Ilustrasi konten kreator (Sumber gambar - AQIVIEWS - Unsplash)

Aplikasi Ini Bisa Kalian Coba Buat Bikin Konten Bercuan Tanpa Khawatir Algoritma

07 November 2022   |   16:13 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype suka bikin konten-konten kreatif di platform media sosial? Kalau iya, maka ada kabar gembira nih. Saat ini, ada aplikasi buatan anak bangsa yang memungkinkan kalian membuat konten, kemudian men-cuan-kannya, tanpa khawatir persoalan algoritma. 

Memang, dalam beberapa tahun terakhir ini makin banyak orang yang mulai beramai-ramai ingin menjadi konten kreator, seiring dengan meningkatkan potensi ekonomi digital di Indonesia.

Baca juga: 5 Aplikasi Pembuat Musik Digital Terbaik, Cocok untuk Pemula

Namun, untuk bisa menjadi seorang konten kreator yang menghasilkan cuan memang enggak segampang itu. Sebab kalian harus memenuhi berbagai persyaratan. Misalnya, harus punya followers, viewers atau subscribers dalam jumlah tertentu. 

Enggak heran kalau yang bisa meraup banyak cuan dari profesi sebagai konten kreator sebagian besar adalah mereka, yang memiliki banyak fanbase dengan jumlah viewers banyak. Selain itu, enggak sedikit juga yang sengaja membuat konten kontroversial agar viral hingga bisa menarik lebih banyak viewers.

Sementara itu, para konten kreator yang fokus dan serius membuat konten, justru tidak banyak dilihat sehingga banyak yang kemudian layu sebelum berkembang.

Di tengah kondisi itu, kalian yang memang serius menggarap konten-konten berkualitas, bisa mencoba platform TipTip.

Startup ini akan mewadahi para konten kreator yang benar-benar menghasilkan konten berkualitas, tanpa harus terpaku pada algoritma untuk bisa menghasilkan pendapatan atau memonetisasi kontennya. 

Albert Lucius, Pendiri dan CEO TipTip meyakini bahwa potensi ekonomi kreator bisa berkontribusi positif pada industri kreatif sekaligus perekonomian Indonesia secara keseluruhan, terutama melalui ekosistem ekonomi kreator yang terus berkembang. 

"Keyakinan ini tentu mendorong TipTip memperkuat posisi untuk mewujudkan potensi tersebut," ujarnya.

TipTip sudah diluncurkan sejak Juli lalu dan hingga Oktober 2022 ini mencetak pertumbuhan positif, dengan volume pendapatan meningkat hingga 9x serta jumlah pengguna yang bertambah 4x lebih banyak dari sejak resmi diluncurkan bulan Juli lalu. 

Pertumbuhan ini merupakan hasil dari rangkaian kegiatan Hyperlocal TipTip di delapan kota di Indonesia, termasuk Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali. 

Kunjungan TipTip telah menerima sambutan positif dari komunitas setempat dan berhasil merangkul lebih banyak masyarakat bergabung ke dalam ekosistem kreator TipTip. 

“Kami berkomitmen ingin membawa semangat pemberdayaan baru dengan menyediakan wadah yang bisa menjawab tantangan kreator akan kendala monetisasi yang belum banyak diangkat oleh private sectors lainnya," ujar Albert. 

Setelah tiga bulan diluncurkan, kali ini TipTip kembali mengumumkan kampanye Lakuin di TipTip, dan mengajak masyarakat Indonesia mendukung perkembangan industri kreator dengan memonetisasi kreativitas dan passion di TipTip. 

Kampanye ini turut membuka kesempatan bagi setiap pemangku kepentingan di industri kreator untuk saling mendukung guna mewujudkan pembangunan ekosistem ekonomi kreator Indonesia yang selalu bertumbuh. 

TipTip meningkatkan beberapa fitur pengalaman yang semakin memudahkan komunitas TipTip memonetisasi passion mereka. Kreator bisa menjual Digital Konten atau membuat Live Session yang dilengkapi dengan fitur tipping bagi suporter di setiap sesinya. 

Tidak hanya bagi para pembuat konten, fitur promotor TipTip juga memberikan akses ke semua orang untuk bisa mempromosikan digital konten kreator manapun dan mendapatkan penghasilan darinya.
 

Fitur

Kini, TipTip sudah menghadirkan ratusan konten menarik dari lebih dari 1.000 kreator yang bergabung sejak awal peresmiannya. Setiap bulannya ada sekitar 200 konten baru dari para kreator yang terbagi ke dalam ragam sub-topik kategori seputar topik pengembangan diri, kesehatan, bisnis dan entrepreneurship, hiburan, teknologi dan sains, dan topik menarik lainnya. 

Dilengkapi dengan fitur pengalaman monetisasi yang lengkap dan transparan bagi kreator, maupun suporter sebagai promotor, TipTip memastikan terciptanya budaya saling mendukung  sebagai bentuk apresiasi kepada kreator.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

Saat ini, TipTip tengah menggencarkan kampanye “Lakuin Di TipTip” sehingga semua kalangan masyarakat bisa bergabung dalam ekosistem kreator TipTip baik untuk melakukan kreativitas maupun menjual hasil kreasinya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kreatif! Pria Ini Olah Limbah Kardus Jadi Perabot dan Dekorasi Rumah

BERIKUTNYA

HYBE Dorong Girlgroup LE SSERAFIM dan New Jeans Jelang BTS Jalani Wajib Militer, Yuk Kenalan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: