • Makanan pedas. Mengonsumsi makanan pedas akan menyebabkan asam lambung makin meningkat yang bisa membuat perut, dada, dan tenggorokan terasa terbakar.
Jangan sampai sulit tidur ini terjadi dalam jangka panjang. Salah satunya usaha yang bisa dilakukan adalah menghindari berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat mengganggu kemampuan tubuh  untuk segera beristirahat. Padahal, kualitas tidur yang baik akan membuat badan lebih sehat, bugar, dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 
 

Dampak Kurang Tidur

Jika sulit tidur ini berlangsung terus bisa berpotensi mengganggu kesehatan tubuh. Tidak bisa tidur dan berbagai masalah tidur lainnya harus mendapatkan penanganan agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Kurang tidur juga akan menimbulkan beberapa ancaman kesehatan, seperti kehilangan konsentrasi saat belajar atau beraktivitas, munculnya obesitas, dan bagi yang mereka yang sering mengendarai mobil atau motor bisa kehilangan fokus saat berkendara.

Selain itu, kurang tidur juga membuat seseorang mudah stres, dan bagi pelajar bisa mengakibatkan kurang fokus saat belajar. Tidur yang tidak juga akan berpengaruh terhadap kulit. Istirahat yang kurang membuat kulit akan kelihatan lebih tua.  Kekurangan tidur akan memperburuk kesehatan tubuh. 
 

Gangguan Tidur

Ada beberapa jenis gangguan tidur yang jika tidak ditangani bisa menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu gangguan tidur yang umum terjadi adalah insomnia. Insomnia merupakan kondisi ketika seseorang mengalami sulit tidur atau butuh waktu yang lama untuk bisa tidur.

Untuk itu perlu dilakukan pencegahan agar insomnia tidak semakin parah. Oleh karena itu perlu memahami faktor penyebab dari insomnia tersebut. Beberapa di antaranya adalah stres, depresi, kelainan kronis seperti tidur apnea, diabetes, sakit ginjal, hingga arthritis, pola makan yang buruk dan konsumsi kafein.

Beberapa gejala insomnia antara lain terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali, tidak bisa tidur siang, hingga sulit untuk merasakan kantuk.

Nah Genhype, berikanlah waktu agar tubuh bisa beristirahat dengan baik. Selain itu juga menerapkan gaya hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, melakukan olahraga minimal 30 menit sehari, dan segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan apabila masih mengalami gangguan untuk tidur.

Baca juga7 Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Tampak Luas & Nyaman

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

4 Fakta Unik Luis Suarez, Pesepakbola Kontroversial dengan Julukan 'Kanibal'

BERIKUTNYA

Daftar Tim yang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Dibuka oleh Skuad Prancis Lewat Kaki Mbappe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: