Kris Wu, mantan member EXO yang divonis penjara. (Sumber gambar : media sosial Kris Wu)

Skandal Pemerkosaan, Eks Member EXO Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara & Deportasi

26 November 2022   |   07:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Lama tidak terdengar, mantan anggota boygroup asal Korea Selatan, Kris Wu atau Wu Yifan kini harus menghadapi jeruji besi. Dia baru saja dijatuhi hukuman 13 tahun penjara oleh Pengadilan Distrik Chaoyang, Beijing, pada Jumat (25/11/2022). 

Aktor dan penyanyi kelahiran Kanada-China ini sebelumnya ditangkap karena dicurigai melakukan pemerkosaan dan ditahan oleh polisi Beijing. Setelah investigasi, pengadilan Distrik Chaoyang memutuskan bahwa Kris Wu bersalah memperkosa tiga wanita antara November dan Desember 2020.

“Wu Yifan mengambil keuntungan dari tiga wanita mabuk di rumahnya,” tulis pernyataan Pengadilan Distrik Chaoyang di Beijing dikutip dari Soompi, Sabtu (26/11/2022).

Dia juga dinyatakan bersalah karena mengumpulkan massa untuk berhubungan dalam kegiatan promiscuous. Secara detail, pengadilan menjatuhkan hukuman 11,5 tahun untuk pemerkosaan dan 22 bulan untuk perilaku cabul. 

Baca jugaKris Wu Dituduh Perkosa 31 Perempuan, Para Korban Berikan Kesaksian di Media Sosial

Tidak hanya hukuman penjara, Kris Wu juga akan dideportasi dari Cina ke Kanada, tempat dia dibesarkan. Deportasi ini akan dilakukan setelah eks member EXO itu rampung menjalani hukumannya. "Keputusan ini dibuat sesuai dengan fakta, serta sifat, keadaan, dan konsekuensi berbahaya dari kejahatan,” bunyi pernyataan pengadilan dalam persidangan yang digelar tertutup. 

Dalam pengumuman terpisah, biro pajak juga mengumumkan bahwa Kris Wu telah diperintahkan untuk membayar 600 juta yuan atau sekitar US$83,6 juta untuk pelanggaran pajak, termasuk menyembunyikan pendapatan pribadi. Pihak berwenang menyatakan bahwa antara 2019 dan 2020, Kris Wu menghindari pajak sebesar 95 juta yuan atau sekitar US$13,3 dan pajak yang dibayar kurang dari 84 juta yuan atau setara US$11,7.

Kris Wu memulai debutnya melalui EXO pada 2012, tetapi dia meninggalkan grup pada 2014 karena masalah yang melibatkan kontraknya dengan SM Entertainment. Setelah arbitrase di pengadilan, SM Entertainment dan Kris Wu mencapai penyelesaian di mana kontraknya dengan SM Entertainment akan tetap berlaku sampai 2022, sesuai kontrak aslinya.

Lepas dari EXO, Wu Yifan memulai karier solo yang sukses sebagai model, penyanyi, dan aktor. Dia memiliki kesepakatan dukungan dengan lebih dari selusin merek domestik dan internasional terkemuka, termasuk Bulgari, Louis Vuitton, dan Porsche.


Awal Mula Tuduhan Pemerkosaan 


Namun demikian, karirnya runtuh ketika dia dituduh melakukan pemerkosaan terhadap 31 perempuan dan beberapa di antaranya merupakan perempuan di bawah umur. Hal ini diungkapkan oleh seorang perempuan bernama Du Meizhu, mantan kekasih dari Kris Wu, dalam sebuah wawancara bersama Wangyi dan NetEase. 

Dalam wawancara tersebut, dia mengklaim bahwa Kris Wu memerkosanya setelah membuatnya mabuk, lalu tidak pernah melakukan langkah keamanan preventif selama berhubungan seks, hingga modus yang digunakan idola tersebut dalam memilih para korbannya melalui acara fanmeet kecil di sebuah hotel. 

Du juga mengungkapkan bahwa setidaknya ada dua perempuan di bawah umur yang juga menjadi korban atas tindakan yang dilakukan Wu. Du juga membocorkan sejumlah bukti lain seperti percakapan dengan staf yang beredar secara daring di mana Du meminta kompensasi berupa uang sebesar 8 juta Yuan atau Rp17,9 miliar. Akan tetapi, hal tersebut ditolak dengan kesepakatan sebesar 2 juta Yuan atau Rp4,48 miliar.

Tuduhan ini sendiri tidak hanya datang dari remaja tersebut, tetapi juga datang dari salah satu mantan personil girl group SNH48 bernama Zhang Dansan. Dalam unggahan di media sosial Weibo miliknya, Zhang bercerita bahwa dia sempat berinteraksi dengan Wu dalam sebuah pesan pribadi.

Dalam percakapan tersebut, tampak Wu menanyakan sejumlah pertanyaan yang terkesan personal seperti pengalaman hubungan fisik dan menyebut pengalaman pertama perempuan adalah hal yang penting. Percakapan ini diduga membuka fakta bahwa Kris Wu mengincar perempuan yang baik dan masih perawan.

Temuan awal polisi atas tuduhan tersebut mengatakan korban telah mempermainkan cerita untuk meningkatkan popularitas online-nya. Ini memicu kemarahan para korban dan menimbulkan tuduhan bahwa pihak berwenang mempermalukan korban.

Hal ini membantu memperkuat tuduhan Du, membangun gelombang dukungan yang jarang terjadi di Tiongkok. Diketahui, perempuan sering dihalangi untuk melaporkan pelanggaran seksual, korban kekerasan dan pelecehan seksual sering menjadi sasaran pelecehan online dan bahkan dituntut karena pencemaran nama baik .

“Hari ini akhirnya tiba. Saya sangat berterima kasih atas sistem hukum China yang tidak menyayangkan penjahat, bahkan jika dia adalah bintang besar,” tulis Ms. Du di platform media sosial Weibo setelah hukuman penjara diumumkan.

Baca jugaPorsche & Louis Vuitton Ikut Putus Kontrak dengan Kris Wu Paska Skandal Pemerkosaan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk Kenalan dengan the New K-Pop It Girl, Haerin NewJeans

BERIKUTNYA

Kakek Tua Squid Game Oh Young Soo Didakwa Lakukan Pelecehan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: