Asosiasi Rempah Nasional bakal hidupkan kembali jalur rempah lewat platform digital. (Sumber gambar: Tamanna Rumme/Unsplash)

Dorong Potensi Rempah Nasional Lewat Transformasi Digital Jalur Rempah

09 November 2022   |   17:59 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genhype tentu masih ingat apa yang membuat banyak pedagang dari berbagai negara berlomba-lomba datang ke Indonesia pada zaman kolonial. Ya, rempah-rempah. Memang Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar dunia sejak ribuan tahun lalu.

Meski sempat mengalami masa kejayaan, tetapi daya saing rempah Indonesia di pasar global saat ini tergolong cukup rendah dibandingkan negara-negara lainnya seperti Malaysia, India, thailand maupun Vietnam yang relatif lebih baru dalam mengenal rempah.

Untuk mengembalikan lagi kejayaan  Indonesia sebagai negara penghasilan rempah, pada 2021 lalu pemerintah telah menetapkan 11 Desember sebagai Hari Rempah Nasional.

Sebagai salah satu langkah konkret mendukung hal tersebut, sejumlah pelaku usaha membentuk Asosiasi Rempah Nasional pada Jumat  November 2022 yang mewadahi para pelaku usaha baik petani, pelaku UMKM maupun pebisnis yang bergerak di sektor komoditas rempah dan turunannya di seluruh Indonesia.

Baca juga7 Rempah Khas Indonesia yang Mendunia
 

Asosiasi Rempah Nasional bakal hidupkan kembali jalur rempah lewat platform digital (sumber gambar : Asrenal)

Asosiasi Rempah Nasional bakal hidupkan kembali jalur rempah lewat platform digital (sumber gambar : Asrenal)


“Zaman dulu Indonesia dikenal dengan kejayaannya sebagai penghasil rempah-rempah tapi sekarang mulai tenggelam. Maka ini yang ingin kami bangkitkan kembali supaya masyarakat dunia, khususnya para buyer di luar negeri tahu bahwa rempah Indonesia tetap ada dan berkualitas,” ujar Ketua Umum Asosiasi Rempah Nasional Titi Jusup Maksudi.

Titi Jusup mengatakan bahwa sebetulnya masih banyak buyer dari luar negeri yang tertarik dengan komoditas rempah Indonesia. Namun mereka kesulitan untuk mengakses langsung pembelian rempah dari para pelaku usaha maupun petani.

Berangkat dari hal tersebut maka Asosiasi Rempah Nasional menggandeng perusahaan digital PT Teknologi Cakra Internasional untuk membentuk aplikasi semacam marketplace  yang khusus untuk jual beli produk rempah dan turunannya.

“Dengan adanya aplikasi ini maka para petani, koperasi, maupun pelaku usaha komoditas rempah akan lebih dimudahkan menjual produk mereka secara langsung ke pembeli, baik di dalam negeri maupun luar negeri tanpa harus melalui tengkulak,” jelasnya.

Tidak hanya membantu dalam proses pemasaran melalui aplikasi digital, Asosiasi Rempah Nasional juga akan melakukan pendampingan dan bimbingan kepada para pelaku usaha yang menjadi anggotanya untuk menghasilkan produk rempah berkualitas, termasuk membuat packaging yang menarik, hingga mengatur keuangan dalam berbisnis.

Pasalnya, semua produk yang akan diperjualbelikan di aplikasi tersebut sudah melewati proses kurasi. Artinya hanya produk berkualitas dengan packaging menarik saja yang bisa diupload sehingga di sinilah tugas asosiasi dalam melakukan pendampingan.

“Dengan kita memperbaiki dari hulunya maka ini akan dapat mendorong kualitas dan daya saing rempah nasional yang pada akhirnya dapat mengembalikan kejayaan rempah Indonesia sekaligus memperbaiki ekonomi para petani dan pelaku usaha rempah-rempah dan membawanya go internasional,” terangnya. 

Maya Miranda Ambarsari, pemilik PT Teknologi Cakra Internasional menilai bahwa rempah sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan. Sebagai pelaku usaha dia pun siap mendukung pengembangan potensi rempah nasional dengan menghidupkan kembali jalur rempah secara langsung dan melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Dengan adanya asosiasi ini maka memberi kesempatan kepada kita semua bahwa sudah ada satu wadah sebagai payung yang tidak hanya mengakomodir produk-produk rempah Indonesia tetapi juga membantu para petani dan pelaku usaha melalui pemanfaatan teknologi digital sehingga dapat memperluas pangsa pasar baik di dalam maupun luar negeri,” ucapnya.

Wanita yang juga menjadi Pendiri dan Ketua Dewan Pengawas Asrenal berharap asosiasi ini dapat meningkatkan daya saing rempah nasional serta meningkatkan nilai jualnya sehingga rempah bukan lagi hanya sekadar komoditas tetapi memiliki nilai tersendiri yang lebih dihargai, baik di nasional maupun internasional.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Anne Hathaway Bakal Hadir di KTT B20 Bali, Simak 5 Fakta Menarik Sang Aktris Hollywood

BERIKUTNYA

Biar Enggak Males-Malesan, Begini Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat Secara Konsisten

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: