beragam tempat liburan dapat ditemukan tidak jauh dari stasiun krl commuterline (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Fabrizio Verrecchia)

Ini Tempat Liburan Murah Dekat Stasiun KRL Commuterline

30 October 2022   |   10:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Liburan tidak selalu harus mahal dan jauh-jauh lantaran esensi utama liburan adalah penyegaran, menghilangkan sejenak kepenatan selepas bekerja selama sepekan penuh. Bagi kalian yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, bahkan Rangkasbitung, liburan murah bisa dinikmati di tempat-tempat yang dekat dengan stasiun commuterline.

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline merupakan moda transportasi yang kerap digunakan oleh banyak orang pada saat ini,  karena tarifnya yang relatif terjangkau. Tidak hanya itu, di sekitar stasiun commuterline juga terdapat tempat untuk refreshing yang bisa membuat pikiran tenang dan tubuh segar kembali.

Baca juga: 3 Destinasi Taman untuk Berakhir Pekan di Jakarta Barat

Berikut tempat-tempat liburan murah meriah di sekitar stasiun KRL.


1. Kawasan Kota Tua.

Jarak Kota Tua dengan stasiun KRL tidak lah jauh lantaran masih tergolong dalam satu kesatuan kawasan Kota Tua. Di tempat ini, terdapat stasiun commuterline Kota Tua yang dapat menjadi tempat pemberhentian buat kalian yang ingin menikmati suasana di kawasan yang penuh dengan sejarah ini.

Di kawasan Kota Tua, ada berbagai kegiatan yang dapat kalian lakukan seperti bermain sepeda, menikmati kuliner, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sejumlah museum seperti Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Sejarah Jakarta.

Di Museum Wayang, kalian dapat mengetahui khazanah wayang dari berbagai daerah di Indonesia. Sementara itu, di Museum Seni Rupa dan Keramik, kalian dapat menikmati karya-karya lukisan dari para maestro Indonesia.

Adapun, di Museum Sejarah Jakarta, kalian dapat menikmati benda-benda bersejarah seperti prasasti atau benda-benda bersejarah lainnya seperti Meriam Cirebon.


2. Tebet Eco Park.

Tebet Eco Park adalah tempat lainnya yang dapat kalian kunjungi dengan KRL Commuterline lantaran tempat ini tidak jauh dari Stasiun Cawang dan Stasiun Tebet.

Sebagaimana dilansir dari laman tebetecopark.id, Tebet Eco Park merupakan taman kota yang didedikasikan untuk masyarakat dan lingkungan. Taman ini memiliki luas 7,3 hektare dengan mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi, dan rekreasi.

Terbagi menjadi delapan zona, Tebet Eco Park diklaim sebagai ekosistem yang membuat interaksi terjadi atara manusia dan alam.
 

3. Taman Ismail Marzuki.

Tempat lainnya yang dapat menjadi destinasi bagi kalian untuk menikmati liburan adalah Taman Ismail Marzuki. Untuk ke tempat ini, kalian bisa berhenti di Stasiun Cikini, dan cukup berjalan kaki sejenak untuk mencapai ruang bagi para seniman di Jakarta itu.

Di tempat ini, biasanya terdapat sejumlah aktivitas seru seperti pameran karya seni dan pegelaran seni lainnya. Cara liburan di sini cukup mengasyikkan lantaran kalian bisa menikmati karya seni yang dipamerkan di area yang baru saja direvitalisasi ini.


4. Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor juga merupakan destinasi liburan murah yang dapat diakses dengan menggunakan KRL Commuterline dan berhenti di Stasiun Bogor.

Jarak antara Stasiun Bogor ke pintu masuk kebun raya bogor hanya 3,3 kilometer. Kalian bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau dengan angkuta kota yang banyak berlalu lalang di sekitar stasiun.

Baca juga: Jadi Simpul Literasi di Jakarta, Ini Wajah Baru Taman Literasi Martha Christina Tiahahu

Di kebun yang menjadi hutan kota ini, kalian dapat menikmati alam yang masih asri dan tentunya berbagai tumbuhan dan tanaman langka, mengingat Kebun Raya Bogor adalah sebuah tempat konservasi.

DI area ini, kalian juga dapat menjumpai ribuan rusa alias uncal yang dilepas bebas di taman rumput hijau yang menjadi area Istana Kepresidenan di Bogor ini. Jika datang bersama anak-anak, di sini dapat memberikan makan rusa-rusa tersebut dengan wortel yang banyak dijajakan warga lokal di kawasan tersebut.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu

BERIKUTNYA

Disney Umumkan Karakter Utama Plus Sized Pertama Bernama Bianca dalam Film Pendek Reflect

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: