Ilustrasi (Photo by Safia Shakil on Unsplash)

Yuk Ikuti Tips Perawatan Wajah buat Cowok biar Tambah Kece!

07 September 2021   |   19:26 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa bilang menjaga tampilan agar tetap terawat, higienis, dan bergaya hanya boleh dilakukan oleh wanita? Pentingnya perawatan wajah pada pria sama pentingnya bagi wanita. Menjaga kulit agar tetap bersih dan segar bukan hanya tentang menciptakan kesan yang baik pada orang lain tetapi juga membantu kita merasa nyaman dengan diri sendiri.

Sepuluh tahun yang lalu mungkin masih mustahil untuk meyakinkan pria kebanyakan untuk meninggalkan sabun all-in-one dan menggunakan lebih dari satu produk sabun mandi serta sabun cuci muka. Apalagi meyakinkan mereka untuk menggunakan tonik rambut, serum wajah dan krim mata anti penuaan dini.

Tapi hari ini, rutinitas tujuh langkah perawatan tubuh setiap hari yang dipopulerkan oleh tren kecantikan Korea Selatan, menjadi hal yang biasa.  Ditambah lagi saat ini sudah ada banyak produk perawatan tubuh dan wajah yang diformulasikan khusus untuk pria yang diluncurkan setiap tahun.

Di luar sana mungkin masih ada pria yang bingung harus mulai dari mana dan langkah perawatan apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga tampilan dan kesehatan tubuh tetap terawat. Untuk menghemat waktu pencarianmu, hypeabis.id menyusun panduan lengkap untuk merawat kesehatan kulit wajah.
 

Di Korea Selatan, baik wanita maupun pria melakukan perawatan kulit mulai dari usia muda. (Dok. La Mer Korea)

Di Korea Selatan, baik wanita maupun pria melakukan perawatan kulit mulai dari usia muda. (Dok. La Mer Korea)

  • Pembersih muka.
Selain menghindari penumpukan kotoran, sabun cuci muka yang dirancang khusus untuk setiap jenis kulit memiliki tingkat pH seimbang yang membuat kulit lembab dan tidak kering. Selain saat mandi, kita tidak perlu membersihkan wajah lebih dari sekali sehari asalkan wajah harus bersih sebelum tidur.

Untuk pembersihan menyeluruh, kalian dapat menggunakan sikat pembersih sonik yang berfungsi membersihkan kulit lebih dalam serta mempersiapkannya sebelum bercukur dengan melembutkan rambut-rambut halus.
  • Pelembab.
Untuk memulai hari dengan benar, tinggalkan rumah dengan kulit yang terlindungi dari agresor lingkungan seperti matahari dan polusi dengan SPF dan antioksidan. Kedua formula ini bisa kalian temukan pada produk pelembab yang juga dapat memberi energi pada kulit dan menyegarkannya dari tanda-tanda kelelahan.

Malam hari, ketika kulit berada pada mode perbaikan, tingkatkan fungsi internalnya dengan krim malam yang memiliki zat pendorong pembaruan sel dan mencegah tanda penuaan. Kalian dapat menyesuaikan rutinitas perawatan wajah dengan musim. Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi di musim panas dan lapisi lebih banyak pelembab di musim dingin yang cenderung kering.
  • Eksfoliasi
Setiap hari tubuh manusia melepaskan sekitar 50 juta serpihan kulit, setara dengan sekitar 0,03 dan 0,09 gram kulit setiap jam. Hal ini penting untuk menjaga wajah Anda terlihat segar, namun pergantian sel-sel baru menurun seiring bertambahnya usia, sehingga kita perlu memberikan proses alami uluran tangan.

Pembersih sering kali berfungsi ganda sebagai pengelupas. Ini bisa berupa pengelupasan fisik seperti butiran garam dalam scrub, atau pengelupasan kimia seperti asam alfa hidroksi. Lakukan ini idealnya seminggu sekali untuk menghindari iritasi kulit.
  • Toner
Genhype, inilah saatnya untuk menyempurnakan rutinitas perawatan wajah kalian dengan toner. Toner dapat digunakan setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembab.

Tujuan dari toning adalah untuk menghilangkan kotoran yang tidak hilang dengan mencuci dan untuk mempersiapkan kulit dengan tahapan perawatan selanjutnya. Toner juga dapat bekerja untuk menargetkan masalah kulit tertentu seperti kulit kering atau minyak berlebih.
  • Serum
Berbeda dengan pelembab, serum jauh lebih ringan dan cepat diserap kulit. Mereka terdiri dari molekul yang jauh lebih kecil daripada krim tradisional, membuatnya dapat mengatasi masalah khusus seperti kerutan atau pigmentasi menggunakan bahan yang lebih kuat.

Serum dan minyak wajah serupa dapat digunakan bersama atau sebagai pengganti pelembab tradisional. Ini semua tentang menemukan tekstur dan kombinasi yang tepat yang cocok untuk kulit Anda.
  • Masker
Tahap ini bisa jadi pilihan untuk Genhype yang memiliki masalah kulit kering dan sensitif.  Kulit kita membutuhkan hidrasi yang cukup, melembabkan dan serum, menggunakan masker (sheet mask, clay mask, peel off mask) satu kali sehari dapat membantu melembapkan dan melembutkan kulit.

Masker berbahan dasar tanah liat dan arang adalah yang terbaik untuk kulit dan pori-pori tersumbat, karena bahan-bahan ini bekerja untuk mengeluarkan kotoran. Sheet mask, baik untuk digunakan saat bepergian karena dibungkus secara terpisah dan dapat membantu meningkatkan kelembapan kulit.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ada 3 Penampil Baru dalam Konser KCONTACT HI 5, Siapa Saja?

BERIKUTNYA

Mewaspadai Henti Jantung yang Bisa Bikin Nyawa Melayang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: