Ilustrasi manfaat asuransi jiwa. (Sumber gambar : Freepik)

Genhype Harus Tahu, 5 Manfaat Penting Punya Asuransi

18 October 2022   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Asuransi menjadi perbincangan hangat dalam sepekan terakhir. Ini tidak lepas dari viralnya beberapa orang yang mengaku bekerja di bisnis asuransi punya gaji ratusan juta hingga miliaran rupiah. Pro kontra pun muncul mengenai manfaat dari instrumen finansial sebagai bentuk perlindungan untuk masa depan itu. 

Walaupun penetrasi asuransi di Indonesia masih tergolong rendah, pemahaman dan minat akan pentingnya asuransi di Indonesia terbilang meningkat. Hal ini terlihat dari angka adopsi asuransi jiwa penduduk Indonesia yang dipaparkan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dalam siaran pers, terkait Kinerja Industri Asuransi Jiwa Periode Semester I 2022. 

Tercatat pada semester awal 2022, sebanyak 73,9 juta penduduk Indonesia sudah terlindungi asuransi jiwa. Penetrasi asuransi jiwa terhadap jumlah populasi penduduk Indonesia pun untuk pertama kalinya berhasil mencapai angka 8 persen. Nah sebagai informasi tambaha, berikut ini adalah sejumlah manfaat yang ditawarkan asuransi jiwa untuk para nasabah: 

Baca jugaApakah Perlu Punya Asuransi Tambahan Selain BPJS? Begini Kata Pakar


1. Perlindungan Tambahan untuk Diri Sendiri & Keluarga

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang asuransi jika terkena dampak kerugian tak terduga seperti kematian, cacat total, dan keadaan tidak produktif (terlalu tua) sehingga mengakibatkan hilangnya sumber penghasilan. Apabila kamu seorang kepala keluarga dan seandainya terjadi hal yang tidak terduga kepadamu, memiliki asuransi jiwa akan memberikan perlindungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.


2. Jadi Bagian Perencanaan Keuangan Masa Depan

Perencanaan keuangan yang dimiliki bisa lebih efektif berjalan, ketika faktor risiko- kerugian finansial sudah kamu minimalisir secara baik dengan asuransi. Apabila memiliki asuransi kesehatan, saat kamu terjatuh sakit dan membutuhkan biaya pengobatan, arus kas tidak terganggu karena ada asuransi yang menutup biaya tersebut. 

Dengan demikian, alokasi anggaran untuk keperluan tertentu dan berinvestasi tetap aman. Hal ini juga bisa membantu tujuan keuangan kamu bisa lebih mudah diwujudkan. Sebaliknya, bila kamu belum memiliki asuransi, maka arus kas akan terganggu untuk membiayai pengobatan. 


3. Menekan Risiko Bangkrut atau Harta Habis karena Pengobatan

Biaya pengobatan dan kesehatan saat ini tidak murah, bahkan biaya tersebut semakin mahal dari hari ke hari. Hal ini berkaitan dengan teknologi di bidang kedokteran yang semakin canggih. Bahkan, sebuah laporan menyebutkan bahwa biaya kesehatan mengalami kenaikan sebesar 13 persen setiap tahunnya.

Dengan biaya yang mahal tersebut, bisa saja kamu akan mengalami bangkrut ketika harus membayar biaya pengobatan. Terlebih jika sakit datang tanpa diduga. Di sinilah pentingnya asuransi yang akan menggantikan biaya pengobatan. Kamu cukup membayar premi setiap bulan atau setiap tahunnya, maka risiko bangkrut akibat mahalnya biaya pengobatan dan kesehatan dapat diminimalisir.  


4. Mempermudah Nasabah Dapat Fasilitas Kesehatan Terbaik

Memiliki asuransi sama dengan memiliki akses untuk fasilitas kesehatan terbaik saat berobat. Kamu akan mendapatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan terbaik sesuai dengan premi yang dibayarkan. Berbagai manfaat pelayanan kesehatan bisa didapatkan seperti rawat inap, biaya kamar ICU, dokter spesialis, pengobatan penyakit kritis, penggantian biaya obat dan resep, rawat jalan, hingga santunan meninggal.

Umumnya, rekanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi juga merupakan rumah sakit yang kompeten dengan berbagai fasilitas lengkap. Hal ini yang sedikit membedakan asuransi kesehatan dengan BPJS. Jika BPJS hanya menyediakan faskes tingkat I untuk berobat, asuransi dapat memberikan layanan dokter spesialis dan rumah sakit terbaik dengan peralatan lengkap bahkan dengan teknologi terkini untuk mempercepat kesembuhan, bahkan meminimalisir efek samping atau komplikasi yang akan timbul.


5. Memberi Rasa Aman, Tenang & Nyaman untuk Masa Depan

Alasan lain pentingnya asuransi untuk dimiliki adalah memberikan rasa aman, tenang, dan nyaman. Tak dapat dipungkiri bahwa dengan memiliki asuransi, kamu akan merasa lebih aman, tenang, dan nyaman dalam menjalani kehidupan. Tidak ada rasa was-was atau takut jika terjadi hal tidak terduga di masa depan.

Hal ini dikarenakan kamu memiliki perlindungan atau proteksi kesehatan yang dapat dipakai kapan saja jika dibutuhkan. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak akan takut merepotkan keluarga maupun orang terdekat jika harus mengeluarkan biaya pengobatan dalam jumlah banyak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Buat Pehobi Pemula, Begini Cara Mewarat Burung Peliharaan yang Baik

BERIKUTNYA

Begini Cara Mencegah Kelainan Refraksi pada Mata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: