Musim hujan membuat risiko kendaraan mengalami sejumlah masalah lebih besar (Sumber gambar : Unsplash/Gryffyn M)

Ini Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan saat Musim Hujan

19 October 2022   |   21:14 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi musim hujan di Indonesia terjadi lebih awal, yakni mulai bulan September hingga November 2022. Lembaga itu juga memprediksi puncak musim penghujan terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023.

Nah, untuk menghadapi curah hujan yang tinggi dalam beberapa waktu ke depan, Genhype khususnya yang memiliki kendaraan bermotor harus waspada dan mulai melakukan antisipasi, sebab bisa saja hujan yang derat mengakibatkan genangan air dan banjir di sejumlah ruas jalan. 

Direktur Cekpremi.com, Ziko Goi, mengatakan salah satu bentuk antisipasi pemilik kendaraan adalah dengan memahami pentingnya memproteksi melalui produk asuransi. Menurutnya, asuransi kendaraan dapat melindungi berbagai macam risiko dan melindungi pemiliknya dari dampak finansial yang diakibatkan oleh kendaraan yang rusak.

"Artinya, kepemilikan proteksi berupa asuransi kendaraan sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap pemilik kendaraan,” katanya. 

Baca jugaGenhype Harus Tahu, 5 Manfaat Penting Punya Asuransi

Ziko menjelaskan bawa pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan manfaat perlindungan atas jenis asuransi kendaraan yang dimiliki. Dia menjabarkan secara umum, ada dua jenis asuransi kendaraan yang eksis. Pertama, Comprehensive (all risk) dan kedua Total Loss Only (TLO). 

Asuransi jenis Comprehensive dapat menanggung mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar tergantung dari apa yang tertulis di polis asuransi. Sementara itu, jenis asuransi TLO hanya akan menanggung apabila kendaraan hilang atau dinilai mengalami 75 persen kerusakan, serta penggantian akan dilihat dari nilai kendaraan yang dihitung dari lamanya pemakaian kendaraan. 

"Nah perlu digarisbawahi, perlindungan banjir di musim hujan sangat penting untuk kendaraan, tetapi ketersediaannya hanya berupa opsi atau manfaat tambahan meski sudah punya asuransi comprehensive atau all risk," ujarnya.

Bila kalian yang berniat menggunakan layanan asuransi kendaraam, disarankan untuk lebih dalam memilih produk yang paling tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari informasi terkait asuransi mobil tersebut, termasuk dengan melakukan perbandingan antara satu penawaran dengan penawaran lainnya. 

Selain itu, pastikan kamu juga cermat dalam mempelajari dan memahami semua isi polis asuransi sejak awal. Hal ini akan membantu menghindari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan. Proses klaim bisa dilakukan jika nasabah melakukan perluasan jaminan banjir atau memperluas tambahan manfaat yang terkandung dalam klausul banjir, angin topan, hujan es dan tanah longsor.

Klaim asuransi merupakan bagian dari hak kamu atas keikutsertaan dalam asuransi kendaraan. Hal ini bisa membantumu terhindar dari kerugian dan juga pengeluaran yang bisa saja timbul akibat adanya kecelakaan atau pencurian kendaraan. Untuk itu, kalian perlu melengkapi semua dokumen dan ikuti prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, agar klaim yang diajukan bisa disetujui dengan cepat. 

Baca jugaCatat, Ini 5 Asuransi yang Wajib Dimiliki Milenial


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Mi Gomak Medan, Spaghetti Khas Indonesia dari Medan

BERIKUTNYA

BPOM Menjamin 4 Obat Sirup dengan Kandungan Berbahaya Tidak Beredar di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: