Ilustrasi teman. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ikuti 5 Cara Ini Buat Bantu Teman yang Lagi Patah Hati

09 August 2021   |   21:00 WIB

Genhype, rasanya enggak tega ya melihat teman kita sedih, murung dan berdiam diri setelah mengalami patah hati akibat hubungan yang kandas. Sebagai teman yang baik, tentu kita bisa membantu menenangkannya biar bisa lekas move on. 

Kehadiran sosok teman dianggap bisa memberikan dukungan emosional bagi orang lain agar bisa merasa lebih baik meski waktu yang dibutuhkan tentu tidaklah sebentar serta memberikan dukungan moral yang bisa memulihkan teman.

Tapi bagaimana ketika Genhype bingung harus bertindak bagaimana sebagai sahabat ketika teman kalian mengalami putus cinta? Hypeabis.id berbagi beberapa tips yang bisa dilakukan agar kalian enggak salah langkah atau justru memperburuk keadaan.

1. Beri dukungan positif
Hal penting yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kepastian dan dukungan positif dengan mengatakan bahwa putusnya hubungan teman Genhype dengan pasangannya bukan sepenuhnya salah dia serta hubungan yang gagal adalah bagian dari kehidupan yang tidak menentukan kesuksesannya. Hubungan yang gagal juga bisa menjadi pembelajaran bagi teman Genhype di masa depan lho.

2. Pintar memilih kata-kata yang sesuai
 

Ilustrasi teman. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Ilustrasi teman. (Dok. Priscilla Du Preez dari Unsplash)

Perkataan punya dampak yang besar terhadap perasaan dan kondisi seseorang, sebab orang-orang yang putus cinta cenderung merasa lebih sensitif secara emosional maupun mental. Pastikan ketika bersama teman, gunakan kata-kata yang menenangkan dan memotivasi dirinya sehingga mereka bisa merasa lebih baik untuk dirinya sendiri.

3. Biarkan teman bercerita
Sebagai sistem pendukung, ada kalanya Genhype hadir sebagai seorang pendengar untuk teman yang mengalami putus cinta. Biarkan dia bercerita semua hal dari keluhan hingga perasaan yang dialaminya agar teman Genhype bisa merasa lebih lega dan lebih tenang. Setelah itu, Genhype bisa berikan respon empatik kepada teman sekaligus memberikan saran yang baik agar dia bisa merasa lebih baik.

4. Ingatkan teman untuk luangkan waktu untuk diri sendiri
 

Ilustrasi waktu untuk diri sendiri. (Dok. Ava Sol dari Pexels)

Ilustrasi waktu untuk diri sendiri. (Dok. Ava Sol dari Pexels)

Enggak selamanya Genhype harus terus berada di sisi teman yang mengalami putus cinta karena ada kalanya dia juga perlu waktu atau ruang sendiri untuk bisa menenangkan diri sekaligus memulihkan dirinya dengan me-time agar bisa merefleksikan apa yang telah dia alami dan memikirkan rencana ke depan. 

5. Ajak teman pergi sesekali
Bepergian bersama dalam waktu yang tidak sering juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu memulihkan teman yang mengalami putus cinta. Membawanya ke satu tempat baru atau mengajaknya melakukan hobi baru bisa menjadi salah satu cara untuk mengalihkannya dari pikiran yang kurang baik maupun perasaan sedih yang dialaminya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ada 4 Manfaat Jamur Tiram yang Luar Biasa untuk Kesehatan

BERIKUTNYA

Pecah Rekor Lagi, Salinan Game Super Mario Bros Terjual Seharga US$2 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: