Ilustrasi tidur 8 jam (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Ini Manfaat Tidur 8 Jam Sehari, Bisa Naikkan Mood dan Berpikir Lebih Jernih

27 October 2022   |   13:12 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat untuk sekarang, tetapi juga dalam jangka panjang. Meskipun cukup menantang, hidup sehat memiliki banyak keuntungan secara fisik dan mental, seperti bisa memiliki badan yang bugar, menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal, hingga mampu berkonsentrasi dengan baik.

Selain berolahraga dan konsumsi makanan sehat, tidur merupakan salah satu penentu kualitas hidup yang perlu dipikirkan. Sebagai sebuah aktivitas penting, tidur mampu mengistirahatkan tubuh dari aktivitas padat sehari-hari. Saat tidur, otak akan membersihkan racun yang tidak berguna sehingga pikiran akan lebih jernih ketika bangun tidur.

Kementerian Kesehatan pun menyatakan tidur merupakan salah satu istirahat terbaik untuk tubuh. Karena itu, Kementerian itu menyarankan tidur selama 7-8 jam per hari untuk yang berusia 18-40 tahun. Tidur 8 jam juga memiliki manfaat lainnya, baik dari segi fisik dan mental. Yuk simak ulasannya!
 

Ilustrasi tidur (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

Ilustrasi tidur (Sumber gambar: Andrea Piacquadio/Pexels)

 

1. Tidak Mudah Sakit

Mengistirahatkan tubuh dalam waktu yang cukup bisa membantu fisik bugar dan tidak mudah sakit. Dilansir dari Sleep Foundation, penelitian pada orang yang kurang tidur menunjukkan bahwa baik dalam jangka pendek atau jangka panjang bisa membuat seseorang rentan sakit.

Hal ini karena tubuh mendapatkan istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian. Kurang tidur bisa mengganggu bagian sistem imun tubuh yang menyebabkan mudah sakit.
 

2. Menjaga berat badan

Tidur cukup selama 8 jam juga mampu membuat berat badan stabil dan terjaga. Menurut Sleep Foundation, tidur yang cukup dan berkualitas adalah bagian penting dari rencana penurunan berat badan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur saat diet justru mendorong nafsu dan makan berlebihan. Untuk itu, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup ya Genhype!
 

3. Menghilangkan stress dan meningkatkan mood

Stres karena tekanan kerja seharian membutuhkan waktu tidak hanya bagi anggota tubuh, tetapi juga otak untuk beristirahat. Saat tidur cukup, otak bisa beristirahat dengan maksimal dan menghilangkan stres yang ada.

Selain itu, studi dari Harvard menyebut jika tidur cukup membantu membuat mood meningkat. Ini juga berkaitan dengan kualitas tidur di mana tidur dan mood berhubungan erat. Kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan mudah marah dan stress.
 

4. Berpikir jernih

Dilansir dari US Department of Health and Human Services, tidur yang cukup bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih saat bangun tidur. Penelitian dari Harvard menyebutkan tidur cukup menjadi faktor dalam kejernihan pikiran.

Jika kamu kurang tidur sebelum beraktivitas, kamu bisa menebus kekurangan waktu jam tidur yang disarankan tidak lebih dari 8 jam. Ini berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan mengembalikan fokus dan kejernihan pikiran.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

4 Manfaat Skin to Skin Orang Tua dengan Bayi Baru Lahir

BERIKUTNYA

Profil Muhammad Zayyan, Idol K-Pop Asal Indonesia yang Debut di OCJ Newbies Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: