Ilustrasi meditasi (Sumber gambar: Unsplash/Jared Rice)

8 Rekomendasi Tempat Meditasi di Jakarta, Cocok Buat Mengusir Stres

24 October 2022   |   17:21 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Bukan rahasia lagi, jika hidup di kota yang sesibuk Jakarta membuat kita merasa tertekan. Terus menerus berada dalam kondisi ini tentu tidak baik untuk kesehatan mental kita. Salah satu upaya yang dianggap bisa membuat kesehatan mental kita kembali tenang atau berada dalam keadaan zen (tenang) adalah meditasi.

Meditasi merupakan salah satu kegiatan yang sedang banyak dilakukan saat ini. Beberapa manfaat meditasi antaranya, meningkatkan kepekaan, ketenangan, dan mengurangi stres.

Banyak yang berpendapat, kalau tepi sungai dan aliran air adalah tempat terbaik untuk melakukan meditasi. Bayangkan suara gemericik air yang mengalir, seakan kamu yang membiarkan aliran pikiran dan jiwa di alam bawah sadar mengalir dengan tenang dan tanpa halangan. Sungguh melegakan!

Baca juga: 7 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Tapi sayangnya, menemukan tempat di Indonesia untuk mengadakan meditasi pribadi dan grup di alam masih terbilang susah. Untuk membantu kamu mencari tempat untuk meditasi, berikut adalah tempat meditasi di Indonesia yang berada di Jakarta.
 

1. Brahma Kumaris

Salah satu kegiatan meditasi di Brahma Kumaris (Sumber gambar: Facebook Brahma Kumaris)

Salah satu kegiatan meditasi di Brahma Kumaris (Sumber gambar: Facebook Brahma Kumaris)

Salah satu tempat meditasi yang terkenal di Indonesia adalah Brahma Kumaris. Tempat ini berafiliasi dengan Persatuan Bangsa Bangsa sebagai organisasi non-pemerintah. Brahma Khumaris memiliki jaringan pusat global di lebih dari 120 negara, salah satunya Indonesia.

Pelayanan di Indonesia dimulai di Jakarta pada 1982 dan Bali pada 1986. Saat ini memiliki dua pusat studi di Jakarta, satu di Surabaya, dan Bali sebanyak enam tempat. Tak hanya itu, memiliki tempat retret yang baru dibuka di desa pegunungan Bedugul.

Brahma Kumaris memiliki layanan kelas online dan kursus tujuh hari yang mencakup pemilihan trek meditasi. Kursus-kursus ini dapat dinikmati di salah satu dari banyak pusat pelatihan. Namun, untuk kamu yang ingin mencoba meditasi di rumah, mereka juga memiliki kursus online.
 

2. Pondok Sadhana Amitayus

Berlokasi di Kopo, Cisaura, Bogor, Pondok Sadhana Amitayus menjadi salah satu tempat favorit untuk kalian yang menginginkan meditasi selama weekend. Dengan nama program Retret Mindfulness, kegiatan meditasi ini dilakukan mulai dari 4.30 pagi hingga diakhirnya dengan Noble Silence pada 9.30 malam. Untuk yang ingin mencoba meditasi selama sehari, bisa mengikuti Day of Mindfulness (DoM).
 

3. The Golden Space

The Golden Space merupakan pusat meditasi, transformasi kehidupan, holistik & penyembuhan yang bermula di Singapura. Didirikan oleh Master Umesh H. Nandwani, tempat meditasi ini memerikan layanan untuk penyembuhan kosmik, pembersihan chakra, konsultasi pribadi, dan penyelarasan energi meridian.

The Golden Space adalah pusat meditasi yang diperuntukkan bagi semua orang terlepas dari latar belakang, baik kepercayaan dan agama. Memiliki berbagai metode meditasi, Golden Space cocok untuk pemula atau orang yang baru memulai kegiatan meditasi.

Selain grup dan formulir khusus, kamu juga dapat memilih sesi satu dengan satu untuk benar-benar memanfaatkan waktu di sana.

Lokasinya berada di Jalan K.H Mas Mansyur Kav. 35, Karet Tengsing, Jakarta Pusat. Bisa didatangi setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai jam 11 pagi sampai 9 malam. Kalian juga bisa mengikuti paket meditasi selama 7 hari.
 
 

4. Pusat Meditasi Tergar Jakarta

Pusat meditasi yang terkenal di seluruh Asia, dan bahkan memiliki pusat di Amerika dan Eropa ini merupakan pilihan tepat untuk kamu yang tinggal di kota besar. Terletak di Jakarta Barat, Pusat Meditasi Tergar memiliki berbagai macam program meditasi.

Untuk orang yang baru saja memulai perjalanan batin maka cocok untuk mengikuti program Joy of Living, dimana memiliki tiga langkah dan dimulai dengan seminar dari Yongey Mingyur Rinpoche. Di seminar ini, Yongey membagi ajarannya yang berharga tentang menenangkan dan membuka pikiran. Beberapa meditasinya juga gratis via Zoom, untuk jadwalnya Genhype bisa melihat di Instagram ataupun website resmi.

Baca juga: Ingin Meditasi? Berikut 7 Jenis Meditasi yang Bisa Kamu Coba
1
2


SEBELUMNYA

Mengenal Lebih Dekat Nahida & Layla, Karakter Baru Gim Genshin Impact Versi 3.2 

BERIKUTNYA

Tip Bangun Infinity Pool ala Resort Ubud di Rumah 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: