Mikha Tambayong (Sumber gambar: instagram.com/miktambayong)

Tip Membangun Gaya Hidup Sehat Ala Mikha Tambayong, Patut Ditiru Nih!

29 September 2022   |   10:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mikha Tambayong ialah salah satu selebritas yang selalu menjaga gaya hidup sehat. Dia bahkan menjadikan olahraga sebagai bagian dari me time. Ketertarikannya pada gaya hidup sehat bukan tanpa alasan. Mikha tak ingin suatu saat nanti dirinya terkena penyakit berat gara-gara tidak menjaga pola hidup sehat.

Mikha bercerita pada 2018, dirinya sempat bertemu dengan anak-anak penyintas penyakit jantung bawaan. Momen itu benar-benar membuat dirinya sadar akan pentingnya menjaga kesehatan demi menghindari penyakit berat seperti jantung. Pengalaman berbagi cerita dengan mereka akan selalu jadi pengingat dirinya tetap menjalani hidup sehat.

“Aku coba menerapkan gaya hidup sesehat mungkin, dan mulai dari sedini mungkin. Aku tidak merokok dan rutin berolahraga,” kata Mikha dalam Konferensi Pers Peringatan Hari Jantung Sedunia, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: 6 Gaya Hidup Sehat & Menyenangkan Bersama Keluarga

Mikha selalu mengusahakan berolahraga setiap hari. Tidak hanya beraktivitas di luar ruangan, dia selalu aktif bergerak sambil berkegiatan di dalam rumah pun, bisa dibilang sebagai olahraga yang menyehatkan.
 

Selain itu, dirinya juga sangat memerhatikan asupan makanan dan kebutuhan gizi setiap harinya. Dengan demikian, Mikha bisa terus menjaga kesehatan diri karena asupan makanan ke dalam tubuh selalu terkontrol.

Bagi orang yang tidak terbiasa, apa yang dilakukan Mikha mungkin terdengar susah ditiru. Namun, Mikha mengaku tidak terbebani. Menurut dia, yang dilakukannya saat ini adalah bentuk self love. "Ya, kalau kita mengaku menyayangi diri sendiri, seharusnya kita menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik."

Mikha mengatakan selain menjaga pola makan dan olahraga, dirinya juga punya perhatian tersendiri terhadap kesehatan mental. Ya, di tengah berbagai aktivitas harian yang padat, kesehatan mental memang harus tetap prima. Jangan sampai stres muncul dan membuat mood jadi berantakan.

Mikha menyebut menghindari stres justru lebih tricky dibanding menjaga kesehatan fisik. Namun, dirinya punya cara jitu menghindari stres dengan mudah, yakni dengan melakukan hobi-hobi yang menyenangkan diri sendiri.

“Aku sangat suka spend time alone. Jadi, kalau sudah capek, aku menyendiri di kamar, menonton film, baca buku, atau berolahraga,” imbuh Mikha.
 

Pentingnya Menjaga Gaya Hidup Sehat.

Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Esti Nurjadin mengatakan penyakit jantung memang sebagian besar adalah persoalan gaya hidup yang buruk. Penyakit tersebut bisa dicegah jika kita punya gaya hidup yang sehat.

Selain dengan olahraga rutin, konsumsi makanan yang sehat dan menjauhi gula, garam, dan lemah adalah hal yang harus dijaga ketika ingin memiliki gaya hidup sehat. Tidak hanya itu, kamu juga harus aktif bergerak dan jangan mager alias malas gerak.

Baca juga: Penting untuk Masa Tua, Yuk Intip Hidup Sehat ala Agnez Mo

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (Perki) Radityo Prakoso mengatakan penyakit jantung bawaan adalah penyakit kelainan anatomis. Oleh karena itu, penyakit jantung sebenarnya bisa sembuh meski ada satu catatan khusus di dalamnya.

Di Indonesia, salah satu masalah terbesarnya ialah keterlambatan pasien datang ke rumah sakit. Keterlambatan tersebut sering kali membuat dokter tidak bisa mereparasi kondisi jantung dengan maksimal. Jika bisa datang lebih dini, sangat mungkin pasien jantung bisa kembali ke fisiologi normal dan bisa beraktivitas seperti biasa.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Googlenews)

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Cara Bagi Waktu Kerja Full-Time dan Usaha Sampingan Buat Newbie

BERIKUTNYA

Peringatan Hari Jantung Sedunia, Duh Kasus Kardiovaskular Sudah Lintas Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: