Konten podcast di Indonesia, khususnya Spotify menunjukkan tren positif sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Iustrasi Podcast (Sumber gambar Unsplash/Kate Oseen

Wow, Konten Podcast Tumbuh Lima Kali Lipat dalam 3 Tahun

18 November 2022   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Era dunia digital memang semakin berkelindan dengan kegiatan sehari-hari manusia. Hal itu bisa dilihat dengan semakin menjamurnya konten-konten audio podcast yang dalam 3 tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan di Tanah Air seiring dengan makin diminatinya konten-konten digital audio tersebut. 

Jika dulu kita familiar dengan konten radio atau pengunduhan Mp3 di perangkat telepon, kini anak-anak muda Gen Z dan milenial mungkin lebih akrab dengan platform online podcast  yang populer di masyarakat seperti Apple Podcast, NOISE, hingga Spotify.

Baca juga: Podcast Original Spotify dari Kim Kardashian Bawakan Kisah Kriminal

Konten podcast di Indonesia, khususnya Spotify memang  menunjukkan tren positif sejak pertama kali diluncurkan pada 2019. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pendengar maupun konten kreator yang terus menelurkan karya di platform tersebut dengan membuat konten yang variatif.

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” papar Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific dalam siaran tertulis, Jumat (18/11).

Tak hanya itu, sejak 1 November 2022, Indonesia juga menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify terbanyak secara global. Menurut Gautam hal ini tentu saja berkat para konten kreator lokal yang terus melakukan inovasi pengkaryaan di medan digital.

Menanggapi tren ini Spotify pun mengadakan workshop  bagi konten kreator untuk mengembangkan daya kreativitas mereka agar lebih maksimal. Salah satunya lewat kemitraan Siberkreasi yang melatih kemampuan para podcaster dengan mengundang para kreator dan ahli.

Pelatihan itu hadir dalam bentuk Video Podcast yang sudah tersedia di platform tersebut, yakni Anchor. Konten-konten itu juga dapat dinikmati secara gratis bagi semua lapisan masyarakat Indonesia dengan mengunduh aplikasi tersebut di Play Store atau Apple Store.

Saat ini, kata Gautam sebanyak 95 persen total podcast di Indonesia juga dibuat melalui Anchor. Hal inilah yang kemudin menjadikan Indonesia di posisi teratas di seluruh dunia untuk adopsi penggunaan Anchor dalam pembuatan konten podcast. 

Head of Studios Spotify Southeast Asia, Carl Zuzarte optimis pertumbuhan konten podcast juga bakal semakin besar di tahun depan. Dia mengungkap saat ini bahkan, 1 dari 4 pengguna Spotify di Indonesia telah mendengarkan podcast setiap harinya.

Untuk mengapresiasi hal itu mereka juga mengelar konferensi podcast pertama se-Asia yang dilaksanakan pada Rabu (16/11) di Jakarta.  Hal itu papar Carl jadi bukti atas komitmen mereka pada para kreator dan pendengar di tanah air. 

"Kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini, jadi kami akan terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia,” terang Carl. 

Baca juga: Ingin Malam Halloween Kian Menegangkan? Coba Dengarkan Podcast Ini

Tak hanya itu, untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengarnya, Spotify juga  baru-baru ini juga menyediakan fitur teranyar, termasuk Q&A dan Polls.  Para pendengar kini  juga dapat menemukan konten-konten terbaru  di dalam platform tersebut  melalui fitur Music + Talk. Sehingga mereka dapat mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, layaknya membuat playlist.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jogja-NETPAC Asian Film Festival Kembali Digelar, Hadirkan Ratusan Film Terbaik se-Asia Pasifik

BERIKUTNYA

Begini Kiat Diversifikasi Investasi Bagi Pemula

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: