Ilustrasi- Katherine Sousa (Dok. Unsplash)

Mengenal Teh Kombucha, Minuman Kaya Manfaat

03 August 2021   |   16:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah mendengar teh kombucha? Jenis teh satu ini bisa dibilang masih jarang menjadi pilihan minuman sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, ada beberapa tempat makan atau kafe yang secara khusus menyuguhkan teh hasil fermentasi tersebut.

Kombucha adalah minuman asam manis bersoda yang dibuat dengan teh. Minuman ini telah ada selama hampir 2.000. Dibuat pertama kali di China, kombucha kemudian menyebar ke Jepang dan Rusia, lalu populer di Eropa dan Amerika Serikat sebagai minuman kesehatan pada awal abad ke-20.

Bahan dasar dalam kombucha adalah ragi, gula, dan teh hitam. Campuran itu didiamkan selama seminggu atau lebih sehingga membentuk bakteri dan asam dalam minuman serta sejumlah kecil alkohol. Bakteri kombucha termasuk bakteri asam laktat yang dapat bekerja sebagai probiotik yang mengandung dosis vitamin B yang sehat.
 

Ilustrasi- Klara Avsenik (Dok. Unsplash)

Ilustrasi- Klara Avsenik (Dok. Unsplash)

Dilansir WebMD, kombucha bisa membantu sistem pencernaan, membersihkan tubuh dari racun, serta meningkatkan energi. Selain itu, kombucha juga bisa meningkatkan sistem kekebalan, membantu menurunkan berat badan, menangkal tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan mencegah kanker.

Adapun klaim bahwa kombucha membantu pencernaan berasal dari fakta bahwa fermentasi menghasilkan probiotik yang membantu mengatasi diare dan sindrom iritasi usus besar (IBS) serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Agar kombucha bisa dikonsumsi secara aman untuk tubuh, para ahli merekomendasikan untuk menggunakan wadah kaca, baja tahan karat, atau plastik yang terjaga kebersihannya. Hal itu dilakukan untuk menjaga bakteri probiotik pada kombucha tidak berubah menjadi berbahaya untuk dikonsumsi.

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Libatkan SMK, 6 Produsen Lokal Bakal Produksi Chromebook

BERIKUTNYA

Ahmed Hafnaoui, Perenang Muda Tunisia yang Mengejutkan Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: