Museum Lawang Sewu salah satu destinasi wisata di Semarang, Jawa Tengah (Sumber gambar: tangkapan layar laman KAI)

Intip Sejarah dan Keunikan Museum Lawang Sewu & Ambarawa

24 January 2023   |   15:33 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa masih menjadi pilihan bagi para pelancong untuk mengisi waktu liburan Tahun Baru Imlek 5274. Tercatat, jumlah pengunjung ke dua tempat itu mengalami peningkatan sampai 200 persen selama periode liburan tahun Kelinci Air tersebut.

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar mengatakan bahwa jumlah pengunjung yang datang ke Museum Lawang Sewu mencapai 11.118 pengunjung dan Museum Ambarawa mencapai 3.228 pengunjung. Keduanya merupakan aset yang dimiliki oleh KAI. 

Baca juga: Jadi Museum Arkeologi Terbesar di Dunia, Grand Egyptian Siap Dibuka Tahun Ini

Jumlah itu, tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni pengunjung Museum Lawang Sewu sebanayk 5.524 orang dan Museum Ambarawa mencapai 1.169 orang.

Menurutnya, pertumbuhan wisatawan yang berkunjung ke Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa tidak terlepas dari peningkatan pelayanan dan penambahan wahana yang dua tempat tersebut.

“KAI Wisata sebagai anak perusahaan KAI yang mengelola destinasi wisata Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa akan terus meningkatkan pelayanan serta penambahan wahana dan layanan,” katanya kepada Hypeabis.id.

Menurutnya, peningkatan layanan dan penambahan wahana akan membuat daya tarik wisata di kedua tempat tersebut mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, peningkatan itu juga memberikan nilai tambah yang positif dalam peningkatan layanan dan fasilitas pendukung.

Para wisatawan dapat memenuhi kebutuhan akan makanan, minuman, oleh-oleh, dan cindera mata selama berada di museum dengan peningkatan layanan yang tersedia.

Pada saat ini, wahana dan kegiatan yagn ada di Museum Lawang Sewu dan Ambarawa meliputi sewa kostum, scooter electric, merchandise shop Laseko, café angkringan dan stand UMKM, pertunjukan langsung musik akustik dan tambahan wahana video 360 derajat.

Kemudian, ada juga perjalanan Kereta Wisata relasi Ambarawa – Tuntang (PP), Ruang Audio Visual, Kereta Perpustakaan, Spot untuk foto-foto, dan wahana layanan lain-lainnya.

Dia menambahkan tarif masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa sebesar Rp20.000 per orang untuk wisatawan dewasa. Sementara itu, tarif masuk wisatawan anak-anak adalah Rp10.000 per orang. Kemudian, wisatawan mancanegara Rp.30.000,-/orang.

Baca juga: 5 Rekomendasi Museum Estetik di Jakarta, Cocok Buat Ide Kencan

Adapun tarif untuk naik kereta wisata di museum Ambarawa sebesar Rp.100.000,- per penumpang dan waktu perjalanan relasi Ambarawa-Tuntang (PP) kurang lebih 60 Menit.

Nah buat kalian yang belum pernah berkunjung ke museum yang ikonik ini, yuk simak dulu sejarah tentang kedua destinasi wisata tersebut yang dikutip dari laman PT Kereta Api Indonesia.
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Museum Video Game Terbaik di Dunia, Cocok untuk Nostalgia Para Gamer

BERIKUTNYA

Enggak Harus Sering Dikorek, Ternyata Begini Cara Merawat Kesehatan Telinga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: