Ilustrasi gaun pengantin (Sumber gambar: letsruntothesun.com)

Cara Memilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh

31 October 2022   |   18:49 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Diet memang tak pernah hilang dari tren. Keinginan untuk tampil ramping dan memukau pada hari pernikahan menjadi angan-angan terbesar. Namun, apa daya kalau timbangan tak turun-turun. Malah, karena kesibukan mengurus sana sini, berat badan kamu justru semakin bertambah.

Rasanya hampir semua wanita pernah mengeluhkan bentuk tubuhnya. Pundaknya yang terlalu lebar, tangannya yang pendek, perutnya yang besar, dan sederet keluhan lainnya. Entah siapa yang menyepakati hal ini, label tubuh sempurna diberikan pada wanita tinggi semampai, berkaki panjang, dan memiliki lekuk tubuh bak gitar spanyol.

Lantas hal ini menjadi batu penjuru bagi para wanita untuk mendapat tubuh idaman. Namun dalam kenyataan, jumlahnya hanya segelintir. Jadi, jangan berkecil hati apabila tubuh kalian tidak seperti Park Shin-hye dalam balutan gaun pengantin Oscar de la Renta di hari pernikahan. Menghabiskan waktu 3 jam sehari di gym dan hanya makan selada setiap malamnya bukan menjadi salah satu jalan keluar.

Baca jugaPark Shin-hye Tampil Anggun dengan Gaun Oscar de la Renta di Hari Pernikahannya

Daripada mengubah, cobalah bermain dengan bentuk tubuh kalian. Coco Chanel pernah berkata “Fashion is architecture: it is a matter of proportions.” Perlu Genhype perhatikan bahwa semua ini tak ada hubungannya dengan ukuran, melainkan proporsi tubuh. Berapa banyak kilogram yang hilang tak akan mengubah proporsi tubuh, bentuk tubuh dipengaruhi oleh struktur tulang yang diwariskan secara genetik yang tak akan berubah sepanjang hidup.

Maka dari itu, mengapa tidak memilih gaun sesuai dengan bentuk tubuh? Tonjolkanlah aset yang kalian miliki dan tutupilah kekurangannya. Ini dapat menjadi jalan untuk tampilan yang ideal. Pemilihan pakaian yang tepat dapat menyeimbangkan kekurangan tubuh ke arah proporsional.

Coba cari tahu bentuk tubuh dan pilihlah gaun yang tepat. Berikut ini adalah bentuk tubuh yang umum yang dimiliki oleh para wanita.


1. Pear Shape/Triangle Shape


Bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh wanita, yang mana bagian tubuh atas lebih kecil dibanding tubuh bawah. Pinggul lebih besar dibanding dada, artinya kalian mempunyai lekuk pinggang yang terlihat jelas. Jika berat badan naik, lemak akan 'lari' ke bagian bawah.

Percantik penampilan dengan mengenakan gaun pengantin yang menonjolkanlah tubuh bagian atas untuk menyeimbangkan tubuh bagian bawah. Kalian juga bisa bermain dengan detail manik-manik atau lipit-lipit di bagian pinggang ke atas. Potongan v-neck juga merupakan ide yang bisa diterapkan. 

Cobalah Fall A-Line Sillhoutte yang meng-highlight bagian terkecil di tubuh. Selain itu, Ball Gown dress akan menyamarkan pinggul yang lebar dan menonjolkan tubuh bagian atas. Sementara itu, gaun yang dilarang pada bentuk tubuh ini adalah Mermaid Dress dan Sheath Dress yang membuat bokong dan ban tubuh terlihat semakin berisi. 
 

2. Apple Shape/Circle Shape


Sejenak, pemilik apple shape terlihat ‘berat di atas’ karena tubuh bagian atas yakni daerah sekitar bahu, dada, perut, serta pinggang lebih besar dibanding bagian lainnya. Memilih gaun pengantin untuk bentuk tubuh apple shape ini bisa dibilang susah-susah gampang. Bermainlah dengan korset dan belahan di rok.

Kalian juga bisa mencoba Empire Line Dress yang membuat bagian atas terlihat lebih kurus dan A-Line yang menyeimbangkan proporsi tubuh. Hindari motif atau detail yang ramai di bagian atas agar tidak semakin berisi. Basque dress yang memang tepat di perut malah akan semakin menonjolkan perut. Sheath Dress juga dilarang kerasa karena dijamin membuat tubuh semakin berisi. 
 

3. Hourglass Shape


Pemilik tubuh seksi yang berisi ini mempunyai proporsi bagian atas dan bawah yang sama, dan dipertegas dengan lekukan pinggang bak jam pasir. Lekukan-lekukan inilah yang menjadi aset yang dapat ditonjolkan. Carilah gaun yang memiliki garis leher berbentuk hati dan memberikan ‘isi’ di bagian dada.

A-Line Dress dapat menyeimbangkan proporsi tubuh, Mermaid Dress dan Sheath Dress sangat cocok bagi kamu yang menonjolkan lekuk tubuh. Perlu diketahui, bentuk tubuh hourglass disarankan untuk tidak memilih memilih gaun yang memakai beads yang akan membuat terlihat berat dan tidak seimbang.

Baca jugaTampil Memesona, Cek 4 Gaun Pernikahan Eva Celia Rancangan Hian Tjen hingga Yogie Pratama 
1
2


SEBELUMNYA

Dekorasi Rumah Kalian dengan Talenan, Kenapa Enggak?

BERIKUTNYA

Perjalanan Kesenian Heri Dono, Awal Animasi dan Animisme

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: