Ilustrasi meditasi (Sumber gambar: Olia Danilevich/ Pexels)

7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Tubuh & Mental

06 February 2022   |   10:38 WIB

Meditasi adalah proses melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran kita ke arah yang lebih positif. Belakangan ini, popularitas meditasi meningkat karena semakin banyak orang menemukan banyak manfaat kesehatannya.

Genhype dapat melakukan meditas untuk meningkatkan kesadaran terhadap diri dan lingkungan sekitar. Banyak orang menganggap meditasi sebagai cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

Orang-orang juga menggunakan latihan ini untuk mengembangkan kebiasaan lainnya, seperti suasana hati dan pandangan yang positif, disiplin diri, pola tidur yang sehat, dan bahkan meningkatkan toleransi rasa sakit.

Baca jugaIngin Meditasi? Berikut 7 Jenis Meditasi yang Bisa Kamu Coba

Di bawah ini adalah tujuh manfaat meditasi untuk kesehatan tubuh & mental seperti dilansir Healthline.
 

1. Mengurangi Stress

Pengurangan stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba meditasi. Pengurangan stres adalah salah satu alasan paling umum orang mencoba meditasi.

Efek ini dapat mengganggu tidur, meningkatkan depresi dan kecemasan, meningkatkan tekanan darah, dan berkontribusi pada kelelahan dan pemikiran yang kabur.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 8 pekan, gaya meditasi yang disebut meditasi kesadaran (mindfulness meditation) mengurangi respons peradangan yang disebabkan oleh stres. 

Di samping itu, penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi juga dapat memperbaiki gejala kondisi yang berhubungan dengan stres, termasuk sindrom iritasi usus besar, gangguan stres pasca-trauma, dan fibromyalgia.
 

2. Mengontrol Kecemasan

Meditasi dapat mengurangi tingkat stres, yang berarti lebih sedikit kecemasan. Sebuah meta-analisis yang melibatkan hampir 1.300 orang dewasa menemukan bahwa meditasi dapat mengurangi kecemasan. Khususnya, efek ini paling kuat pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tertinggi.

Terlebih lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa berbagai latihan mindfulness dan meditasi dapat mengurangi tingkat kecemasan. Misalnya, yoga telah terbukti membantu orang mengurangi kecemasan. Ini mungkin karena manfaat dari latihan meditasi dan aktivitas fisik.

Meditasi juga dapat membantu mengendalikan kecemasan terkait pekerjaan. Satu studi menemukan bahwa karyawan yang menggunakan aplikasi meditasi mindfulness selama 8 pekan mengalami peningkatan perasaan sejahtera dan penurunan tekanan dan ketegangan pekerjaan.
 

3. Meningkatkan Fokus

Meditasi yang terfokus seperti angkat beban untuk kualitas rentang perhatian (attention span) seseorang. Latihan ini membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan perhatian.

Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang mendengarkan rekaman meditasi mengalami peningkatan perhatian dan akurasi saat menyelesaikan tugas. Sebuah studi serupa menunjukkan bahwa orang yang secara teratur berlatih meditasi tampil lebih baik pada tugas visual dan memiliki rentang perhatian yang lebih besar daripada mereka yang tidak memiliki pengalaman meditasi.

Selain itu, satu ulasan menyimpulkan bahwa meditasi bahkan dapat membalikkan pola di otak yang berkontribusi pada pengembaraan pikiran, kekhawatiran, dan perhatian yang buruk.

Meditasi singkat setiap hari akan memberikan manfaat besar. Satu studi menemukan bahwa bermeditasi hanya 13 menit setiap hari meningkatkan perhatian dan memori setelah 8 pekan.
 

4. Dapat Membantu Melawan Kecanduan

Disiplin mental yang dapat dikembangkan melalui meditasi dapat membantu melawan ketergantungan dengan meningkatkan pengendalian diri dan kesadaran akan pemicu perilaku adiktif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu orang belajar untuk mengarahkan perhatian mereka, mengelola emosi dan impuls mereka, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang penyebab di balik kecanduan mereka.

Satu studi pada 60 orang yang menerima pengobatan untuk gangguan penggunaan alkohol menemukan bahwa berlatih meditasi transendental memberikan efek yang meredam tingkat stres, tekanan psikologis, kecanduan alkohol, dan penggunaan alkohol setelah 3 bulan.

Meditasi juga dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan. Sebuah tinjauan dari 14 studi menemukan meditasi mindfulness membantu peserta mengurangi emosional dan makan berlebihan.
 

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Hampir setengah dari populasi dunia mengalami insomnia. Satu studi membandingkan program meditasi berbasis kesadaran dan menemukan bahwa orang yang bermeditasi tetap tidur lebih lama dan insomnia berkurang, dibandingkan dengan mereka yang memiliki kondisi kontrol tanpa obat.

Menjadi ahli dalam meditasi dapat membantu kita mengendalikan atau mengarahkan pikiran yang terburu-buru yang sering menyebabkan insomnia.

Selain itu, meditasi dapat membantu merilekskan tubuh dan menempatkan pikiran dalam keadaan damai di mana tubuh lebih mudah untuk tertidur.
 

6. Membantu Mengontrol Rasa Sakit

Persepsi tentang rasa sakit terhubung dengan keadaan pikiran kita, dan itu dapat meningkat dalam kondisi stres. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan meditasi ke dalam rutinitas dapat bermanfaat untuk mengendalikan rasa sakit.

Misalnya, satu ulasan dari 38 penelitian menyimpulkan bahwa meditasi kesadaran dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi gejala depresi pada orang dengan nyeri kronis.
 

7. Menurunkan Tekanan Darah

Meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dengan mengurangi beban pada jantung. Seiring waktu, tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang dapat menyebabkan fungsi jantung yang buruk. Tekanan darah tinggi juga berkontribusi terhadap aterosklerosis, atau penyempitan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sebuah meta-analisis dari 12 studi yang melibatkan hampir 1.000 peserta menemukan bahwa meditasi membantu mengurangi tekanan darah. Cara ini lebih efektif di antara sukarelawan yang lebih tua dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum penelitian.

Baca juga8 Rekomendasi Tempat Meditasi di Jakarta, Cocok Buat Mengusir Stres

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Ghibli Park Jepang Resmi dibuka November 2022

BERIKUTNYA

iHeartRadio Music Awards 2022 Umumkan Nominasi, Ada Adele, Lil Nas X, Billie Eilish & BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: