Ilustrasi meditasi yang bisa menenangkan jiwa. (Sumber gambar : Erik Brolin/Unsplash)

Begini Cara Meditasi Spirit, Self Healing yang Bikin Hidup Lebih Produktif

25 November 2022   |   11:14 WIB

Meditasi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Sejenak melepas aktivitas dan terdiam memusatkan perhatian pada diri sendiri selama beberapa waktu ini, juga bisa membuat kita lebih produktif, bahkan memperbaiki kualitas tidur lho, Genhype. 

Dari sekian banyak metode, meditasi spirit mungkin menjadi opsi yang bisa kamu pilih untuk mencapai ketenangan jiwa dan meningkatkan produktivitas. Dikembangkan Guru Besar Universitas Udayana Prof. Ni Luh Ketut Suryani meditasi ini membantu kita untuk menggunakan spirit, roh, atau atma yang ada di dalam tubuh. 

“Selama ini kita hanya gunakan main body. Kalau bisa gunakan spirit dalam keseharian, kita tidak akan mengeluh, tidak merasakan capek,” ungkapnya dalam Borobudur Writers & Cultural Festival 2022 yang digelar secara virtual, Jumat (25/11/2022).

Baca juga7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Suryani menyebut ketika kita bisa menggunakan spirit, seseorang akan merasa lebih nyaman dalam menjalani hidup. “Dengan spirit, tidak ada rasa dendam, marah. Kalau masih gunakan mind (pikiran/otak) kita masih bisa gunakan perasaan menerima atau tidak menerima,” imbuhnya.

Buat kamu yang penasaran, berikut ini beberapa fakta dan manfaat dari metode meditasi spirit yang dirangkum Hypeabis.id


1. Waktu tidur singkat namun berkualitas

Suryani menjelaskan ketika menggunakan pikiran, maka kehidupan seseorang akan terlatih untuk tidur 8-10 jam guna memperbaiki kondisi tubuh. Namun demikian, jika kamu dapat menggunakan spirit, tidur bisa berkualitas walaupun dalam waktu singkat, serta menjadi lebih produktif.

“Normalnya kedokteran tidur 8-10 jam. Kalau tidur seperti itu, kita tidak bisa melakukan apapun. Dengan meditasi spirit, tidak memandang berapa jam kita tidur. Bisa 1-3 jam, yang penting nyenyak,” ujarnya. 

Untuk mencapai hal tersebut, memang butuh latihan. Tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat. Seperti belajar, menurutnya semua butuh proses secara bertahap. Mereka yang berhasil yakni yang mampu menerima perubahan dari apa yang sedang dipelajari.

Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, bisa dibantu dengan relaksasi. Berbeda dengan meditasi spiritual yang digunakan untuk memusatkan perhatian dan menemukan spirit, relaksasi melatih kamu untuk tidur dan melepaskan kelelahan. 

“Meditasi itu menggunakan spirit untuk kerja. Relaksasi untuk sembuhkan diri, istirahat. 10 menit saja bisa tidur lelap sama dengan tidur 1-3 jam,” jelas Suryani.

Dia juga mengimbau apabila tubuh sudah memberi sinyal mengantuk pada malam hari, sebaiknya segera tidur. Jangan memaksakan diri untuk tetap terjaga karena dapat merusak tubuh. 


2. Lebih produktif

Menurut Suryani, apabila sudah bisa memahami penggunaan spirit, hidup akan terasa sangat luas dan banyak waktu yang bisa kita manfaatkan. Sekalipun harus mengetik tulisan untuk membuat buku sampai pagi.

“Kalau mempelajari spirit, tidak ada lagi ‘maaf saya repot tidak ada waktu’, banyak waktu yang bisa digunakan,” imbuhnya.

Ide pun bisa dengan mudah muncul ketika sudah bisa berlatih menggunakan spirit melalui meditasi. Sekalipun berada di tempat ramai, kalian bisa berkonsentrasi dan menemukan ide dengan cepat.


3. Bisa lebih tenang dan jadi media self healing

Suryani menyebut perasaan tenang akan muncul usai melakukan meditasi spiritual. Jika dilatih terus menerus, kamu akan menjadi orang yang lebih tenang karena dapat menerima perubahan apapun yang terjadi dalam kehidupan. “Dengan menerima kita tidak akan tertekan,” tuturnya. 

Kita pun tidak akan sibuk mengurus hal lain-lain ran dapat menggunakan pikiran untuk sesuatu yang lebih produktif dan akhirnya mencapai kebahagiaan.

Baca jugaIni 5 Manfaat Meditasi Pernapasan, Bukan Sekadar Duduk Diam!

Selain itu, dengan menggunakan spirit atau roh, Suryani berpendapat bisa mempercepat proses untuk memperbaiki tubuh. "Kita bisa belajar untuk mengatasi rasa marah atau jengkel terhadap orang lain. Self healing untuk diri,” sebutnya. 

Metode ini pun digunakan Suryani untuk mengobati trauma anak-anak yang menjadi korban dari bom Bali. Dia menerangkan ratusan anak kala itu mengalami trauma yang cukup dalam akibat kejadian ini. Oleh karena itu, dia mencoba melepaskan trauma tersebut dengan spiritual hipnosis.

Suryani menerangkan gangguan jiwa biasanya terjadi karena trauma. Adapun trauma dibuat dalam kandungan hingga dibesarkan 10 tahun pertama. “Oleh karena itu saya gunakan konsep dalam menangani gangguan jiwa,” sebut pendiri Suryani Institute for Mental Health ini. 


4. Bisa memahami karakter orang melalui pandangan mata

Suryani menyampaikan dengan belajar menggunakan spirit melalui meditasi, kita bisa berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan kata. Cukup dengan pandangan mata yang menjadi radar, bisa melihat apakah orang tersebut memiliki niat baik atau jahat. 

“Kita bisa merasakan orang lewat mata. Tidak perlu tanya apakah anda senang saya. Kita punya radar, mata kita akan menembus orang itu,” jelasnya. 

Kemampuan ini disebut sangat efektif dalam memilih pasangan. Tidak perlu berbicara panjang lebar atau rayuan, kalian bisa merasakannya dengan hati dalam satu kali pandangan.


5. Cara meditasi spiritual

Untuk melakukan meditasi ini, mulai dari duduk bersila di lantai atau tempat yag membuat nyaman. Duduk dalam keadaan tegak namun mengatur otot lebih rileks dengan keadaan tangan menyatu di sekitar pangkal paha dan menghadap ke atas. 

Baca juga8 Rekomendasi Tempat Meditasi di Jakarta, Cocok Buat Mengusir Stres

Pejamkan mata dan biarkan pandangan mata lurus walau dalam kondisi tertutup. Pusatkan perhatian pada hidung. Rasakan napas masuk dan keluar melalui hidung. Tidak perlu mengatur napas, biarkan berjalan secara alami sampai napas tidak terasa sudah berjalan lambat yang menandakan tubuh rileks. 

Lakukan selama 10-15 menit pada pagi dan sore. “Kalau lebih dari 15 menit, kamu mungkin melamun. Hidup kita bukan untuk meditasi, hidup kita untuk kerja,” tegas Suryani. 

Editor:  Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Tak Lagi Identik Wanita, Ini Alasan Pria Mulai Rutin Pakai Skincare

BERIKUTNYA

Resep Nasi Ulam yang Gurih dan Pulen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: