Sri Asi merupakan (Sumber gambar: Bumilangit Entertainment)

Film Sri Asih Buka Kans Komik Klasik Indonesia Kembali Populer

19 November 2022   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film pahlawan super lokal Sri Asih besutan sutradara Sartri Dania Sulfiati atau yang lebih dikenal dengan nama Upi telah rilis di seluruh bioskop Indonesia. Film itu disebut- sebut memberikan harapan besar terhadap industri komik klasik di dalam negeri untuk bangkit, dan menciptakan pasar baru di kalangan generasi muda saat ini. 

Upi mengatakan bahwa publik jadi mencaru tahu lebih banyak seputar komik klasik dengan hadirnya film Sri Asih. Menurutnya, minat penonton terhadap karakter pahlawan super perempuan itu sangat tinggi. Tidak hanya terhadap film yang digarapnya, tapi juga informasi berkaitan dengan komiknya sebagai sumber film tersebut. 

“Minat penonton terhadap film Sri Asih memberikan harapan kembali populernya komik-komik klasik Indonesia,” katanya. 

Dia menambahkan bahwa Indonesia sebenarnya kaya akan cerita dan karakter-karakter komik sejak puluhan tahun lalu. Media waralaba Bumilangit misalnya, mencatat ada banyak karakter superhero asli Indonesia dari komik-komik klasik yang telah eksis sejak lama. 

Selain karakter Sri Asih dan Gundala yang filmnya telah dirilis, ada juga pahlawan seperti Godam, Jagabumi, Patriot, Si Buta dari Gua Hantu, Kapten Halilintar, Nusantara, Aquanus, Mandala, Maza, Tira, Tora, Sembrani, Herbintang, dan masih banyak yang lainnya. 

Baca jugaRela Latihan 1,5 Tahun, Pevita Pearce Ungkap Alasan Utama Ambil Peran Sri Asih
 

Sri Asih & RA Kosasih

Sebagai informasi tambahan buat Genhype, Sri Asih yang filmnya mendapatkan sambutan positif para penggemar, merupakan karakter yang dibuat oleh Raden Ahmat Kosasih atau yang kerap disebut RA Kosasih. Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat, ini berasal dari keluarga ningrat atau bangsawan.

Asal-usulnya ini pun membuat RA Kosasih memperoleh pendidikan yang baik. Setelah lulus sekolah, sang komikus menghabiskan waktu menggambar dan menonton wayang golek. Pada 1939, dia bekerja di Departemen Pertanian Bogor atau yang pada saat itu disebut Departement Van Landbouw.

Kosasih memiliki profesi sebagai seniman penggambar binatang dan tanaman saat berada di Departemen Pertanian Bogor.  Setelah itu, dia bekerja sebagai seniman komik di perusahaan penerbit Melodie. Pada 1954 di perusahaan itu, Kosasih menciptakan karakter superhero Indonesia pertama yang tak lain adalah Sri Asih. 

Karakter itu pun sukses. Tidak berhenti di Sri Asih, Kosasih juga membuat karakter pahlawan super wanita lainnya bernama Siti Gahara. Selain dikenal sebagai pencipta karakter Sri Asih, Kosasih juga dikenal di Indonesia karena serial komik wayang, yakni trilogi Mahabrata dan Rayamana.

Dilansir dari laman Bumilangit, Sri Asih memiliki nama asil Nani Wijaya, yakni seorang gadis dari keluarga terpandang. Sang wanita memiliki pekerjaan sebagai investigator independen. Profesi itu membuatnya berkeliling dunia untuk menghentikan aksi para kriminal dan jejaring mafia global. 

Sang gadis disebut sebagai titisan Dewi Asih dan menyandang gelar Sri Asih, yakni sang dewi keadilan. Sebagai Sri Asih, Nani Wijaya terhubung dengan para leluhurnya dan dapat memanifestasikan kekuatan jiwa-jiwa mereka.

Sementara itu, karakter lainnya, yakni Rengganis atau Ganis adalah seorang aktivis sosial dan lingkungan hidup. Sang wanita memiliki idealisme dan kegigihan yang membuatnya dinilai pantas menjadi penerus Sri Asih setelah Nani Wijaya.

Tokoh lain yang mendapatkan kekuatan Sri Asih adalah Alana, yakni seorang wanita yang sejak kecil memiliki kemampuan dapat melihat makhluk halus dan selalu merasa ketakutan. Kendati begitu, dia berusaha terlihat tetap percaya diri untuk menyembunyikan kemampuannya. Alana adalah karakter yang dipakai di film Sri Asih yang belum lama ini dirilis. 

Saat roh jahat memasukin orang-orang di sekitarnya, Alana mendapatkan sebuah panggilan batin dari Dewi Asih. Dia pun mendapatkan tawaran kemampuan untuk menyelematkan mereka. Sebagai gantinya, kehidupan Alana akan berubah. Dia pun mendapatkan kekuatan Sri Asih untuk mengusir energi jahat yang ada di dunia.

Baca juga: 4 Fakta Dewi Api, Karakter Penjahat yang Diperankan Dian Sastro dalam Film Sri Asih 
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Strategi Kembangkan Brand Fesyen Pria

BERIKUTNYA

Orang-Orang Berbahaya, Lakon Teater Duo Detektif Kocak Bongkar Kejahatan Penguasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: