Beberapa tim nasional dipastikan gagal melaju ke tahap selanjutnya (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Pixabay)

Intip Peluang Negara yang Bakal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

29 November 2022   |   18:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Grup D

Di Grup D, Prancis yang mengantongi poin 6 dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Sementara tim nasional Denmark, Tunisia, dan Australia masih berpeluang menemani tim nasional Prancis ke babak berikutnya.

Australia yang memiliki poin 3 perlu menang saat melawan Denmark di partai terakhir babak kualifikasi grup. Tim ini bisa saja lolos ke babak selanjutnya meskipun imbang melawan Denmark jika pertandingan antara Prancis dan Tunisia berakhir seri.
Jika Australia kalah, Denmark akan menjadi negara yang lolos ke babak selanjutnya apabila Prancis berhasil mengalahkan Tunisia.

Sementara itu, Tunisia dapat lolos ke tahapan selanjutnya jika berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 1 – 0 saja, dan pertandingan antara Australia melawan Denmark berhasil imbang tanpa gol. Saat ini, Australia yang menempati posisi memiliki selisih gol -2 dengan poin 3.
 

Grup E

Persaingan tiket ke babak 16 besar di Grup E juga masih ketat. Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman yang masing-masing memiliki poin 4, 3, 3, dan 1 masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya meskipun. Dalam pertandingan terakhir Grup E, Jepang akan berhadapan dengan Spanyol dan Kosta Rika akan berhadapan dengan Jerman.

Jepang dapat lolos ke babak selanjutnya jika menang melawan Spanyol, dan pertandingan antara Kosta Rika melawan Jerman dimenangkan oleh salah satunya. Sementara Spanyol dapat lolos jika menang atau seri melawan Jepang, dan pertandingan antara Kosta Rika melawan Jerman dimenangkan oleh salah satunya atau bahkan imbang.

Kosta Rika perlu meraih kemenangan untuk lolos di fase grup saat melawan Jerman, dan pertandingan antara Jepang melawan Spanyol dimenangkan oleh Spanyol atau keduanya imbang. Adapun, Jerman harus menang melawan Kosta Rika untuk lolos, dan pertandingan antara Spanyol melawan Jepang harus dimenangkan oleh Spanyol.
 

Grup F

Dari Grup F, tim nasional yang masih memiliki peluang ke babak selanjutnya adalah Maroko, Belgia, dan Kroasia yang masing-masing memliki poin 4, 3, dan 4. Sementara Kanada yang memiliki nilai 0 sudah tidak lagi memiliki harapan. Di pertandingan terakhir grup F, Kroasia akan melawan Belgia. Sementara itu, Kanada akan melawan Maroko.

Maroko perlu memperoleh kemenangan dari Kanada agar lolos dari fase kualifikasi grup, dan di sisi lain pertandingan antara Kroasia melawan Belgia harus dimenangkan oleh salah satunya atau imbang. Belgia dapat lolos ke tahap selanjutnya jika berhasil menang dari Kroasia, dan pertandingan antara Kanada melawan Maroko dimenangkan oleh salah satunya atau imbang.

Kroasia memiliki peluang untuk lolos apabila menang dari Belgia, dan pertandingan antara Kanada dan Maroko dimenangkan oleh salah satunya atau imbang. 
 

Grup G

Situasi di Grup G, tim nasional Brasil sudah memastikan lolos ke tahapan selanjutnya. Sementara Swiss, Kamerun, dan Serbia yang memiliki poin 3, 1, dan 1 masih berpeluang menemani Brazil ke tahapan selanjutnya. Pertandingan terakhir grup akan mempertemukan Serbia melawan Swiss dan Kamerun melawan Brazil.

Swiss dapat lolos dari fase grup jika menang melawan Serbia meskipun di pertandingan lain Kamerun Berhasil menang melawan Brasil.

Sementara Serbia dapat lolos ke babak selanjutnya jika menang dari Swiss, dan di pertandingan antara Kamerun dan Brasil dimenangkan oleh Brasil atau imbang. Sementara jika Kamerun juga menang, yang lolos antara Serbia dan Kamerun yang sama-sama memiliki poin 4 akan ditentukan dari selisih gol. 


Grup H

Di Grup H, tim nasional Portugal adalah tim yang sudah memastikan lolos ke babak selanjutnya. Sementara tiga tim lainnya, yakni Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay masih berpeluang lolos menemani Portugal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan terakhir grup H akan mempertemukan Korea Selatan melawan Portugal dan Ghana melawan Uruguay.
Ghana yang mengantongi poin 3 dapat lolos jika berhasil mengalahkan Uruguay, dan di pertandingan lainnya antara Korea Selatan dan Portugal dimenangkan oleh salah satunya atau seri.

Korea Selatan yang memiliki poin 1 dapat lolos jika menang melawan Portugal, dan di pertandingan lainnya antara Ghana dan Uruguay dimenangkan oleh Urugay atau imbang. Jika Uruguay menang terhadap Ghana, Uruguay dan Korea Selatan akan sama-sama mengantongi poin 4, dan yang lolos akan dilihat dari selisih gol. 

Baca juga: Daftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Hariani Santiko Raih Penghargaan Sang Hyang Kamahayanikan Award di BWCF 2022

BERIKUTNYA

Pratinjau Pertandingan Belanda vs Qatar, Laga Krusial di Grup A Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: