Ilustrasi talenan dekoratif (Adam Winger-unsplash)

Dekorasi Rumah Kalian dengan Talenan, Kenapa Enggak?

31 October 2022   |   13:49 WIB

Talenan, kini tak lagi berfungsi hanya sebagai alas mengiris atau memotong sayur, daging, dan bumbu-bumbu. Namun, benda ini juga bisa dikreasikan sebagai aksesori rumah. Salah satunya dengan menyulapnya menjadi hiasan ruangan yang unik dan menarik jika dikreasikan sedemikian rupa. 

Bicara talenan, benda ini memang tak boleh absen di dapur. Keberadaannya sangat diperlukan menunjang aktivitas memasak di dapur. Bisa dibayangkan bila tidak ada alat ini, ibu-ibu akan mengalami kesulitan mengiris bumbu. Kali ini, kita tidak akan membahas talenan seperti itu. Tetapi talenan dekoratif.

Baca juga: Kreatif, Limbah Kulit Kerang Disulap Jadi Perhiasan Cantik

Bila dilihat dari rupanya, perabotan dapur ini memiliki bentuk khas seperti persegi panjang, bulat, dan oval. Bentuk-bentuk itu disesuaikan untuk kegiatan mengiris atau memotong. Untuk materialnya ada yang berbahan plastik, marmer, dan kayu. Ukurannya juga beragam, mulai dari yang kecil berukuran 15 cm x 25 cm hingga berukuran 30 cm x 45 cm.

Dengan bentuk khasnya tersebut, peralatan dapur ini menjadi unik ketika dialihfungsikan sebagai elemen dekorasi. Umumnya talenan dekoratif ini dikreasikan menggunakan material kayu seperti kayu jati, sonokeling, dan kayu solid.  

Hal itu tak lepas karena motif-motif kayu memiliki kesan natural dan mudah dikreasikan. Beda ceritanya dengan talenan material plastik yang terkesan kaku dan tidak natural. 
 

Kreativitas Desain

Saat ini, di pasaran ada berbagai perajin yang membuat beragam kreasi talenan. Seperti dibuat lukisan, bingkai foto, hingga chalkboard letter art. Bukan hanya itu, talenan juga bisa dikreasikan sebagai sandaran tablet dan ponsel pintar. Dengan ragam kreasi, kalian bisa menempelkan talenan ini di area dapur, kamar tidur, ruang makan, hingga ruang tamu. 

Bila talenan dijadikan sebagai bingkai foto, kalian bisa menaruh talenan di meja kerja untuk mengganti bingkai-bingkai konvensional. Dengan demikian suasana ruang kerja kalian tidak lagi monoton. Untuk kreasi talenan pot tanaman, kalian bisa meletakannya di bagian dapur atau area-area lain guna memberikan kesan segar. 

Kemudian talenan dengan kreasi kata-kata mutiara atau tipografi, kalian bisa memajangnya di dinding ruang tamu, dapur, ruang baca, atau ruang makan. Soal peletakannya ini, selain bisa dipacak di dinding atau ditaruh di atas meja bersanding dengan aksesori-aksesori lainnya.

Karakter kayu pada talenan ini juga menghasilkan kesan yang lebih vintage atau rustic pada hunian. Walau perabotan dapur, talenan dengan unsur dekoratif ini tak kalah dengan elemen dekorasi lainnya.  Malah, melalui talenan dekorasi rumah akan memberikan kesan berbeda. Sebab benda yang biasa mangkal di dapur ini, kini bertransformasi menjadi hiasan rumah. 

Selain itu talenan-talenan unik ini pun cocok untuk hunian-hunian bergaya modern minimalis, industrial, eklektik, bahkan pop art. 
 

Coba Buat Sendiri

Bila tidak puas dengan kreasi-kreasi talenan di pasaran, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri. kalian dapat meniru dari produk-produk yang sudah ada. Atau, bisa membuat dengan style masing-masing. 

Sementara itu, untuk mencari talenan tidak sulit, karena tersedia di toko perabotan online maupun offline. Bila sudah didapat, selanjutnya kalian tinggal memilih bentuk talenan sesuai dengan selera. Ada bentuk persegi empat, persegi empat dengan satu ujung terdapat pegangannya, potongan kayu gelondongan hingga papan. 

Baca juga: Cantiknya Ragam Perhiasan Seni Ukir Bali

Dalam hal talenan dekoratif, material kayu sangat disarankan karena mudah dikreasikan. Setelah itu tinggal berkreasi dengan tulisan, motif, atau foto. Atau bila kalian tidak mau capek-capek, bisa mencari talenan yang sudah dikreasi dengan berbagai bentuk. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Jejak Karier Aktor Lee Ji Han yang Jadi Korban Tewas di Pesta Halloween Itaewon

BERIKUTNYA

Cara Memilih Gaun Pengantin Sesuai Bentuk Tubuh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: