Ilustrasi perawatan wajah pria (Sumber gambar: Freepik)

3 Masalah Utama Wajah Pria Indonesia, Begini Cara Menanganinya

16 November 2022   |   13:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kata siapa pria tidak butuh skincare? Ah, itu pandangan kuno. Pria juga membutuhkan perawatan diri agar penampilannya bisa tetap maksimal. Dengan aktivitasnya yang padat, pria kerap dihantui permasalahan kulit yang dapat mengganggu kepercayaan dirinya.

A Vice President of Research & Development at Paragon Technology & Innovation (Paragon Corp) Sari Chairunnisa mengatakan pria dan wanita tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam perawatan kesehatan kulit. Keduanya sama-sama membutuhkan skincare untuk menjaga kesehatan kulitnya.

Pria bahkan bisa dibilang lebih membutuhkan skincare karena kondisi kulitnya cenderung kurang elastis dibanding wanita. Dengan menilik alasan tersebut, sudah seyogyanya pria di Indonesia mulai lebih peduli terhadap kesehatan kulit dan wajahnya.

Baca jugaIni Dia Rekomendasi Skincare Wajib Buat Kaum Pria

Pria juga mesti lebih waspada dengan kesehatan kulit wajahnya. Sebab, permasalahan kerap datang dari faktor luar. Indonesia yang berada pada iklim tropis membuat paparan sinar matahari jadi lebih terasa di kulit.

Selain itu, permasalahan kulit pria juga didorong oleh aktivitas mereka yang lebih banyak berada di luar ruang. Debu dan cahaya matahari bisa membuat kulit wajah mudah meradang.

Dengan kondisi tersebut, pria jadi lebih rentan mengalami masalah kulit wajah. Sari mengungkap ada 3 jenis permasalahan wajah yang kerap dialami pria. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.


1. Jerawat

Jerawat adalah masalah yang paling sering terjadi pada pria. Masalah ini kerap terjadi pada remaja. Namun, ada juga yang tetap muncul saat usia sudah dewasa.

Masalah jerawat biasanya muncul karena gaya hidup yang buruk. Penggunaan produk tertentu yang menyumbat pori-pori juga jadi faktor lain jerawat tidak kunjung hilang. “Di Indonesia, masalah kesehatan kulit pria masih didominasi acne atau jerawat,” ujar Sari kepada Hypeabis


2. Kulit Berminyak

Pria yang beraktivitas di outdoor lebih mudah terpapar debu dan kotoran. Hal itu dapat memicu wajah jadi kusam dan berminyak. Namun, kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh masalah hormonal, seperti stres, kelembapan, dan genetik.

Untuk mengatasinya, pri mesti memilih sabun muka yang tepat. Pilihlah sabun muka yang khusus untuk kulit berminyak. Kemudian, lakukan rangkaian skincare lain, seperti toner, masker, hingga pelembap.


3. Kulit Kering

Berada di iklim tropis membuat pria Indonesia terlalu sering terpapar matahari. Hal ini bisa membuat kulit jadi kering. Terlebih, jika kamu hanya minum sedikit air, tentu asupan cairan tubuh jadi tidak ideal.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengubah gaya hidup, rajin mengonsumsi air mineral, menggunakan produk pelindung matahari, dan makan makanan yang sehat.


Tip Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Pria

Sari mengatakan setidaknya ada beberapa produk perawatan kulit dan wajah yang wajib dimiliki para pria. Untuk bagian wajah, Sari menyebut setidaknya pria rutin memakai facial wash, sunscreen, dan moisturizer.

Facial wash berfungsi untuk menjadi langkah pertama membersihkan wajah dari kotoran yang menempel. Sunscreen atau tabir surya punya peran penting sebagai pelindung dari bahaya sinar matahari, seperti kulit terbakar atau penuaan dini. Adapun Moisturizer atau pelembap berguna untuk menghidrasi kulit sehingga tidak kering dan menjaga sel-sel kulit.

Pada pemakaian pagi hari, pria cukup menggunakan facial wash, lalu ditambah sunscreen sehingga melindungi kulit saat keluar rumah. Pada malam hari, pria dapat kembali memakai facial wash untuk menghilangkan kotoran yang menempel seharian. Selanjutnya, bisa menambahkan moisturizing untuk perlindungan ekstra.

Untuk badan, Sari mengatakan setidaknya pria memiliki body wash dan deodorant. Namun, jika memiliki kulit bertipe kering, pria juga perlu menambahkan body lotion atau cream.

Baca jugaYuk Ikuti Tips Perawatan Wajah buat Cowok biar Tambah Kece!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kasus Gangguan Gagal Ginjal Akut Pada Anak di Indonesia Mulai Menurun

BERIKUTNYA

Sasar Anak Muda, Desainer Lenny Agustin Ciptakan Inovasi Kebaya Funky

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: