PT KCI melakukan rekayasa perjalanan kereta imbas dari KRL yang anjlok di Kampung Bandan, Jakarta (Sumber gambar: Fachry Hadid)

Cek Rekayasa Operasional Kereta Imbas KRL Anjlok di Kampung Bandan

27 November 2022   |   14:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada informasi penting nih bagi para pengguna kereta. PT Kereta Commuter Indonesia menyatakan bahwa petugas dari KCI dan KAI Daop 1 Jakarta telah mengevakuasi seluruh rangkaian kereta rel listrik bernomor KA 5144C rute Kampung Bandan-Manggarai, yang anjlok belum lama ini. 

Untuk itu, saat ini petugas masih melakukan pemeriksaan dan perbaikan prasarana persinyalan serta listrik aliran atas. Kondisi ini membuat perusahaan melakukan rekayasa operasional. Jadi, Genhype yang ingin bepergian dengan kereta rel listrik hari ini, (27/11) perlu menyesuaikan dan merencanakan kembali perjalanan dengan pola operasi yang telah disesuaikan ya. 

Baca jugaYuk Intip Teknologi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Anne Purba, VP Corporate Secretary PT KCI menuturkan bahwa operasional kereta rel listrik mencapai 1.051 perjalanan dengan ada rekayasa yang dilakukan akibat KRL 5144C mengalami anjlok. Dia menyebut rekayasa ini dilakukan untuk memastikan keamanan perjalanan kereta, dan memaksimalkan perbaikan prasarana perkeretaapian. 

Menurutnya, peristiwa KRL bernomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan, Jakarta, telah berhasil dievakuasi oleh tim petugas gabungan pada pukul 05.58 WIB. Adapun, berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang rekayasa operasi KRL yang terjadi pada hari ini, Minggu (27/11).

Pertama adalah perjalanan kereta rel listrik lintas Bekasi melalui Stasiun Pasar Sene hanya sampai Stasiun Pasar Senen atau Kemayoran dan akan kembali menuju Stasiun Bekasi/ Cikarang.

Kedua adalah perjalanan kereta rel listrik lintas Bekasi yang melalui Stasiun Manggarai akan hanya sampai Stasiun Angke atau Stasiun Duri, dan akan kembali lagi menuju Stasiun Bekasi atau Stasiun Cikarang.

Ketiga adalah perjalanan kereta rel listrik di lintas lainnya berjalan normal, dan tidak terpengaruh dengan rekayasa pola operasi.
 

Pengguna KRL Tumbuh 

Untuk diketahui, pengguna kereta rel listrik terus mengalami pertumbuhan. Dilansir dari laman resmi KRL, terdapat lebih dari 154 juta orang yang menggunakan moda transportasi berbasis rel ini sepanjang 2022. PT KCI memiliki 1.196 unit KRL yang beroperasi melayani 80 stasiun di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan jangkauan rute mencapai 418,5 kilometer.

Selain KRL, perusahaan juga tercatat mengoperasikan kereta api lokal di wilayah Daop 1 Jakarta dan Daop 6 Yogyakarta mulai 1 Oktober 2020. Kereta api yang dikelola oleh perusahaan adalah kereta api lokal relasi Rangkasbitung – Merak pulang dan pergi di Wilayah Daop 1 Jakarta. Kemudian juga Kereta Api Prambanan Ekspres relasi Kutoarjo – Yogyakarta – Solo Balapan pulang dan pergi di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Bersamaan dengan keluarnya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 yang berlaku per 10 Februari 2021, KCI mengoperasikan KRL relasi Yogyakarta-Solo Balapan pp dan KA Prambanan Ekspres Yogyakarta-Kutoarjo pp. Presiden Joko Widodo secara resmi mengoperasikan layanan KRL pertama kali diluar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tengarang, dan Bekasi tersebut pada 1 Maret 2021.

Baca jugaIni Tempat Liburan Murah Dekat Stasiun KRL Commuterline

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Update Top Skor Piala Dunia 2022, Lionel Messi Belum Bisa Kejar Mbappe & Enner

BERIKUTNYA

3 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Furnitur Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: