Ilustrasi menjaga gaya hidup sehat (Sumber gambar: Freepik)

Biar Enggak Males-Malesan, Begini Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat Secara Konsisten

09 November 2022   |   19:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menjaga gaya hidup sehat secara konsisten tidaklah mudah. Bagi sebagian orang, usaha melakoni gaya hidup yang sehat selalu berujung kebuntuan. Kegagalan menjaga konsistensi kerap terjadi karena diri sendiri tidak mampu melawan rasa malas.

Akhirnya, gaya hidup sehat dan olahraga rutin yang sudah terbangun lama pun jadi berantakan lagi. Dalam kasus ini, peran professional coach amat penting. Pelatih bisa memonitor progres latihan sehingga konsistensi seseorang dalam menjaga gaya hidup sehat dapat terjaga.

Namun, mengandalkan 100 persen peran pelatih juga bukan solusi yang tepat. Sebab, pelatih bukan orang yang selalu berada di dekat kita selamanya. Keterbatasan tempat dan waktu membuat peran pelatih tidak bisa maksimal. Jika tidak ada niat yang serius, itu bisa jadi kesempatan melakukan cheating

Baca jugaHati-Hati, Gaya Hidup Tidak Sehat Mengintai Kesehatan Generasi Muda
 

Pelatih Jadi Faktor Penting Konsistensi

Namun, kini peran pelatih dalam menjaga kesehatan seseorang tampaknya bisa lebih dimaksimalkan, dengan basis teknologi. Munculnya platform bernama Coach at the Center of Health (CATCH), misalnya, bisa menjadi media penyambung antara pelatih dan yang dilatihnya.

Melalui platform tersebut, pelatih bisa melihat tujuan kesehatan seseorang, memantau progres latihan, hingga memonitor kesehatan seseorang yang sedang dalam pengawasannya. Dengan cara ini, pelatih bisa meningkatkan kualitas layanan demi mencapai hasil yang lebih maksimal.

Dari sisi pengguna, CATCH juga dapat membantu seseorang yang ingin mencapai target kesehatannya melalui rancangan program yang dibuat oleh pelatih secara personal. Program tersebut tentunya lebih terukur dan bisa memberikan efek yang lebih maksimal. 

Reynazran Royono selaku Chief Executive Officer Fita - aplikasi pengembang CATCH - mengatakan hadirnya platform itu diharapkan bisa membantu pemerataan akses preventive health di seluruh Indonesia. Pihaknya percaya peran pelatih dalam menciptakan sebuah program latihan dapat membantu seseorang dalam mencapai tujuan kesehatannya. 

“Ini adalah wadah bagi para coach untuk membuat rancangan program secara lebih terstruktur, personalized, dan memungkinkan mereka membimbing pengguna secara masif pada waktu bersamaan,” ujar Reynazran dalam keterangan pers yang diterima Hypeabis.id.

Baca jugaTip Membangun Gaya Hidup Sehat Ala Mikha Tambayong, Patut Ditiru Nih!
 

Progres Latihan Berbasis Data

Dia mengatakan platform ini bukan hanya menjadi wadah penghubung dengan pelatih. Namun, pengguna juga dapat melihat data yang lengkap dan komprehensif. Pengguna maupun pelatih bisa memantau tracking progress yang terukur sehingga bisa membelajari pola perilaku sebagai dasar rekomendasi program latihan yang tepat.

Saat ini, platform yang dikembangkan Fita ini memiliki lebih dari 500.000 pengguna aktif, 50 pelatih bersertifikat, 800 konten tutorial olahraga, dan lebih dari 200 resep makanan sehat. Reynazran bersyukur penjualan di platform ini juga mengalami peningkatan lima kali lipat dibanding periode tiga bulan terakhir. 

Ketua Umum Asosiasi Kebigaran Indonesia (APKI) Jansen Ongko mengatakan di tengah pergeseran minat olahraga dari luring ke daring, penting sekali bagi pelatih untuk tetap bisa memantau perkembangan seseorang yang sedang dilatihnya.

Dia berharap makin banyak masyarakat Indonesia yang sadar tentang pentingnya hidup sehat. Dengan makin banyaknya edukasi kesehatan, maka diharapkan kebugaran masyarakat Indonesia bisa lebih merata. 

Baca jugaFenomena Gaya Hidup Generasi Muda, Antara Citra & Realita (1)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

SEBELUMNYA

Dorong Potensi Rempah Nasional Lewat Transformasi Digital Jalur Rempah

BERIKUTNYA

Salihara Gelar Pementasan Surat-Surat Karna, Tampilkan Sisi Lain dari Tokoh Karna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: