Suasana di Wakatobi (sumber gambar Unsplash/Muh Mulyadi)

Mau Traveling ke Wakatobi? Jangan Lupa Kunjungi 5 Destinasi Wisata Ini 

26 November 2022   |   18:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki segudang destinasi wisata yang tak pernah habis untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Wakatobi, sebuah kepingan surga di kabupaten Sulawesi Tenggara yang namanya telah mendunia. Deretan destinasi wisata di sini juga terkenal dengan julukan Caribbean van Celebes.

Nama Wakatobi adalah sebuah akronim dari jajaran utama pulau di sana, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Semua kepulauan itu masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi yang telah masuk sebagai salah satu cagar biosfer dunia.

Baca juga: Pantai Sumur Tiga, Pantai Elok di Pulau Weh

Dilansir dari laman pemerintah Kabupaten Wakatobi, kawasan tersebut merupakan surga bagi banyak biota laut yang beraneka ragam. Tak heran jika tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan memukau.

Selain itu, dengan pesona eksotismenya, Wakatobi juga menawarkan berbagai daya tarik lain yang pastinya  membuat Genhype enggan pulang saat sudah di sana. Apa sajakah itu? Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber yuk simak 5 destinasi wisata favoritnya dalam ulasan berikut.
 

1. Keindahan Taman Bawah Laut

Berbicara tentang Wakatobi, tak akan lengkap rasanya jika tak membahas keindahan alam bawah lautnya yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan, pada 2012, Taman Nasional Wakatobi telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu cagar biosfer dunia karena keanekaragaman biota lautnya.

Dengan luas 1,39 juta hektar, Taman Nasional Kepulauan Wakatobi setidaknya memiliki 50 titik selam untuk kegiatan snorkeling atau diving. Wakatobi juga memiliki 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang ada di dunia. Tak heran jika kepulauan ini dikenal sebagai surganya para penyelam.

Beberapa spot menyelam yang bisa dikunjungi termasuk Pantai Sombu dan Onemohute di Pulau Wangi-Wangi, Pulau Tomia, Pulau Binongko, dan Pulau Hoga di Kaledupa. Di sini Genhype juga akan disuguhi berbagai bentuk terumbu karang, mulai dari yang datar hingga berbentuk gua.


2. Atraksi Lumba-lumba di Pulau Kapota

Di kepulauan Wakatobi Genhype juga bisa menikmati atraksi wisata Dolphin Watching di sekitar Pulau Kapota. Dilansir dari laman Kemenparekraf untuk menuju destinasi wisata tersebut, kalian hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit dari Pulau Wangi-Wangi dengan menggunakan kapal.

Di sini Genhype akan disuguhi pemandangan berupa formasi kawanan lumba-lumba yang meliuk dan menari dengan bebas di lautan lepas. Momen tersebut juga dapat dinikmati setiap hari antara pukul 6.00 sampai 7.30 pagi waktu Indonesia tengah (WITA).


3. Hamparan Sabana Hijau di Puncak Khayangan

Selain menyediakan banyak spot diving, di Wakatobi kalian juga menikmati keindahan sabana di Puncak Khayangan. Lokasi destinasi ini terletak di bagian timur Pulau Tomia, yang puncaknya menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama keindahan alam wakatobi dari ketinggian. Tentu saja yang ditunggu-tungu adalah saat menyaksikan sunrise dan sunset.


4. Wisata Sejarah di Desa Liya Togo

Keindahan Wakatobi tak hanya dari pantainya, tapi juga dari bangunan rumah-rumah adat orang Buton di Desa Liya Togo di Pulau Wangi-Wangi. Di sini Genhype bisa menikmati keindahan arsitektur rumah adat Banua Tada yang berbentuk panggung dengan atap rumbia. Ada juga situs bangunan kayu yang biasa dijadikan tempat bermusyawarah masyarakat setempat, bernama Baruga.


5. Pesona Danau Sombano di Kaledupa

Di Wakatobi juga ada destinasi yang patut untuk dikunjungi yaitu Danau Sombano yang terletak di Pulau Kaledupa. Dikenal juga dengan nama Danau Akkua’a Nulumu di sini Genhype bisa menikmati jernihnya air dan melihat populasi udang merah yang unik.

Tak hanya itu, di danau ini kalian juga bisa melakukan aktivitas seru seperti naik kano sambil menikmati tumbuhan anggrek saat musim mekar yang banyak tumbuh di sekitar danau. Setelahnya tentu saja menikmati sajian kuliner khas di sana termasuk Kasuami, yaitu makanan dari bahan dasar singkong yang berbentuk seperti tumpeng.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik di Banda Neira, Bukan Cuma Pantai!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Manfaat Buah Menteng untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

BERIKUTNYA

5 Museum Seni Terkenal di Dunia, Dikunjungi Jutaan Wisatawan Tiap Tahunnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: