Ilustrasi (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

5 Kiat Jaga Kesehatan Tulang agar Tidak Keropos

23 October 2022   |   08:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Jangan merokok dan hindari alkohol 

Kebiasaan hidup yang kurang sehat ini dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang. Kebiasaan tersebut juga dapat membuat tubuh rentan mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D, sehingga tulang akan lebih rapuh.

Zat nikotin dalam rokok berpotensi mempercepat pengeroposan tulang sebanyak 2 persen per tahunnya. Jika kamu perokok sekaligus suka mengonsumsi alkohol berlebih, pengeroposan tulang akan meningkat menjadi 8 persen per tahunnya.


4. Waspada steroid

Ibrahim menyebut konsumsi obat-obatan seperti steroid bisa merangsang terjadinya osteoporosis di kemudian hari. Steroid kerap kali dianggap sebagai "Obat Dewa" karena memiliki efek cepat mengurangi keluhan. 

Obat antiradang termasuk ke dalam kelompok obat ini dan sering diresepkan untuk mengatasi nyeri sendi, radang tenggorokan, dan pasien dengan autoimun seperti Lupus.

"Namun yang bahaya, kadang orang beli sendiri obat ini tanpa resep dokter. Jangan biasakan minum ini. Jangka panjangnya bisa membuat gangguan regulasi di tulang sehingga menyebabkan osteoporosis," tegas Ibrahim. 


5. Jaga berat badan

Selain makan makanan bergizi, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mendukung kesehatan tulang. Misalnya, kekurangan berat badan meningkatkan risiko osteopenia dan osteoporosis. 

Hal ini terutama terjadi pada wanita pascamenopause yang telah kehilangan efek pelindung tulang dari estrogen. Berat badan yang rendah pun merupakan faktor utama berkontribusi terhadap penurunan kepadatan tulang dan pengeroposan tulang pada kelompok usia tersebut.

Baca jugaBegini Cara Enak Mencegah Osteoporosis

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat merusak kualitas tulang dan meningkatkan risiko patah tulang akibat stres kelebihan berat badan.

Mempertahankan berat badan normal yang stabil atau sedikit lebih tinggi dari berat badan normal adalah cara terbaik untuk melindungi kesehatan tulang kamu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Bakal Ramai, Film Sri Asih Menyajikan 26 Scoring Musik

BERIKUTNYA

Begini Proses Etilen Glikol Menyebabkan Gagal Ginjal Akut Hingga Kematian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: