Luis Suarez (Sumber gambar: Instagram.com/luissuarez9)

4 Fakta Unik Luis Suarez, Pesepakbola Kontroversial dengan Julukan 'Kanibal'

29 November 2022   |   20:28 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Nama Luis Suarez mungkin sudah sering didengar oleh penggemar sepak bola. Luis Suarez terkenal berkat ragam aksinya yang mengundang kontroversi di lapangan. Pemain berkebangsaan Uruguay ini acap kali menciptakan aksi-aksi yang mengejutkan tim lawan, bahkan oleh timnya sendiri.

Selain membela klub Barcelona, Luis Suarez pun tengah bermain untuk timnas Uruguay di gelaran Piala Dunia 2022. Aksi usilnya cukup membuat timnas nehara lain ketakutan. Menariknya, dia tak hanya sekedar pemain kontroversial saja, melainkan juga pesepakbola yang bersinar dengan ragam pencapaiannya.

Suarez terkenal dengan tendangan dan operannya yang menarik. Dia mahir membobol pertahanan lawan dengan gocekan mautnya itu. Pemain dengan nomor punggung 9 ini pun mencatat banyak fakta unik sepanjang kariernya. Yuk simak!

Baca juga: Bikin Uruguay Tak Berkutik, Portugal Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022
 

1. Terkenal dengan julukan Kanibal

Tak sedikit penonton sepak bola yang mengetahui Luis Suarez lewat kontroversi gigitan maut. Saat membela Ajax, Suarez pernah mengigit bagian bahu pemain PSV Eindhoven bernama Otman Bakkal. Selain Otman, dia juga pernah mengigit Branislav Ivanovic hingga Giorgio Chiellini. Alasan di balik Suarez yang 'hobi' menggigit itu adalah karena rasa kesalnya saat menghadapi permainan. Hobinya itu membuatnya dijuluki sebagai kanibal.
 

2. Peraih Sepatu Emas Eropa

Terlepas dari  kontroversinya di lapangan, kenyataan bahwa Luis Suarez merupakan pemain predator tak bisa dilepaskan begitu sjaa. Dia berhasil mengoleksi ratusan gol sepanjang kariernya. Pria berusia 35 tahun itu selalu tampil maksimal membela timnya saat bermain.

Kariernya semakin gemilang setelah berhasil memenangkan penghargaan pencetak gol terbanyak di Eropa yaitu Sepatu Emas Eropa pada 2013 saat membela Liverpool. Tidak cukup satu kali, ayah dari tiga anak ini juga mendapatkan penghargaan yang sama pada 2015 saat membela Barcelona.
 


3. Runtuhkan rekor Messi & Ronaldo di La Liga

Berkat kesungguhannya dalam bermain, Luis Suarez mampu melengserkan nama pesepak bola paling bersinar yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk sebuah penghargaan bernama Pichichi. Piala itu diberikan kepada pesepakbola dengan pencetak gol terbanyak di turnamen sepak bola Spanyol La Liga. Luis Suarez dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak La Liga dalam 10 tahun terakhir.


4. Memulai debut di Uruguay dengan kemenangan

Suarez memulai debutnya dalam timnas senior Uruguay sejak 15 tahun lalu terpatnya pada 8 Februari 2007. Saat itu, timnas Uruguay melawan Kolombia dalam pertandingan persahabatan dengan skor kemenangan telak yakni 3-1.

Dia ditempatkan sebagai penyerang utama di sisi kanan lini serangan Uruguay bersama Arevalo Rios dan Poliso. Meski dia dihadiahi kartu merah di menit ke-84, tetap saja momen kemenangan tim Uruguay menjadi debut pembuka yang manis bagi Suarez yang membela bangsanya secara perdana.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

WhatsApp Luncurkan Fitur Message Yourself, Lebih Mudah Kirim Pesan ke Diri Sendiri

BERIKUTNYA

Istirahat Berkualitas dengan Menghindari Makanan & Minuman yang Bikin Susah Tidur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: