Beberapa software digital ini bahkan bisa diunduh gratis di Playstore atau Apple Store. Ilustrasi sumber gambar (Unsplash/Techivation)

5 Aplikasi Pembuat Musik Digital Terbaik, Cocok untuk Pemula

03 November 2022   |   21:50 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang suka atau ingin belajar membuat musik,saat ini ada banyak aplikasi tekonologi digital yang dapat memudahkan kalian dalam berkreasi loh. Beberapa software digital itu bahkan bisa diunduh gratis di Playstore atau Apple store. Sehingga kalian tidak perlu merogoh kocek untuk membeli aplikasi berbayar.

Seiring perkembangan waktu, teknologi memang semakin memudahkan manusia. Bahkan, Genhype juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuat musik yang dulu hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Lewat aplikasi-aplikasi yang dikembangkan developer tersebut kini kalian bisa membuat lagu, merekam, dan mengcover sebuah lagu.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

Nah, biar enggak penasaran aplikasi apa saja yang dapat mendukung kalian untuk untuk melakukan kegiatan tersebut, yuk simak rekomendasi 5 aplikasi pembuat musik terbaik yang dirangkum Hypeabis.id  dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.
 

1. Walk Band

Dikembangkan Revontulet Soft Inc, aplikasi Walk Band bisa digunakan untuk memainkan ragam instrumen musik, seperti bass, gitar, piano, drum, dan masih banyak lagi. Memiliki rating 4.2 di Play Store, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik untuk digunakan oleh pemula dan tentunya mudah diaplikasikan.

 

Ilustrasi gambar (sumber tangkapan layar Play Store)

Ilustrasi gambar (sumber tangkapan layar Play Store)

Dilengkapi dengan USB MIDI port, Genhype juga bisa menghubungkan ponsel kalian dengan MIDI keyboard dan bisa memainkannya lewat aplikasi ini. Tak hanya itu, aplikasi Walk Band  juga memungkinkan untuk membuat multitrack synthezizer  dan memasukkan rekaman yang telah dibuat dalam format MP3.
 

2. BandLab

Aplikasi selanjutnya adalah BandLab yang juga dapat dioperasikan di perangkat android atau iOs bagi Genhype yang ingin membuat musik dengan fitur lengkap. Dengan memanfaatkan aplikasi ini kalian bisa membuat musik-musik multitrack dengan fitur ajaib.

Dirangkum dari laman mereka, fitur-ftur tersebut a.l, Sampler, yang dapat digunakan untuk membuat instrumen khusus, lalu 16 Track studio yang dapat digunakan untuk membuat digital multi track, hingga fitur tuner dan metronom untuk membuat irama musik jadi lebih tertata.
 

3. Musik Maker Jam

Aplikasi satu ini cukup populer di kalangan pembuat musik digital karena proses pengoperasiannya cukup mudah dilakukan. Di sini kalian juga bisa menggunakan loop (fragmen musik digital) dari berbagai genre musik termasuk Trap, EDM,Hip-Hop, House, Pop, Rock, dan masih banyak lagi.
 

Ilustrasi gambar (sumber tangkapan layar Play Store)

Ilustrasi gambar (sumber tangkapan layar Play Store)

Lewat aplikasi  yang dirilis pada 2013 ini kalian juga bisa membuat trek audio sendiri dari berbagai jenis musik yang ada dan menggabungkannya satu sama lain. Jadi, kalian bisa berkreasi dan menjelajahi berbagai genre musik dalam format  digital lewat aplikasi ini. 
 

4. FL Studio Mobile

Dikembangkan oleh Image-Line, aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2013 yang menawarkan fitur-fitur menarik. Di sini kalian bisa membuat dan menyimpan hasil olahan musik yang dibuat dengan aplikasi tersebut langung di dalam ponsel.

Musik yang dibuat juga bisa disimpan dalam format AAC, WAV, MIDI, FLAC, MP3,dan masih banyak lagi.FL Studio Mobile juga menyertakan pembelian dalam aplikasi untuk pemutar sampel DirectWave. Jadi, Genhype bisa menginstal sampel musik tanpa perlu membeli konten laiknya di platform berbayar.
 

5. Audio Evolution Mobile Studio

Dikembangkan oleh eXtream Software Development, aplikasi pembuat musik gratis ini cara kerjanya pun cukup mudah untuk pemula. Genhype hanya perlu merekam suara dan tinggal berkreasi dengan efek-efek spesial di dalamnya. Meliputi mixer, loop audio, pengeditan pola drum, dan yang lain.

Tak hanya itu, Genhype juga dapat melakukan mix karya asli ke dalam sampel stereo berkualitas tinggi sehingga hasil rekaman bakal lebih jernih. Dijamin deh, lewat aplikasi ini bakal memperkuat daya kreativitas kalian saat bereksperimen dengan musik digital.


Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Khawatir Terkena Gagal Ginjal Akut? Perkuat Daya Tahan Tubuh Anak

BERIKUTNYA

Cek Penyebab & Cara Mengatasi Kram Otot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: