Art Moments Jakarta 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Tips Menikmati Karya Seni Abstrak untuk Pemula

07 November 2022   |   07:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Abstrak merupakan salah satu jenis seni kontemporer yang banyak digunakan oleh seniman dalam berkarya. Berbeda dengan gaya lainnya seperti realis, karya abstrak kerap membuat penikmat seni harus berpikir lebih dalam untuk memahami penyederhanaan bentuk yang penuh simbolisme.

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Agus Burhan mengatakan bahwa lukisan abstrak terdiri dari dua macam. Pertama adalah lukisan abstrak yang berupa abstraksi dari suatu bentuk dan abstrak murni yang merupakan perkembangan berikutnya.
 
Dalam diskusi Handrio: Dari Abstrak Geometris Menuju Komposisi Musik, yang diselenggarakan Sabtu (5/11/2022), dia menuturkan bahwa untuk melihat karya-karya seni lukis abstrak adalah dengan melihat bagaimana komposisi yang diciptakan oleh unsur-unsur yang ada di dalam karya tersebut seperti garis, bentuk, hingga eksplorasi warna.
 
Agus juga mencotohkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita hidup di antara bentuk-bentuk familiar ketika memilih desain mobil, sepatu, dan sebagainya.

Baca juga: Pesona Karya Seni Kontemporer & Surealis di Art Moments Jakarta 2022
 
"Desain-desain itu sebenarnya ada yang menyerupai bentuk tertentu. Namun, beberapa di antaranya tidak menyerupai bentuk apa pun. Meskipun tidak menyerupai bentuk apa pun, kita  bisa merasakannya, seperti merasakan bahwa barang tersebut bagus," katanya.
 
Sebagai perbandingan, dia menuturkan pada musik juga terdapat abstraksi seperti suara burung, deru angin, ombak, dan sebagainya. Namun, terdapat juga suara yang tidak mewakili apa-apa, dan bisa menyentuh pendengarnya bahkan bisa membuat lega hingga sedih.
 
"Untuk memahami karya dari Handrio yang pure abstrak, para penikmat seni bisa masuk dari komposisi warna, garis, konstruktif, dan sebagainya," ujar Agus.
 

Art Moments Jakarta 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Art Moments Jakarta 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Dalam sebuah karya abstrak kita bisa melihat bagaimana sang seniman menyederhanakan berbagai benda seperti gedung-gedung di kota, pohon-pohon, pemandangan, dan hewan melalui simbol-simbol pribadi. Menurut Agus, proses abstraksi hingga menjadi karya menjadikan seni kontemporer ini tidak sekaku gaya lainnya.
 
Sebagai contoh karya abstraksi dan abstrak murni saling berkelindan terlihat pada karya Broadway Boogie Woogie dari seniman Piet Mondrian. Para penikmat seni dapat membayangkan blok-blok di Broadway yang serasi dengan irama boogie woogie. Pemberian judul yang tepat turut menjadi faktor penting untuk  memberikan asosiasi kepada penikmatnya.
 
Sementara itu, kurator Mikke Susanto mengatakan bahwa seniman kerap memberikan pemaknaan kepada para penikmat seni dan dibutuhkan kejujuran untuk dapat menikmatinya. Masalahnya, tidak sedikit penikmat seni yang mengalami kesulitan untuk memahami dan berasosiasi dengan sebuah karya.
 
Hal ini menurutnya wajar karena pada umumnya penikmat seni, khususnya para pemula, datang dengan dasar pendekatan lukisan non abstrak atau representasional.

Baca juga: Nuansa Alam dalam Goresan Gaya Abstrak

"Butuh waktu untuk akhirnya melepaskan pendekatan yang biasa dipakai ke dalam lukisan abstrak yang sifatnya lebih sederhana, meski tidak semua karya seni abstrak sesederhana kelihatannya," kata Mikker.

“Motif seniman melukis karya seni abstrak biasanya didasarkan oleh universalitas tanda atau bahasa visual. Menurutnya, semakin sederhana objeknya, maka kian mudah diserap oleh para apresiator. Alasan lainnya seniman melukis dengan gaya abstrak bisa jadi karena pelukisnya belum memiliki kemampuan teknis melukis realistik yang mumpuni.

“Karena itu, bisa jadi memilih karya yang secara teknis mudah, yakni abstrak. Baik berupa teknik yang sifatnya abstrak ekspresif maupun lainnya,” tambahnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tiket KA Liburan Natal & Tahun Baru Bisa dipesan Mulai 7 November

BERIKUTNYA

Gangguan Mental Berkaitan Erat dengan Penyalahgunaan Zat dan Tingginya Angka Kematian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: