Stadion-stadion yang digunakan untuk Piala Dunia Qatar 2022 (Sumber gambar - Qatar2022.qa)

Penampakan 8 Stadion yang Digunakan di Piala Dunia Qatar 2022, Mewah dan Canggih

20 November 2022   |   12:21 WIB

Piala Dunia 2022 akan digelar di delapan stadion megah bertaraf internasional di Qatar. Delapan stadion itu tersebar di lima kota besar Negara Teluk tersebut dengan berbagai fasilitas memadai.  Adapun Kota Al Rayyan menjadi penyumbang terbanyak stadion untuk ajang sepak bola sejagat itu.

Pada turnamen kali ini stadion Piala Dunia 2022 juga akan berbeda dengan gelaran-gelaran sebelumnya. Pasalnya teknologi yang digunakan juga semakin canggih menyusul lokasi acara  di Timur Tengah yang tentunya membutuhkan cara khusus untuk menyikapi hawa panas di sana.

Baca juga: Jadwal Opening Ceremony Piala Dunia Qatar 2022, Ada Jungkook BTS hingga Black Eyed Peas

Berlangsung dari 20 November- 18 Desember 2022 stadion-stadion itu akan menjadi tempat berlaganya 32 tim dalam 64 pertandingan ajang Piala Dunia selama 30 hari ke depan. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut profil delapan stadion megah Piala Dunia 2022.
 

1.  Stadion Al Bayt

Mulai dibangun 2014 dan selesai pada 2021, Stadion Al Bayt terletak di kota Al Khor, Qatar. Stadion berkapasitas 60 ribu penonton ini akan menjadi tempat pembukaan Piala Dunia 2022 dan ajang pertandingan Qatar Vs Ekuador pada Minggu, (20/11) pukul 23.00 WIB.

Fitur canggih dalam stadion ini adalah atap yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan selama pertandingan berlangsung. Ada juga hotel bintang lima dengan pemandangan langsung ke dalam lapangan, dan beberapa fasilitas mewah lain seperti ruang rapat, dan tempat latihan di dalam gedung.
 
 

2. Stadion Lusail

Terletak di Kota Lusail atau sekitar 20 km dari Doha, stadion ini menjadi arena Piala Dunia 2022 dengan kapasitas terbesar. Stadion bernama lengkap Lusail Iconic Stadium ini diklaim bisa menampung sebanyak 80.000 penonton.

Dibangun pada 2017 stadion Lusail didukung dengan  fasilitas pendingin bertenaga surya, sehingga tidak meninggalkan jejak emisi karbon. Laman Qatar 2022 menulis, pasca Piala 2022 stadion ini juga kan diubah menjadi ruang komunitas sekolah, toko, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan.


3. Stadion Ahmad bin Ali

Stadion ini terletak di Kota Umm Al Afaei, salah satu kota paling bersejarah di Qatar sekaligus markas klub Al Rayyan FC. Stadion yang dibangun pada 2003 ini sempat dirobohkan dan untuk meningkatkan kapasitas penonton dalam ajang Piala Dunia 2022 dari 20 ribu menjadi 40 ribu kursi.

Desain stadion juga dibangun dengan pendekatan aspek budaya dan tradisi lokal. Fasad yang rumit mencerminkan gelombang bukit pasir, dan pola geometris yang rumit mencerminkan keindahan gurun. Salah satu keunikan sadion ini adalah bagian eksteriornya yang bisa menyala warna-warni.
 
 

4. Stadion Al Janoub

Stadion Al Janoub terletak di kota selatan Al Wakrah, salah satu daerah tertua dan bersejarah di Qatar. Arena ini direnovasi besar-besaran setelah terpilih menjadi salah satu stadion Piala Dunia 2022, dengan meningkatkan kapasitas kursi penonton. 

Desain stadion terinspirasi dari layar dhow, perahu  tradisional masyarakat Qatar serta bentuk penghormatan terhadap dan penyelaman mutiara di Al Wakrah. Setelah Piala Dunia 2022 bergulir separuh kapasitas kursi juga akan disumbangkan ke proyek olahraga lain, atau negara yang membutuhkan.
 
 

5. Stadion Al Thumama

Selesai dibangun pada 2021, Stadion Al Thumama mengambil inspirasi desain dari ghafiya, topi tenun tradisional yang digunakan pria dan anak laki-laki di Qatar. Stadion yang berlokasi dekat dengan Bandara Internasional Hamad ini memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton.

Sepintas eksterior stadion ini berwarna putih cemerlang dengan bagian menonjol lapangan di tenghanya yang kehijauan. Separuh kapasitas kursidari stadion ini nantinya juga bisa dilepas dan akan disumbangkan ke negara yang membutuhkan.
 
 

6. Stadion Education City

Stadion Education City terletak di Al Rayyan atau sekitar 7 Km dari Kota Doha. Lokasi arena ini juga dikelilingi beberapa universitas yang menjadi dasar penamaan lapangan berkapasitas 40 ribu penonton itu. Stadion ini juga dibangun dengan desai ramah lingkungan.

Seperti stadion yang lain, awalnya Education City hanya dipakai untuk kompetisi antar kampus dan hanya memiliki kapasitas 25 ribu orang. Tapi, setelah ditunjuk menjadi salah satu venue Piala Dunia, renovasi besar-besarann dilakukan dengan pendekatan bangunan arsitektur Islam tradisional.
 
 

7. Stadion Internasional Khalifa

Stadion yang terletak di Kota Aspire, atau sekitar 5 Km dari Kota Doha ini merupakan stadion tertua dari stadion yang lain. Berdiri pada 1976, arena ini juga memiliki sejarah sebagai ajang Asian Games pada 2006 hingga direnovasi besar-besaran untuk ajang Piala Dunia.

Stadion ini didesain dengan konsep multicabang untuk menjadi arena laga tanding olahraga lain. Selain itu, arsitek juga memasang semacam kanopi lebar untuk melengkapi sistem pendingin agar para pemain dan penonton merasa nyaman selama pertandingan berlangsung.

 
 

8. Stadion 974

Sesuai namanya, stadion yang terletak di Kota Doha ini dibangun dari sebanyak 974 kontainer peti kemas yang tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri para penggemar sepak bola dunia. Selain itu 974 sendiri adalah nomor kode panggilan internasional untuk Qatar. 

Sebelumnya stadion yang berdekatan area pelabuhan ini memiliki nama Ras Abu Aboud Stadium, tapi akhirnya diganti fdengan 974. Di stadion ini para penonton Piala Dunia 2022 juga akan disuguhi pemandangan lanskap kota pesisir Doha dengan angin laut yang berhembus dari Teluk Arab.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar
 


Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

Putar Otak Agar Bisa Bertahan & Dilirik Klien (3)

BERIKUTNYA

Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar: Jadwal, Musisi & Platform untuk Nonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: