Salah satu tolok ukur popularitas museum adalah banyaknya jumlah kunjungan wisatawan. Ilustrasi museum seni (sumber gambar Unsplash/Diogo Fagundes)

5 Museum Seni Terkenal di Dunia, Dikunjungi Jutaan Wisatawan Tiap Tahunnya

26 November 2022   |   19:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa museum seni di negara maju telah menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Selain karena desain bangunannya yang ikonik, sejumlah museum di sana menyimpan berbagai koleksi seni langka milik para seniman dunia. Tak heran bila museum tersebut selalu ramai didatangi oleh traveler. 

Salah satu tolok ukur popularitas museum adalah banyaknya jumlah kunjungan wisatawan yang memasuki tempat tersebut. Dilansir dari The Art Newspaper secara keseluruhan jumlah pengunjung museum di dunia memang terus mengalami peningkatan.

Baca juga: Dekat dengan Keseharian, Pameran Tunggal Seniman Naufal Abshar Digelar di Pusat Perbelanjaan

Pada 2021, jumlah pengunjung 100 museum paling populer di dunia menurut majalah tersebut mencapai lebih dari 71 juta orang. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan 2020 yang hanya mencapai 54 juta.

Namun, rekor tertinggi kunjungan museum terbaik di dunia terjadi pada 2019, atau sebelum pandemi berlangsung. Pada waktu itu jumlah pengunjung 100 museum terbaik mencapai 230 juta orang. Nah, bagi yang penasaran berikut adalah 10 museum terkenal di dunia berdasarkan jumlah kunjungan tersebut. 
 

1. Museum Louvre, Prancis

Paris selain terkenal dengan menara Eiffel-nya juga menyimpan destinasi ikon terkenal lain, yaitu Museum Louvre. Museum ini memiliki ribuan koleksi, termasuk lukisan Mona Lisa karya Da Vinci, The Raft of The Medusa karya Gericault,  hingga Liberty Leading the People karya Eugène Delacroix.

Total pengunjung museum ini pada 2021 mencapai 2,82 juta atau naik 5 persen bila dibandingkan 2020. Selain koleksi langka, beberapa alasan yang menjadikan museum ini ramai dikunjungi wisatawan adalah karena bentuk bangunannya yang unik seperti piramida dengan spot-spot foto yang instagramable.
 
 


2. State Russian Museum, Rusia

Dirangkum dari laman resminya, museum terbesar di Rusia ini memiliki lebih dari 400.000 koleksi yang mencakup semua periode dan tren utama dalam sejarah seni di negeri Beruang Merah dari abad ke-10 hingga sekarang.

Total pengunjung di museum ini mencapai 2,26 juta pada 2021, atau naik 88 persen dibanding tahun sebelumnya. Koleksi terkenal di museum ini adalah potret Yevgraf Vladimirovich Davydov, karya Oprest Kiprensky, The last Day of Pompeii karya KarlBryullov, dan Holly Rusia, karya Mikhail Nstrov.
 
 
 

3. Multimedia Art Museum, Rusia

Museum yang terletak di Moskow ini merupakan salah satu galeri seni kontemporer di dunia. Museum yang dibuka pada 2010 ini memang sengaja dibangun untuk pengembangan seni aktual yang terkait dengan teknologi multimedia baru.

Jumlah pengunjung museum ini mencapai 2,24 juta orang pada 2021. Selain menampilkan ribuan koleksi karya seni, museum ini juga menyimpan karya-karya fotografer terkenal di Rusia. Pada akhir pekan museum biasanya membuka studo seni, dan tur khusus bagi anak-anak untuk mengenalkan koleksi mereka.


4. Metropolitan Museum of Art, New York

Dibuka sejak 1870, museum ini merupakan lokasi penggalangan dana para pesohor papan atas dunia yang bernama Metropolitan Museum of Art's Costume Institute Gala. Tempat yang dikenal dengan nama Met Museum ini desain bangunan tambahannya juga dibuat oleh arsitek kenamaan Kevin Roche.

Jumlah pengunjung di museum ini pada 2021 mencapai 1,95 juta orang. Koleksi di museum ini juga beragam. Beberapa yang terkenal adalah lukisan Autumn Rhythm (Number 30) karya Jackson Pollock, Composition karya Piet Mondrian, hingga The Ballet Class karya Edgar Degas.
 
 
 

5. National Gallery of Art, Amerika Serikat

Terletak di Washington DC, Amerika Serikat museum yang berdiri pada 1937 ini memiliki ratusan ribu koleksi perkembangan seni rupa barat dari abad pertengahan hingga sekarang. Jumlah pengunjung museum ini mencapai 1,7 juta orang pada 2021, atau mengalami kenaikan 133 persen bila dibandingkan pada 2020.

Beberapa karya terkenal di museum ini yang dapat dinikmati termasuk La condition humaine karya René Magritte, Number 1, 1950 (Lavender Mist) karya Jackson Pollock, hingga The Skater karya pelukis potret masyhur Gilbert Stuart.

Baca juga: Daftar 5 Universitas Seni Terbaik di Dunia
 
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mau Traveling ke Wakatobi? Jangan Lupa Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini 

BERIKUTNYA

Mengenal Desain Interior Zen dan Cara Menghadirkannya di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: