Ada banyak aplikasi edit foto untuk ponsel Andoird dan iOS. (Sumber gambar: Unsplash)

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

01 November 2022   |   18:00 WIB

Pengambilan foto melalui kamera ponsel sering kali memiliki ketidaksempurnaan dalam berbagai hal, mulai dari posisi foto yang miring, tingkat kecerahan yang kurang pas, hingga adanya kelebihan ruang pada hasil foto yang telah diambil. Untuk memperbaikinya, perlu adanya proses editing atau penyuntingan. 

Namun, fitur penyuntingan foto yang ada pada aplikasi galeri foto sering kali kurang memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Inilah yang membuat adanya keperluan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, dalam rangka menunjang proses penyempurnaan pada sebuah foto, terutama foto yang diambil dari kamera ponsel pintar.

Mulai dari aplikasi buatan Google, Adobe, hingga aplikasi untuk keperluan foto yang spesifik, ini dia lima rekomendasi aplikasi edit foto pada ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS. 

Baca juga5 Tip Bikin Foto Instagramable saat Liburan
 

1. Snapseed

Dibuat oleh Google, aplikasi ini identik dengan berbagai fitur yang bervariasi untuk memenuhi kebutuhan penyuntingan dari fitur dasar hingga kompleks. Beberapa fitur yang hadir adalah pemotongan, pengaturan angle foto, bingkai, teks, hingga efek foto yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan efek dari Snapseed.

Tidak hanya itu, aplikasi gratis ini memiliki kelebihan pada penyuntingan yang cepat dan mudah tanpa banyak proses trial and error. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan bagi para fotografer pemula maupun profesional karena beberapa alat atau tools umum yang tersedia, dan simpel digunakan. 
 

2. VSCO

Dikenal sebagai salah satu pelopor penyunting foto dengan berbagai filter, VSCO dikenal dengan filter serupa foto-foto jadul yang bervariasi dan terinspirasi dari filter Instagram pada masa perilisan awal. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki pengaturan pada kontras, exposure, temperatur, hingga warna kulit.

Menariknya, VSCO memiliki fitur berbagi hasil foto yang sudah diedit ke media sosial. Mengingat fokus aplikasi ini ada pada penyediaan filter warna, aplikasi ini lemah dalam menunjang penyuntingan foto yang lebih kompleks untuk berbagai isu dan kebutuhan. 
 

3. Adobe Lightroom

Versi mobile dari aplikasi Lightroom ini memiliki fitur yang lebih ringkas dibandingkan Lightroom versi komputer, di mana aplikasi ini berfokus pada penyuntingan foto yang bersifat teknis seperti pengaturan ISO, eksposur, hingga saturasi dan filter. Serupa dengan versi komputernya, Lightroom pada ponsel juga bisa mengedit berbagai foto dengan lebih banyak format, termasuk RAW yang populer di kalangan fotografer profesional.

Kesannya yang profesional membuat Lightroom menunjang lebih banyak fitur penyuntingan seperti pengaturan cahaya, warna, detail, distorsi, hingga tingkat grain pada foto secara manual. Inilah yang membuat Lightroom cukup direkomendasikan bagi fotografer profesional, meski mereka yang pemula tetap bisa menggunakannya.
 

4. Adobe Photoshop Express

Serupa dengan Lightroom, Photoshop Express merupakan versi seluler yang tetap menghadirkan berbagai alat penyuntingan foto terbaik dari Adobe. Namun, aplikasi ini merupakan versi yang lebih mudah digunakan bagi pengguna awam di ponsel mereka. 

Alat-alat yang digunakan menunjang beberapa keperluan dasar hingga kompleks, misalnya pemotongan, koreksi warna, kontras, keterangan, hingga saturasi. Selain itu, aplikasi ini juga hadir dengan beberapa filter yang mengatur masalah umum seperti temperatur warna dan masalah eksposur.
 

5. InShot

Bagi Genhype yang ingin melakukan penyuntingan foto ke beragam bentuk, InShot bisa menjadi pilihan alternatif. Aplikasi ini memiliki beberapa alat penyuntingan yang serupa dengan Photoshop seperti masking, kemampuan mengubah foto menjadi karya yang berbasis kecerdasan buatan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menunjang pembuatan foto dalam bentuk lain seperti kolase foto dan foto yang dimasukkan ke dalam video. Lalu, aplikasi ini juga mudah digunakan dengan beragam alat dari pemotongan hingga efek visual untuk foto portrait manusia. 

Baca juga4 Destinasi Keren untuk Hunting Foto Satwa Liar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Tahapan yang Tepat Melakukan Resusitasi Jantung Paru

BERIKUTNYA

Destinasi Wisata di Pulau Bintan yang Wajib Kalian Kunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: