Salah satu koleksi Galeri Seni Nasional Athena, Mother and Child in Red Uniform-Fougeron Andre-1944 (Dok. National Gallery Athens/Instagram)

Hampir Satu Dekade Hilang, Akhirnya Dua Lukisan Ini Ditemukan di Yunani

30 June 2021   |   15:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Karya seni seniman Pablo Picasso dan Piet Mondrian yang hilang berhasil ditemukan oleh polisi Yunani hampir satu dekade setelah dicuri dalam kasus pencurian besar di suatu museum.

Seperti dilansir dari CNN, dua lukisan, yang diambil dari Galeri Seni Nasional di Athena, ditemukan pada Senin, (28/6/2021), termasuk dengan penangkapan satu tersangka sehubungan dengan pencurian tersebut.

Dua karya berjudul Head of a Woman milik Picasso dan Landscape with a Mill milik Mondrian adalah termasuk di antara tiga karya seni yang diambil dalam kasus pencurian pada tahun 2012 silam.

Pencurian itu terjadi pada hari terakhir pameran berjudul “Unknown Treasures” yang diadakan di Galeri Seni Nasional di Athena, yang juga menampilkan banyak karya seni cetakan dan lukisan para seniman termasuk Albrecht Duerer dan Rembrandt van Rijn.

Sementara itu, menggambarkan seorang wanita dalam balutan blus putih dengan latar belakang biru, lukisan Head of a Woman milik Picasso telah disumbangkan ke Yunani setelah Perang Dunia II sebagai pengakuan atas perlawanan negara itu terhadap pendudukan Nazi.

Pada bagian belakang karya itu tertulis pesan dari seniman Spanyol yang berbunyi, “untuk orang-orang Yunani, sebuah penghargaan dari Picasso”.

Selain itu, lukisan Landscape with a Mill adalah karya figuratif yang bisa dibilang kurang dikenal yang dibuat oleh seorang seniman yang terkenal dengan gaya abstraknya, Piet Mondrian. Sedangkan karya seni ketiga yang diambil dalam pencurian itu adalah sketsa pena dan tinta oleh seniman Renaisans, Guglielmo Caccia, yang sampai saat ini belum berhasil ditemukan.

Editor: M R Purboyo

 

SEBELUMNYA

Keren, Kamu Bisa Dengerin Musik dengan Tampilan iPod Classic di Web App Ini

BERIKUTNYA

Nikmati Keindahan Alam di Desa Wisata Ramang-Ramang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: