Ilustrasi meditasi pernafasan (dok: Unsplash/Lutchenca Medeiros)

Ini 5 Manfaat Meditasi Pernapasan, Bukan Sekadar Duduk Diam!

21 July 2021   |   12:39 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kapan terakhir kali Genhype merasa tidak sibuk? Mengurus rumah, bekerja di kantor, pulang mengurus keluarga. Mungkin saja kalian lupa jika diri sendiri juga butuh istirahat. Oleh karena itu, tidak heran jika waktu  24 jam masih saja terasa kurang bagi banyak orang.

Kalian mungkin merasa bingung dan lelah dengan rutinitas sehingga kalian mungkin merasa hidup seperti robot. Ternyata, kualitas hidup kalian bisa berubah menjadi lebih baik jika mau memberikan waktu istirahat sejenak kepada diri dan pikiran dengan melakukan meditasi pernapasan.

Apa itu meditasi pernapasan? Prita Yulia Maharani, M.Psi., Psikolog, konselor dari aplikasi konseling Riliv, menjelaskan bahwa teknik meditasi ini mendorong kalian untuk mengatur pernapasan.

Baca juga: Begini Cara Meditasi Spirit, Self Healing yang Bikin Hidup Lebih Produktif

“Ketika Anda menarik dan mengeluarkan napas, pada saat inilah Anda akan melepaskan semua beban yang ada di pikiran, sehingga setelah melakukan meditasi Anda bisa merasa lebih tenang. Sebenarnya, meditasi pernapasan merupakan jenis meditasi yang paling dasar dan paling umum dilakukan,” katanya melalui keterangan resmi dikutip Rabu (21/7/2021).

Prita juga menambahkan kalau melakukan meditasi pernapasan tidaklah sulit, karena kalian hanya perlu meluangkan waktu selama 3-5 menit. Jika kalian masih ragu untuk melakukan meditasi pernapasan, ini dia 5 manfaatnya!  
 

1. Meningkatkan mood dan kemampuan regulasi emosi

Saat sibuk beraktivitas, seringkali membuat kalian merasa lelah dan ini berdampak pada mood yang memburuk dan emosi yang tidak stabil. Padahal penting untuk bisa mengendalikan setiap emosi yang muncul, mulai dari emosi marah, senang, sedih, kecewa. Kemampuan regulasi emosi yang baik dapat dilatih dengan melakukan meditasi pernapasan. 
 

2. Memperbaiki kualitas tidur

Bukan rahasia lagi kalau mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sulit. Padahal setelah seharian bekerja, kalian berharap bisa tidur dengan nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik. Entah kenapa saat mau tidur, rasanya otak tidak mau berhenti berpikir. Ini semua bisa diatasi jika kalian menyempatkan diri untuk melakukan meditasi pernapasan sebelum tidur. 
 

3. Melancarkan pencernaan

Kalian sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit? Ini bisa diatasi dengan melakukan meditasi! Meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, saat melakukan meditasi, proses penyerapan makanan di dalam perut bekerja secara optimal. 
 

4. Meningkatkan konsentrasi

Sering hilang fokus? atau sulit berkonsentrasi? Jangan khawatir! Ini semua juga bisa diatasi dengan melakukan meditasi loh! Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan memperkuat durasi fokus saat beraktivitas. 
 

5. Meningkatkan ketenangan batin

Manfaat lain dari meditasi pernapasan adalah membuat jiwa dan pikiran  menjadi lebih fresh, tenang, dan damai. Perasaan tenang ini membuat kalian menjadi lebih sabar, pemaaf, dan bijaksana dalam berperilaku karena kalian benar-benar menyadari konsekuensi seperti apa yang akan kalian dapatkan dari perilaku tersebut. 


Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Begini Cara Menyimpan Daging Mentah dan Matang di Lemari Pendingin

BERIKUTNYA

Jadi Utusan Presiden Korea Selatan, BTS Bakal Hadiri Sidang Umum PBB

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: