ilustrasi skincare wajib bagi pria (sumber foto: Freepik)

Ini Dia Rekomendasi Skincare Wajib Buat Kaum Pria

15 September 2022   |   21:13 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Merawat kulit wajah kini tidak lagi terbatas dilakukan oleh wanita. Laki-laki kini juga melakukannya demi menjaga kesehatan kulit. Namun, masih banyak laki-laki yang bingung soal skincare apa yang mesti mereka pakai setiap harinya.

Merawat wajah pria dan wanita sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Namun, selama ini sebagian laki-laki lebih tidak peduli terhadap perawatan kulit wajahnya. Padahal, kulit wajah merupakan bagian yang cukup sensitif. Kulit yang terpapar debu akan membuat wajah laki-laki jadi mudah kusam dan iritasi.

Jika tidak ditangani dengan baik, gangguan masalah kulit lain juga akan muncul, seperti perih, gatal, atau jerawat. Dengan membiasakan diri melakukan perawatan wajah, berbagai efek buruk tersebut bisa sedikit berkurang.
 

Mengenal Jenis Kulit Wajah  

Sebelum berbicara soal skincare, laki-laki perlu memahami ada banyak jenis kulit wajah. Setiap jenis kulit tentu butuh perawatan wajah yang berbeda-beda.

Ada sebagian laki-laki yang memiliki kulit wajah normal. Tipe ini cenderung ideal karena jumlah kandungan air dan minyak seimbang. Alhasi, kulit bagian wajah tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Umumnya, tipe kulit ini jarang terkena masalah dan mudah merawatnya.

Namun, ada pula sebagian laki-laki  lainnya yang memiliki kulit wajah kering. Wajah kering terjadi karena kelembapan kulit sangat rendah. Pria yang memiliki tipe kulit ini mesti berhati-hati karena kulit jadi mudah keringdan pecah-pecah. Kulit wajah kering juga mudah meradang, gatal, dan memerah.

Selanjutnya, ada pula laki-laki yang memiliki kulit wajah berminyak. Ciri utama tipe wajah ini adalah kulit yang licin dan mengilap. Produksi minyak ini terjadi secara alami, tetapi terjadi dengan jumlah yang banyak.

Minyak pada kulit wajah sebenarnya bermanfaat untuk melindungi dan melembapkan kulit. Akan tetapi, ketika produksinya berlebihan, kulit wajah jadi sangat berminyak, pori-porinya tersumbat, dan lebih berisiko jerawatan. Dalam kondisi tertentu, seperti stres, faktor perubahan hormon dan genetik bisa membuat produksi minyak tambah berlebih.

Selain itu, sebagian laki-laki juga memiliki kulit wajah sensitif. Tipe ini sangat mudah terkena iritasi, ruam, dan alergi. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah kondisi lingkungan, makanan, atau penggunaan produk pada kulit yang tidak cocok.

Terakhir, ada jenis kulit kombinasi. Sesuai namanya, tipe kulti ini adalah gabungan dari berminyak dan kering. Sering kali bagian yang berminyak berada di zona T, yakni area dagu, hidung, dan dahi. Adapun di bagian lain, seperti area pipi, cenderung lebih kering.
 

Skincare Wajib bagi Pria

Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa perawatan yang wajib dilakukan pria sebagai bagian peremajakan wajah.

Dalam memilih skincare, tidak perlu terlalu patuh pada tulisan “untuk pria”. Sebaiknya kamu memilih skincare berdasarkan permasalahan kulit. Nah, berikut ini ada daftar skincare wajib bagi pria yang telah dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.

 

  • Sabun Muka

Sabun muka adalah skincare yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan. Fungsi sabun muka sangat penting untuk menghilangkan kotoran yang menempuk di wajah, apalagi ketika kamu tipe yang memiliki aktivitas di luar ruang.

Menggunakan sabun muka akan membuat kulit lebih cerah dan segar. Sejumlah sabun muka kini juga telah dilengkapi nutrisi untuk membuat kulit sehat dan mengontrol produksi minyak.
 
  • Pelembap Wajah

Pelembap wajah akan membantu kulit untuk menjaga kelembapan sehingga tidak terlalu kering. Dengan menggunakan pelembap, kulit seolah terhidrasi dengan baik. Meski kamu bukan tipe kulit kering, memakai pelembab tetap direkomendasikan oleh para ahli.

Namun, pastikan kamu memilih pelembap sesuai dengan jenis kulitmu. Jika sedang mengalami jerawat atau kulit pecah, pastikan pelembap yang dipakai tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, sebaiknya memilih pelembap yang mengandung tabir surya
 
  • Sunscreen

Jika pelembap tidak mengandung tabir surya, kamu bisa membelinya secara terpisah. Produk tabir surya saat ini sudah mudah ditemui di banyak tempat perbelanjaan. Harga dan mereknya pun beragam.

Namun, kamu bisa memilih tabir surya yang memiliki proteksi dari radiasi UVA dan UVB. Setidaknya, tabir surya memiliki kadar SPF minimal 30 untuk semua jenis kulit.


Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Mengenal Tata Rias Semipermanen, Tren Kecantikan yang Mulai Banyak Disukai

BERIKUTNYA

Lantaran Faktor Ini, Indonesia Dianggap Bisa Jadi Kiblat Baru Kecantikan Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: