Lensa kamera (Unsplash/Hunter Moranville)

Mengenal 5 Jenis Lensa Kamera Beserta Fungsi dan Kelebihannya

04 August 2021   |   14:44 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam dunia fotografi, selain kamera yang berfungsi sebagai senjata utama untuk memotret dan menghasilkan foto yang baik, perlengkapan lain yang memainkan peranan penting adalah lensa.

Lensa merupakan bagian dari kamera yang berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya dari objek agar dapat secara tepat ditangkap oleh sensor/film pada kamera.

Lensa kamera yang digunakan untuk format kamera DSLR atau Mirrorless ada bermacam-macam. Dirangkum oleh Hypeabis.id, berikut ini adalah jenis dan kelebihan lensa kamera yang banyak digunakan untuk keperluan fotografi:

Baca jugaIntip 10 Jenis Kamera yang Ada di Dunia
 

1. Lensa Prime

Lensa prime juga dikenal dengan nama lensa tetap (fixed). Seperti namanya, lensa ini hanya memiliki satu perspektif sehingga pengguna tidak dapat melakukan proses zoom saat mengoperasikannya.

Kelebihan dari jenis lensa fixed antara lain menawarkan hasil foto yang lebih jernih serta berukuran relatif kecil dengan bobot ringan. Ini biasanya digunakan untuk fotografi secara umum, mulai dari interior hingga potret.
 

2. Lensa Zoom

Penggunaan jenis lensa ini memungkinkan pengguna melakukan zoom in dan zoom out dalam rentang jarak yang telah ditetapkan. Lensa memiliki fleksibilitas focal length dengan ukuran tertentu seperti 70mm-200mm, 15mm-45mm, dan sebagainya.

Kelebihan dari jenis lensa ini adalah memiliki beberapa focal length dalam satu lensa, memungkinkan optimalisasi zoom in dan zoom out saat melakukan pemotretan sehingga lebih fleksibel dipakai. 
1
2


SEBELUMNYA

Begini Cara Buat Filter AR Instagram dengan Aplikasi Khusus

BERIKUTNYA

Ini Loh Moms Cara Memilih Pakaian yang Tepat Untuk Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: