Sebagai sebuah ilmu, jurusan seni menawarkan cakupan studi yang lebih luas bila dibandingkan jurusan lain (sumber gambar Unsplash/ Wonderlane)

Daftar 5 Universitas Seni Terbaik di Dunia

15 November 2022   |   18:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Semua pelajar tentunya ingin melanjutkan kuliah di universitas impian dengan jurusan spesifik baik yang ada di Indonesia atau di luar negeri. Selain kedokteran, manajemen, dan sastra, salah satu jurusan yang relatif diminati oleh anak muda adalah seni.  

Sebagai sebuah ilmu, jurusan seni memang menawarkan cakupan studi yang lebih luas bila dibandingkan dengan jurusan lain. Dalam jurusan ini mahasiswa bisa belajar  berbagai cakupan ilmu, meliputi  humaniora, sejarah, filsafat, hingga estetika. 

Baca juga: Pengin Kuliah di Korea? Ini 5 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Tak hanya itu, mahasiswa lulusan seni juga memiliki peluang lebih besar di dunia kerja  dengan memanfaatkan kreatifitas mereka. Hal yang jamak ditemui adalah menjadi seniman, kurator, desainer, pelukis, dan masih banyak lagi peluang bagi lulusan jurusan tersebut.

Nah, bagi Genhype yang sedang mencari universitas seni,  berikut Hypeabis.id rangkumkan dari QS World University Ranking by Subject 2022: Art & Design  daftar 5 perguruan tinggi seni terbaik di dunia yang bisa  dijadikan rujukan  untuk melanjutkan kuliah.
 

1. Royal College of Art

Royal College of Art (RCA) berhasil mendapat peringkat pertama daftar universitas seni terbaik versi QS World University Rankings. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab RCA adalah satu-satunya institusi yang menyediakan program pascasarjana secara menyeluruh untuk bidang seni dan desain.   
 
 

Terletak di Kensington London, kampus ini juga didukung tenaga pengajar berkualitas dengan total 29 program termasuk seni, desain, komunikasi, arsitektur, hingga humaniora. Selain itu, RCA adalah salah universitas seni tertua di dunia yang melahirkan beberapa seniman terkenal seperti Ridley Scott, Tracey Emin, dan David Hockney.
 

2. University of the Arts London

Menduduki peringkat kedua, University of The Arts London merupakan kampus yang memberi kesempatan pelajar untuk berkreasi, meneliti, dan melakukan inovasi dalam bidang  akademik . Kampus ini juga didukung dengan tenaga pengajar yang mumpuni di bidangnya, meliputi seniman profesional, praktisi, hingga desainer dunia.
 
 


Masih terletak di daerah London, perguruan tinggi ini juga memiliki reputasi internasional di bidang seni, desain, komunikasi, mode, media hingga pertunjukan. Beberapa lulusan universitas ini yang terkenal a.l pelukis Lucian Freud, ilustrator Quentin Blake, hingga perancang busa Stella McCartney.
 

3. The New School

Berdiri sejak 1919 salah satu kampus paling populer di New York ini juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi idaman. Dikenal sebagai tempat cendekiawan dunia berkumpul, The New School juga memiliki program komprehensif untuk mendidik mahasiswanya agar tetap kreatif.
 
 



keunikan dari kampus ini adalah kombinasi antara sekolah  desain Parsons dan sekolah seni liberal Eugene Lang. Universitas ini juga sudah mencetak alumni-alumni terkenal seperti aktor Marlon Brando, desainer Marc Jacob, hingga drumer jazz Ali Jackson.   
 

4. Rhode Island School of Design (RISD)

RISD adalah salah satu kampus terbaik di Amerika Serikat. Kampus ini terletak di College Hill di Providene, Rhode Island. Beberapa jurusan yang populer dan diburu para pelajar di dunia adalah desain grafis, ilustrasi, dan desain industri. 
 
 



Tak hanya itu, kampus ini juga dilengkapi dengan fasilitas museum dengan koleksi lebih dari 86.000 karya seni. RISD juga memiliki perpustakaan yang menyimpan 90.000 koleksi buku dari berbagai genre. Jadi selain kuliah kalian juga bisa menikmati karya seni di museumnya setiap saat.
 

5. Politecnico di Milano

Berdiri sejak 1862, kampus Politecnico di Milano adalah salah satu sekolah arsitektur, desain, dan teknik terbesar di Italia. Setiap tahunnya kampus ini juga selalu berada di posisi peringkat 5 besar perguruan tinggi terbaik dunia untuk pendidikan akademik.
 
 


Politecnico di Milano juga menawarkan berbagai program pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris dengan tenaga pendidik profesional di bidangnya masing-masing. Fokus utama kampus ini selain seni juga pada sains, teknologi, dan inovasi.

Baca juga: Ekstrakurikuler & Kepemimpinan Jadi Kunci Penting Lolos Seleksi Kampus Luar Negeri

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Saint Loco Rayakan Dua Dekade Bermusik lewat Konser A Journey Back Home

BERIKUTNYA

Lee Joon-gi & Shin Se-kyung Gabung di Arthdal Chronicles Musim 2, Siap Tayang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: