Ilustrasi interior (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Tima Miroshnichenko)

3 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Furnitur Online

27 November 2022   |   16:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Melakukan pembelian barang secara daring atau online kerap menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat pada saat ini, dari makanan, minuman, pakaian, kebutuhan masak, sampai dengan membeli furnitur.

Furnitur juga merupakan salah satu barang yang kini dijajakan di sejumlah platform dagang elektronik umum. Tidak hanya itu, beberapa pihak juga membuat platform dagang elektronik yang khusus menjual barang-barang furnitur dari kursi, meja, lemari, sofa, dan sebagainya.

Ada beragam keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh kalian saat melakukan pembelian furnitur secara daring. Potongan harga menjadi salah satu keuntungan yang kerap didapatkan. Sementara barang cacat adalah kerugian yang juga kerap dialami pembeli.

Baca juga: Ini Lho Kiat Memilih Furnitur Ramah Lingkungan

Bagi kalian yang ingin membeli furnitur daring, berikut beberapa tip yang dihimpun dari berbagai sumber:


1. Tentukan furnitur yang akan dibeli

Saat hendak membeli furnitur secara daring, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetahui furnitur apa yang akan dibeli. Jika kalian ingin membeli meja, maka pastikan meja seperti apa yang akan kalian beli.

Apakah meja itu akan sesuai dengan kebutuhan di dalam rumah. Jangan lupa juga untuk mengukur luas ruang tempat meja akan dibeli, dan pastikan ukuran meja yang cocok di ruang tersebut.

Tidak hanya itu, pastikan juga seperti apa warna meja yang akan dipilih, bentuk meja, sampai dengan bahan meja. Ada beragam meja dengan beragam bahan yang dapat kalian temukan di platform dagang elektronik.

Selain itu, tentukan juga budget yang dimiliki untuk membeli meja melalui platform digital dagang elektronik.


2. Platform Dagang Elektronik & Penjual

Setelah menentukan furnitur seperti apa yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah dengan memilih platform daring untuk membeli furnitur yang dibutuhkan. Kalian bisa membeli platform umum yang juga memiliki kategori rumah tangga di mana di dalamnya ada beragam produk furnitur.

Kalian juga dapat membeli furnitur di platform daring yang khusus menjual beragam furnitur yang dibutuhkan. Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi laman sejumlah penjual furnitur, dan membelinya secara daring.

Jika kalian membeli di platform digital dagang elektronik umum, pastikan rating penjual, sejarah penjualan, dan teliti dengan beragam persyaratan yang mungkin diberikan. Beberapa di antaranya belum memasukkan tarif ongkos kirim.

Tidak hanya itu, teliti juga mengenai bahan furnitur yang akan dibeli. Apakah sudah sesuai dengan yang dibutuhkan di awal sebelum akan membeli furnitur atau tidak. Saat membeli daring, kalian tidak bisa merasakan atau menyentuh langsung furnitur yang akan kalian beli. 


3. Asuransi

Furnitur bukan seperti pakaian atau pun sepatu yang dapat dengan mudah diangkut dan disimpan. Proses pengiriman yang tidak bisa kita pantau langsung sering kali jadi kelemahan membeli furnitur daring. Barang berisiko penyok atau bahkan hancur saat di perjalanan menuju konsumen.

Jadi, pastikan furnitur yang kalian beli memiliki asuransi – termasuk saat barang mengalami kondisi yang menyebabkan furnitur menjadi tidak sesuai dengan kondisi awal karena pengiriman.

Tidak hanya itu, asuransi ini juga untuk memastikan bahwa kalian dapat mengembalikan barang jika tidak sesuai dengan pesanan atau mengalami pengerjaan yang tidak sempurna.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Rekayasa Operasional Kereta Imbas KRL Anjlok di Kampung Bandan

BERIKUTNYA

Intip 4 Pertemuan Terakhir Jepang vs Kosta Rika, Skuad Samurai Biru Selalu Pesta Gol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: