Menonton film-film horor juga dapat jadi hiburan yang menyenangkan saat merayakan Halloween (Ilustrasi gambar Unsplash/Emilia Willberg)

10 Rekomendasi Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween, Ratu Ilmu Hitam hingga Cabinet of Curiosities

21 October 2022   |   15:13 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bulan Oktober udah mau berakhir nih Genhype, pastinya kalian juga sudah siap untuk ikut merayakan Halloween kan? Nah, salah satu cara menyenangkan untuk ikut serta dalam perayaan Halloween adalah dengan nonton film dan serial horor yang dapat memacu adrenalin. 

Hari Halloween memang identik dengan perayaan yang berbau mistis dan menyeramkan. Terlepas dari tradisi dan budaya di masing-masin tempat yang merayakan, kegiatan ini memang dilakukan setiap tahunnya secara serampak yakni pada tanggal 31 Oktober 2022. 

Di Eropa, perayaan Halloween biasanya melibatkan masyarakat dari semua umur dengan memakai kostum menyeramkan, bermain trick-or-treat, atau pergi ke rumah hantu. Mereka juga mengukir wajah seram pada buah labu dan meletakkannya sebagai dekorasi ruangan dengan topi penyihir di atasnya.

Nah, bagi Genhype yang ingin ikut menikmati perayaannya, menonton film horor tentunya juga dapat jadi hiburan yang menyenangkan saat Halloween tiba. Mulai dari film horor klasik, dokumenter, hingga animasi stop-motion, simak rekomendasi 10 film horor dari Netflix dalam ulasan berikut ini. 

Baca juga4 Agenda Seru dari Berbagai Daerah di Indonesia, Ada Festival Musik Halloween!
 

1. Ratu Ilmu Hitam 

Merayakan Halloweeen dengan rasa lokal tentu akan jadi pengalaman berbeda buat Genhype. Pasalnya, film sutradara Kimo Stamboel yang naskahnya ditulis Joko Anwar ini akan menghadirkan kisah horor yang mencekam.

Film ini mengikuti kisah tiga pria dan keluarganya yang mengunjungi kembali panti asuhan tempat mereka dibesarkan. Tapi bukannya nostalgia yang ditemukan, di sana mereka malah mendapati kekuatan supranatural menyeramkan hingga teror yang berujung pada hilangnya nyawa.
 

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Diadaptasi dari film berjudul sama yang pertama kali rilis 1981 dengna bintang utamanya Suzana, Ratu Ilmu Hitam menghadirkan sederet aktor ternama Indonesia. Film adaptasi ini dibintangi oleh Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Tanta Ginting, Yayu Unru, hingga Shenina Cinnamon. 

Ratu Ilmu Hitam sebelumnya telah memenangkan dua piala Citra dalam ajang penghargaan Festival Film Indonesia 2020, yaitu dalam kategori Penata Efek Visual Terbaik dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik untuk almarhum Ade Firman Hakim. Film ini juga secara umum mendapatkan ulasan yang positif dari para penikmat dan kritikus. 


2. Mr. Harrigan’s Phone

Diangkat dari novel pendek karya pengarang kenamaan Stephen King, Mr. Harrigan’s Phone bercerita tentang seorang bocah lelaki bernama Craig dan lansia miliarder bernama Mr. John Harrigan, yang menjadi sahabat baik berkat kegemaran mereka membaca buku. 
 

Ilusttasi gambar sumebr Netflix

Ilustrasi gambar sumber Netflix
 

Kedua sahabat itu juga sama-sama memiliki iPhone untuk pertama kalinya. Hingga saat sang lansia meninggal dan iPhone miliknya ikut dikubur, hubungan misterius tersebut ternyata terus berjalan melalui peranti tersebut. Lantas, apa yang akan terjadi? Yuk tonton langsung filmnya. 

Film rilisan 2022 ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris, termasuk Donald Sutherland, Jaeden Martell, Joe Tippett, Kirby Howell-Baptiste, dan masih banyak lagi. Situs film IMDb mencatatkan nilai 6 dari 10 dengan sekitar 17.000 penilai, sementara itu Rotten Tomatoes mencatat skor 45 persen, 
 

3. Guillermo del Toro’s Cabinet of Curiosities

Sutradara pemenang Academy Awards Guillermo del Toro akan menjadi kurator antologi spesial yang mengumpulkan delapan kisah menyeramkan dari sejumlah sutradara horor, antara lain Jennifer Kent (The Babadook). Bersiaplah untuk menyambut berbagai mimpi buruk yang akan hadir melalui koleksi cerita yang memukau sekaligus mengerikan ini. 
 

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Serial antologi ini akan menghadirkan delapan episode yang judulnya telah ditentukan, berikut ini: Dreams in the Witch House, Graveyard Rats, Lot 36, Pickman’s Model, The Autopsy, The Murmuring, The Outside, dan The Viewing
 

4. The Midnight Club

The Midnight Club diadaptasi dari novel berjudul sama karya Christopher Pike. Film serial ini dikreasikan Mike Flanagan dengan mengambil lokasi rumah sakit yang menjadi saksi tempat  berkumpulnya sejumlah pasien remaja pengidap berbagai penyakit kronis. 

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Setiap malam mereka saling berkisah mengenai cerita-cerita menyeramkan di dunia. Suatu saat mereka membuat sebuah perjanjian mengerikan. Janji itu adalah bahwa siapa yang pertama kali meninggal harus melakukan komunikasi dari alam kubur. Saat hal itu benar-benar terjadi, maka sejumlah kejadian aneh dan menyeramkan pun mulai muncul dan menghantui mereka.


5. My Encounter with Evil

Serial dokumenter ini menghadirkan pengalaman-pengalaman menyeramkan sejumlah orang yang pernah kerasukan roh jahat. Reka ulang dan kesaksian dari mereka yang mengalaminya membuat tayangan ini semakin menegangkan tapi juga mengundang rasa ingin tahu. Apakah Genhype berani menontonnya hingga habis?
 

Ilustrasi gambar sumber Netflix

Ilustrasi gambar sumber Netflix


Halaman selanjutnya: The Doll 3 hingga Wandell & Wild
1
2


SEBELUMNYA

Stalker Bakal Gigit Jari, Instagram Perbarui Fitur Blokir & Penyembunyian Kata

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Seru Wisata Belanja & Kuliner di Hong Kong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: